32 C
Indonesia
Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaBeritaPenyebab Charger HP Panas Saat Digunakan

Penyebab Charger HP Panas Saat Digunakan

Pernahkah Anda merasakan panas pada kepala charger hp saat sedang digunakan? Penyebab charger hp panas antara lain adalah terlalu lama pemakaiannya, data internet masih menyala, banyak aplikasi yang belum tertutup pada ponsel, dan masih banyak lagi.

Apabila panasnya masih wajar, berarti masih tergolong normal. Simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab dan solusi yang bisa Anda lakukan jika terjadi panas berlebihan pada charger hp sehingga kondisi tersebut bisa diatasi dengan tepat.

Memakai Ponsel Saat Melakukan Charger

Kebiasaan satu ini pasti banyak dilakukan oleh sebagian orang dan tidak disadari membuat hp overheat. Saat di charger, baterai hp akan mengisi daya dan harus Anda biarkan. Jika tetap mengoperasikan hp saat mengisi daya, yang ada malah proses pengisian daya menjadi lama.

Ponsel yang panas dapat merusak komponen lainnya jika sering terjadi. Misalnya saja baterai ponsel menggembung, kuningan simcard atau microsd rusak sehingga tidak terbaca, atau gangguan lain yang mungkin terjadi pada komponen dalam handphone.

Mengisi Saat Sudah 0 Persen

Kecerobohan yang sering terjadi lainnya adalah mengisi daya jika hp baterai benar-benar menipis. Selain membuat umur baterai ponsel menjadi pendek dan membuat overheat, kegiatan seperti ini akan merusak fungsi perangkat yang sebagaimana mestinya, proses pengisian daya akan menjadi lambat.

Sebaiknya segera mengisi daya ponsel jika sisa baterai sudah 20%. Pada kisaran itu, baterai sudah ideal untuk Anda isi ulang. Yang perlu Anda ingat adalah, jangan mengoperasikannya saat sedang di charger, biarkan sampai setengah penuh atau hingga penuh 100 persen baru memakainya kembali.

Charger Hp Tidak Original

Selain kesalahan teknis, spesifikasi charger yang tidak asli juga bisa membuatnya panas saat Anda gunakan. Hal tersebut karena bahan pembuatnya di bawah standar charger yang original, sehingga harganya lebih murah. Namun, kualitasnya tentu tidak sebagus yang asli.

Pemakaian charger tidak asli bisa dari kabelnya atau kepala casnya. Dalam hal ini, banyak orang yang umumnya membeli di konter-konter terdekat karena mudah dan cocok untuk ponselnya meskipun kualitasnya kurang baik. Charger tidak asli akan menjadi salah satu penyebab charger hp panas.

Oleh karena itu, jika charger Anda mengalami kerusakan, usahakan langsung mengunjungi gerai untuk mendapatkan lagi yang asli. Harganya yang sedikit mahal pun tentu sesuai dengan spesifikasinya. Lebih baik mahal dan tahan lama daripada memakai yang murah tapi tidak sesuai keinginan saat Anda gunakan.

Usia Charger Sudah Lama

Setiap barang-barang elektronik yang sudah berumur tua tentu akan sedikit mengalami gangguan. Hal ini akibat peformanya yang semakin lama semakin berkurang. Meskipun charger yang Anda gunakan original, namun jika usianya sudah lama bisa saja membuatnya panas.

Baca:  Bunga dari Daun Kering, Bisnis Unik dan Menggiurkan!

Saat Anda gunakan, kepala charger akan panas dan membuat proses pengisian daya percuma akibat lambat. Jika kondisi seperti ini Anda biarkan, maka bisa memicu rusaknya baterai ponsel. Jadi, segera ganti charger baru yang asli ketika kondisi charger sudah error.

Untuk membedakan charger original dan tidak, dapat Anda lihat dari bahan dan visualnya. Untuk spesifikasinya, pasti pabrikan lain sudah merancangnya dengan fungsi yang hampir sama. Jadi, harus pandai-pandai dalam memilih charger original yang berkualitas.

Baca:  Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Mudah dan Aman

Arus Listrik Tidak Stabil

Faktor luar yang menjadi penyebab charger hp panas adalah arus listrik yang tidak stabil. Ketidakstabilan arus listrik bisa karena stop kontak yang bermasalah, kabel olor yang rusak, atau sambungan kabel yang terhubung dengan charger handphone.

Jika saluran atau aliran listrik mengalami kendala, maka bisa membuat pengisian daya baterai ponsel sedikit terhambat. Akibat yang bisa terjadi adalah menjadi lemot dalam mengisi daya, baterai ponsel panas, atau charger yang panas sehingga dapat menimbulkan overheat atau bahkan konslet.

Untuk menghindarinya, lakukan pemeriksaan terhadap alat penyalur listrik hingga sesuai. Misalnya mengganti bahan-bahan penyalur listrik dengan bahan yang aman dan lebih berkualitas agar aman dan tidak menimbulkan bahaya.

Charger Tidak Pernah Dicabut

Mencabut dan melepas charger terlalu sering juga menjadi penyebab panas. Hal itu karena saat mencolokkan charger ke aliran listrik, listrik akan mengalir melalu adapter dan kabel charger. Jika tidak lama Anda lepas lalu Anda colokkan kembali, akan membuat error dan menimbulkan panas.

Selain menimbulkan panas pada charger dan komponen listrik, kebiasaan tersebut akan merusak baterai ponsel dan bisa menyebabkan kebakaran jika terjadi konsleting. Oleh karena itu, jangan ulangi kebiasaan ini dan biarkan charger terhubung hingga baterai ponsel penuh.

Selain mencabut dan menghubungkan charger terlalu sering, tidak pernah mencabut charger hp dari kabel olor juga membuat kinerjanya berkurang saat digunakan. Tidak hanya menimbulkan panas, kebiasaan seperti ini melanggar standar operasional dan keamanaan pemakaian benda elektronik.

Ternyata penyebab charger hp panas kebanyakan karena kesalahan diri sendiri. Oleh karena itu, lakukan beberap tips yang sudah dijelaskan di atas jika Anda mengalami salah satu penyebab charger hp mengalami panas yang berlebihan tersebut.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer