Pemkab Pacitan Entaskan Penularan Virus Hepatitis A

0
42
Pemkab Pacitan Entaskan Penularan Virus Hepatitis A
Foto : Ilustrasi

JATIM,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan Jawa Timur upayakan untuk mengentaskan penularan virus Hepatitis A yang sejauh ini melanda penduduk sekitar.

Melansir dari halaman Detiknews, Jumat (28/06/2019), Dinas Kesehatan Pacitan telah menyalurkan beberapa bahan disinfektan bagi para warga yang terserang virus Hepatitis A.

Selain itu, beberapa petugas Dinkes Pacitan juga melakukan sosialisasi dan edukasi kesehatan demi mencegah penularan penyakit tersebut.

Petugas Fungsional Sanitarian Dinas Kesehatan Pacitan, Dian Bahari Sandhi mengungkapkan, lebih dari seribu bahan disinfektan sudah terdistribusi kepada beberapa warga sekitar.

Bahkan pihaknya melakukan distribusi tersebut secara door to door hingga ke berbagai puskesmas.

Penerjunan Logistik

Pendistribusian yang diterjunkan pada warga sekitar baik yang terserang virus Hepatitis A atau yang masih sehat berupa sabun cuci anti virus.

Dian juga menerangkan, sabun pembasmi hama ini sangat wajib dilakukan sebagai alat cuci tangan, keluar masuk kamar mandi dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, sejumlah obat-obatan antiseptik dan antibiotik juga telah diberikan guna sebagai keperluan yang mendesak.

“Penyakit Hepatitis A ini merupakan virus yang sungguh berbahaya. Oleh karena itu, kami harap seluruh warga untuk saling menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar agar tidak mudah terserang penyakit,” tutur Dian pada media, Jumat (28/06/2019).

Daerah yang Terjangkit

Menurut laporan Detiknews, Kamis (27/06/2019), ada sejumlah daerah di Pacitan yang sejauh ini terjangkit virus Hepatitis A. Total penderita yang sejauh ini tercatat yaitu 824 orang.

Puskesmas Sudimoro, Pacitan menampung sejumlah 481 penderita virus Hepatitis A.

Di sisi lain, Puskesmas Ngadirojo melakukan pengobatan pada para penderita sebanyak 137 orang.

Disusul Puskesmas Sukorejo yaitu sebanyak 78 penderita. Di urutan keempat adalah Puskesmas Tulakan berjumlah 58 orang. Di urutan kelima yaitu Puskesmas Wonokarto sebanyak 37 orang.

Sementara di Puskesmas Bubakan, Kelurahan Tulakan tercatat sudah ada 17 orang. Dan yang terakhir berada di Puskesmas Tegalombo hanya 4 orang.

Sedangkan sisanya masih belum dibawa ke Puskesmas terdekat lantaran padatnya pasien yang lain dan juga kendala kendaraan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here