Penyebab Gigi Kuning Berikut Bisa Dihindari

Berita Viral

Banyak orang yang tidak sadar mengonsumsi makanan atau minuman tertentu hingga menyebabkan gigi kuning. Selain itu, orang-orang juga masih belum mulai menyadari bahwa kesehatan gigi itu penting. Oleh sebab itu, cobalah untuk memperhatikan penyebab gigi kuning berikut dan harus Anda waspadai.

Memiliki Kebiasaan Merokok Terlalu Sering

Penyebab pertama ini khusus untuk kaum pria yang sering memiliki kebiasaan merokok setiap hari. Ternyata selain merusak paru-paru kebiasaan merokok yang terlalu sering juga bisa mengganggu kesehatan gigi Anda. Zat pada rokok bisa tertinggal di mulut dan menyebabkan gigi kuning.

Hal lain yang juga harus Anda perhatikan adalah kebiasaan mengunyah tembakau yang juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Karena itu, Anda harus rajin membersihkan gigi apalagi ketika selesai merokok agar tidak ada bakteri yang tertinggal di dalamnya.

Melakukan Pengobatan Antibiotik

Bagi Anda yang sedang dalam proses pengobatan antibiotic ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan mulut dan menyebabkan gigi menjadi kuning. Contoh obat-obatan antibiotic yang menyebabkan gigi kuning adalah doksisiklin dan tetrasiklin.

Apalagi jika obat-obatan tersebut Anda berikan kepada anak yang masih berusia 8 tahun maka hal ini tentu akan membahayakan kesehatah gigi si kecil. Hal tersebut karena gigi mereka masih mengalami pertumbuhan saat usia 8 tahun.

Anda juga harus memperhatikan obat-obatan yang mereka gunakan untuk berkumur. Misalnya, obat yang mengandung cetylpyrindium dan chlorhexidine bisa menjadi salah satu penyebab perubahan warna gigi pada si kecil.

Terkena Pengaruh dari Lingkungan Sekitar

Penyebab gigi kuning yang berikutnya adalah karena Anda tidak menjaga bagaimana bersikap ketika berada di lingkungan sekitar. Misalnya adalah ketika mengonsumsi air yang banyak mengandung fluoride dan biasanya langsung minum dari kran.

Kedua contoh di atas bisa menyebabkan perubahan pada warna gigi karena fluoride tersebut bisa menyebabkan terjadinya fluorosis atau terjadi penumpukan kadar fluoride dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi suplemen dengan kandungan fluoride juga berbahaya.

Fluorosis tersebut jika tidak segera Anda atasi maka akan menyebabkan gigi Anda berubah warna menjadi kuning. Hal ini sering terjadi di beberapa negara selain Indonesia. Kendati demikian Anda harus tetap hati-hati ketika mengonsumsi air dan harus yang bebas dari kandungan fluoride.

Akan tetapi jika Anda menggunakan pasta gigi yang dilengkapi dengan kandungan fluoride hal itu masih perboleh karena bisa menghilangkan asam sehingga terhindar dari lubang. Hal ini karena oleh kadar fluoride yang terdapat dalam pasta gigi masih bisa ditolerir.

Faktor Genetik

Penyebab lain terjadinya perubahan warna pada gigi Anda adalah karena adanya faktor genetic atau keturunan. Hal yang perlu Anda ketahui adalah beberapa orang memang memiliki enamel gigi berbeda-beda. Ada yang putih bersinar dan yang memiliki warna lain.

Jika Anda mempunyai enamel gigi yang tidak terlalu putih hal ini kemungkinan besar bisa menurun kepada si anak. Tetapi Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan baking soda.

Pasta gigi dengan kandungan tersebut dapat membantu mengubah warnanya menjadi lebih putih. Selain itu beberapa penelitian menerangkan bahwa adanya kandungan hydrogen peroksida dan baking soda pada pasta gigi bisa mengubah warna dan menyehatkan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin berkumur menggunakan cuka sari dari apel. Akan tetapi hal yang perlu Anda ingat adalah jangan terlalu berlebihan ketika menggunakan cuka ini karena bisa saja menyebabkan kerusakan pada gigi.

Makanan dan Minuman yang Sering Anda Konsumsi

Penyebab gigi kuning berikutnya yang paling umum adalah dari makanan atau minuman. Hal ini bisa terlihat dari keseharian Anda misalnya terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman seperti teh, kopi, anggur merah serta minuman bersoda bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

Anda juga harus berhati-hati ketika mengonsumsi buah atau sayuran misalnya kentang dan apel karena bisa meninggalkan noda pada gigi. Karena itu sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengonsumsi yang menjadi penyebab perubahan warna pada gigi.

Adanya Kondisi Medis Tertentu

Hal lain yang bisa menjadi penyebab perubahan warna pada gigi adalah adanya kondisi medis tertentu. Misalnya penyakit yang mengganggu bagian lapisan luar gigi atau enamel dan dentin. Dentin merupakan bahan yang menjadi penyangga enamel gigi.

Jika hal tersebut terjadi maka bisa menyebabkan perubahan pada warna gigi hingga menjadi kuning. Salah satu penyakit ini adalah dentinogenesis imperfecta. Penyakit ini bisa membuat perkembangan gigi menjadi tidak normal hingga berubah warna.

Mengalami Penuaan

Penyebab gigi kuning yang berikutnya adalah mengalami penuaan. Hal ini biasanya terjadi karena bertambahnya usia hingga enamel akan terkikis secara perlahan. Lama kelamaan hal ini akan mengganggu warna asli dari gigi tersebut.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak makan sayur dan buah dengan kandungan air. Contoh buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi adalah semangka, blewah, strawberry, jeruk dan timun.

Berita Terbaru