Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Empat Dibuka

Array

Reportasee.com – Pada tanggal 8 Agustus 2020, tepatnya di Hari Sabtu, gelombang keempat pendaftaran kartu prakerja sudah bisa dibuka.

Adanya program ini sangat berguna untuk bisa mengembangkan kemampuan atau skill dari tiap individu.

Jika skill yang dimiliki individu dapat berkembang dengan baik, maka hal tersebut juga akan meningkatkan daya saingnya.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Di gelombang keempat, pendaftaran kartu prakerja bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara online dan offline.

Jika Anda ingin melakukan pendaftaran, maka bisa langsung menggunakan salah satu dari cara tersebut dan bisa langsung mendaftar.

Head of Communication PMO Prakerja, Louisa Tuhatu, memberikan informasi baru. Informasi tersebut berkaitan dengan persyaratan.

Pada gelombang keempat, berbeda dengan yang sebelumnya, pendaftar tidak perlu melakukan foto selfie dan diganti dengan Kartu Keluarga atau KK.

Louisa juga menambahkan bahwa Nomor Induk Kependudukan tiap pendaftar harus tersambung ke Kartu Keluarga masing-masing.

Pendaftaran Kartu Prakerja Secara Online

Jika Anda tidak ingin repot-repot untuk melakukan pendaftaran kartu prakerja, maka bisa dilakukan secara daring atau online.

Langkah pertama adalah mengunjungi laman resmi prakerja, lalu akan muncul di tampilan terkait data-data yang harus diisi.

Diantaranya seperti nama, NIK, tanggal lahir, nomor HP, alamat tinggal, riwayat pendidikan, status dan pelatihan yang Anda inginkan.

Sebelumnya, Anda harus mempunyai akun terlebih dahulu. Caranya adalah masuk ke laman prakerja lalu cari tulisan ‘daftar sekarang’ dan ketiklah akun email serta kata sandi.

Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai ada pemberitahuan di email terkait aktivasi akun. Jika sudah, maka Anda langsung dapat mendaftar prakerja.

Cara online tentu lebih mudah karena bisa dilakukan walau hanya di rumah.

Pendaftaran Kartu Prakerja Secara Offline

Mungkin masih ada sebagian masyarakat Indonesia yang tidak dapat mengakses pendaftaran secara daring.

Jika Anda salah satunya, maka tidak usah khawatir, sebab pendaftaran kartu prakerja bisa dilakukan secara luring atau offline.

Caranya cukup mudah, yakni pertama Anda pergi ke Instansi pemerintah yang bertugas di bidang Ketenagakerjaan di daerah masing-masing.

Kemudian, setelah itu petugas akan memberikan formulir yang harus Anda isi. Formulir tersebut terkait data seperti nama, NIK, tanggal lahir, no KK, nomor HP, alamat tinggal dan lain sebagainya.

Sebelum pergi, Anda harus menyiapkan fotokopi KTP untuk diserahkan kepada petugas. Surat-surat pernyataan juga diperlukan, diantaranya adalah tidak akan melakukan tindakan curang dan kebenaran data Anda.

Selain itu, Anda juga harus membawa surat pernyataan bahwa anda bersedia dituntut dan membayar ganti rugi yang dialami oleh Negara jika ada hal tidak diinginkan terjadi di kemudian hari. *** 

Latest articles

Fakta Unik Pulau Ular di Brazil yang Menyeramkan

Reportasee.com - Fakta unik pulau ular di Brazil. Ular merupakan salah satu jenis reptile yang memiliki cukup banyak haters di seluruh dunia.

Struktur Tubuh Ular dalam Ilmu Sains

Reportasee.com - Mengetahui struktur tubuh ular tak ada salahnya agar Anda bisa mendapatkan tambahan pengetahuan. Hewan ini memang sering...

Jenis Ular Berbisa yang Mematikan

Reportasee.com - Jenis Ular Berbisa yang Mematikan. Berita mengenai manusia meninggal karena ular sudah banyak terjadi di dunia. Biasanya korban sedang berada...

Ular Terbesar di Dunia, Ini Daftarnya!

Reportasee.com - Ular terbesar di dunia, ini daftarnya! Ular salah satu hewan melata serta bisanya dapat mematikan siapa saja yang terkena gigitannya.

Related articles

Enable Notifications    Ok No thanks