Pemda Ciamis Diminta Antisipasi Kekurangan Guru dan Kekosongan Kepsek

0
255
Pemda Ciamis Diminta Antisipasi Kekurangan Guru dan Kekosongan Kepsek

Reportasee.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah/ DPRD Kabupaten Ciamis meminta pemerintah daerah/ Pemda Ciamis mengantisipasi kekurangan jumlah guru dan kekosongan jabatan kepala sekolah (Kepsek) di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Antisipasi tersebut berkaitan dengan banyaknya kalangan pegawai negeri sipil (PNS), khususnya guru, yang memasuki masa pensiun (purnabakti) pada akhir tahun 2019.   

Anggota DPRD Ciamis, Sarif Sutiarsa, merasa khawatir proses pembelajaran di sekolah akan terganggu. Seandainya, pengganti kepala sekolah dan guru yang memasuki masa pensiun tidak dipersiapkan sejak dini.

Untuk itu, Sarif meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis, leading sector dunia pendidikan, mengupayakan antisipasi dengan menyiapkan atau melakukan seleksi sejak jauh hari.  

Menurut Sarif, mayoritas guru yang memasuki masa pensiun pada akhir tahun ini adalah guru bidang/ mata pelajaran, yakni guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan guru mata pelajaran Bahasa Sunda.  

Sarif yakin, kekurangan jumlah guru dan kekosongan jabatan kepala sekolah akan menjadi bagi pemerintah daerah.  

Sementara itu, Plt Kepala Disdik Ciamis, Andang Firman, membenarkan, banyak kalangan PNS guru yang memasuki masa pensiun pada akhir tahun ini.

Andang menegaskan, penempatan dan pengganti guru atau kepala sekolah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Namun demikian, pihaknya sudah sejak jauh-jauh hari mengupayakan antisipasi.

Menurut Andang, pihaknya sudah mengajukan usul terkait rotasi dan mutasi di lingkungan satuan pendidikan. Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan ataupun kekosongan PNS guru yang terjadi akibat banyaknya guru yang memasuki masa pensiun. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.