Penyebab Gempa Bumi Ini Wajib Anda Pahami

0
1578
Penyebab Gempa Bumi Wajib Anda Tahu
Penyebab Gempa Bumi Wajib Anda Tahu

Reportasee.com – Penyebab Gempa Bumi Ini Wajib Anda Pahami. Bencana berupa gempa bumi memang kerap kali terjadi di setiap daerah. Termasuk di negara Indonesia yang sering terjadi gempa bumi.

Bencana ini datang secara tiba-tiba dengan tingkat masalah yang cukup tinggi. Bahkan, dapat menyebabkan pemukiman masyarakat rusak secara parah.

Ternyata, banyak sekali penyebab dari adanya gempa bumi. Selengkapnya akan kami bahas faktor penyebab gempa bumi pada artikel ini.

Tidak hanya karena bertemunya tektonika lempeng saja, melainkan masih banyak penyebab lainnya.

Terlebih,gempa bumi terjadi secara tiba-tiba dan penting untuk mengetahui penyebabnya.

Baca:   BMKG Paparkan Potensi Gempa di Kalimantan

Karena, sampai saat ini minat masyarakat begitu rendah dalam memahami gempa bumi. Tertarik ingin mengetahui penyebab gempa? Kami ulas secara lengkap untuk anda.

Beberapa Penyebab Gempa Bumi

Dibawah ini, kami sajikan informasi mengenai beberapa penyebabnya.

1. Gejala Alam

Penyebab gempa yang pertama adalah faktor gejala alam. Tanah longsor,pecahnya batuan besar dapat memicu munculnya getaran-getaran kecil.

Proses terjadinya gempa bumi yaitu gas permukaan bumi berkontraksi dan memuai. Hasilnya, akan menimbulkan gerakan lempeng di bawah kerak.

2. Kerusakan Geologis

Penyebab gempa yang kedua adalah kerusakan geologis. Kerusakan dalam hal ini terjadi karenanya adanya perpindahan lempeng dari dataran aslinya.

Baca:   Gempa Bumi, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Umumnya, dataran dapat berupa horizontal ataupun vertikal. Dataran tersebut terbentuk secara tiba-tiba, kemudian berkembang cukup lama.

Gempa yang terjadi karena dampak geologi. Perpindahan lempengan menghasilkan perpecahan batuan dan mengeluarkan energi.

3. Faktor Alam

Penyebab gempa yang ketiga adalah faktor alam. Faktor alam yang kerap kali menjadi pemicu gempa yaitu letusan gunung berapi.

Di Indonesia sendiri, sangat banyak gunung berapi yang masih aktif. Aktivitas  gas yang meningkat dapat mengakibatkan gerakan tertentu pada kerak bumi.

Hal tersebut memberikan getaran yang cukup tinggi. Terlebih, gempa bumi vulkanik yang perlu untuk diwaspadai.

Baca:   Potensi Ancaman Gempa Bumi Dahsyat di Jawa Barat

4. Gempa Buatan Manusia

Penyebab gempa yang keempat adalah buatan manusia. Tidak hanya alam saja yang bisa menciptakan gempa, ternyata manusia dapat menghasilkan bencana ini.

Seperti penggunaan bom nuklir ataupun pengeboran yang menghasilkan getaran. Karenanya, manusia juga tidak lepas dari penyebab bencana.

Begitulah beberapa penyebab gempa yang kerap kali terjadi. Sebagai manusia, alangkah baiknya untuk memahami dengan benar. Karena, jika terjadi lebih paham bagaimana penanganannya.

Demikian ulasan mengenai Penyebab Gempa Bumi yang wajib anda pahami. Semoga bermanfaat! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here