22.6 C
New York
Kamis, Juni 17, 2021
BerandaBeritaPekerjaan yang Perusahaan Butuhkan di Indonesia 2021

Pekerjaan yang Perusahaan Butuhkan di Indonesia 2021

Reportasee.com – Pekerjaan yang perusahaan butuhkan bisa menjadi solusi untuk pengangguran di Indonesia. Pasalnya di setiap tahun kebutuhan mengenai lowongan pekerjaan terus saja mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terjadi di seluruh dunia termasuk tanah air.

Bahkan angka pengangguran kian meningkat di tiap tahunnya. Terlebih jenjang sekolah baik menengah hingga perguruan tinggi secara rutin meluluskan anak didiknya. Akan tetapi jumlah kelulusan yang ada di setiap sekolah tak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Karena hal inilah jumlah pengangguran seakan tak pernah berkurang dan lapangan pekerjaan kian menyempit. Mereka saling berlomba-lomba menarik perhatian perusahaan untuk merekrut dirinya. Sayangnya masih saja begitu banyak pengangguran bahkan untuk sarjana sekalipun.

Lewat permasalahan inilah berikut ini beberapa pekerjaan yang perusahaan butuhkan di Indonesia. Siapa tahu anda termasuk ke dalam kualifikasi profesi tersebut sehingga bisa melamar di perusahaan impian.

Deretan Pekerjaan yang Perusahaan Butuhkan

Jumlah pengangguran yang kian banyak membuat para pelamar kerja harus memutar otak mereka. Caranya adalah memperdalam skill mereka ke dalam bidang pekerjaan yang perusahaan butuhkan paling banyak. Untuk itulah anda bisa mempelajari profesi tersebut dan menjadi ahlinya supaya dilirik banyak perusahaan.

Bidang Digital Marketing

Era perkembangan internet yang kian maju membuat jumlah penggunnya semakin merangkak naik. Hal ini sebenarnya membuka peluang baru untuk para pelaku bisnis di seluruh sektor industry. Memanfaatkan platform digital, perusahaan bisa memaksimalkan promosi mengenai produk mereka.

Tak hanya itu, perusahaan juga bisa mencapai target pasar lebih spesifik daripada melalui proses pemasaran biasa. Pasalnya orang-orang akan mencari kebutuhan mereka di internet langsung dengan kata kuncinya.

Hal ini bisa berpengaruh besar terhadap perusahaan. Pasalnya mereka bisa lebih menekan biaya operasional di bidang promosi. Tentu saja biaya tersebut jauh lebih rendah daripada harus memasang iklan di media biasa.

Tidak mengherankan jika profesi bernama digital marketing masuk ke dalam pekerjaan yang perusahaan butuhkan. Lowongan pekerjaan di bidang tersebut pun mencakup mulai dari fresh graduate sampai berpengalaman sekali pun.

Jika anda tertarik untuk menggeluti profesi digital marketing artinya harus siap dengan target yang berlaku. Sesuai dengan namanya marketing, anda pastinya mendapat tuntutan mencapat target pasar.

Profesi Content Creator

Content creator identik dengan kaum milenial khas anak muda. Siapa sih yang tidak tahu profesi tersebut? Pada tahun 2021, content creator menjadi pekerjaan yang perusahaan butuhkan. Pasalnya mereka bertugas untuk melakukan pendekatan maupun pengenalan sebuah produk ke pasaran.

Sekarang ini bahkan sudah banyak lowongan pekerjaan untuk profesi content cerator. Lowongan pekerjaan tersebut biasanya ada di platform maupun jejaring social. Untuk menjadi seorang cotent creator, anda harus banyak belajar.

Karena konten yang harus anda buat nantinya bukanlah satu atau dua jenis saja. Melainkan konten lain berupa video, gambar ataupun grafis serta tulisan. Bahkan anda juga mendapatkan tuntutan seperti seorang blogger, podcaster hingga vlogger.

UI ataupun UX Designer

Jika anda tertarik dengan dunia desain, mulailah merambah ke dunia UI/UX pula. Pasalnya UI/UX designer masuk ke dalam pekerjaan yang perusahaan butuhkan. Sudah banyak perusahaan yang mencari profesi tersebut guna membuat web ataupun aplikasi.

Perusahaan membutuhkan web serta aplikasi menarik juga nyaman untuk pengguna berselancar secara daring. Tugas dari UI designer adalah membuat sebuah tampilan atau interface yang mudah. Selain itu perlunya tampilan yang nyaman untuk para pengguna. Istilah lainnya adalah user friendly.

Sementara UX designer memiliki tanggung jawab atas kepuasan user atau pengguna. Sehingga mereka akan mendapatkan pengalaman yang baik dalam menggunakan sebuah aplikasi maupun web. Guna melamar posisi tersebut, anda perlu menambah skill di bidang terkait.

Untuk inilah perlunya pengasahan khusus sehingga kemampuan anda akan meningkat. Jangan sampai anda tidak lolos dalam tahap seleksi maupun mengecewakan perusahaan nantinya.

Specialist SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Dengan memaksimalkan SEO, kata kunci yang menjadi target akan berada di halaman pertama. Maksudnya adalah kata kunci tersebut akan muncul di halaman pertama dalam mesin pencari contohnya Google.

Seseorang yang tergolong ahli dalam optimasi SEO terkenal dengan sebutan SEO specialist. Profesi satu ini rupanya masuk ke dalam pekerjaan yang perusahaan butuhkan. Biasanya SEO specialist akan masuk ke dalam divisi digital marketing suatu perusahaan.

Lowongan pekerjaan berupa SEO specialist pun mengalami peningkatan di tahun ini. Hal tersebut terjadi seiring pertumbuhan usaha di bidang digital. Saat ini tersedia banyak kursus SEO yang bisa anda ikuti. Dengan begitu kemampuan untuk opsimasi SEO anda akan terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu.

Kalau kemampuan optimasi SEO anda sudah meningkat, buatlah portofolio mengenai bidang tersebut. Dengan begitu anda bisa percaya diri dalam melamar pekerjaan di bidang terkait. Pasalnya bukan hanya omongan belaka untuk melamar pekerjaan tetapi juga pembuktian nyata.

Developer Web atau Mobile App

Masih berbicara mengenai pekerjaan yang perusahaan butuhkan rupanya berada di bidang IT. Web dan app developer tampaknya menjadi profesi yang perusahaan buru di tahun 2021 ini. Seseorang dengan profesi tersebut mempunyai tugas khusus.

Tugas mereka adalah membuat serta mengembangkan produk yang bisa memenuhi kebutuhan para pengguna. Tentu saja mereka tidak melakukan tugas ini seorang diri saja. Akan ada bantuan dari divisi lain yang bekerja sama dengan developer terkait untuk mengembangkan sebuah aplikasi.

Kini kian banyak perusahaan start up atau rintisan hingga perusahaan secara global yang memanfaatkan web maupun mobile apps. Tujuannya adalah untuk menjangkau audiens yang menjadi tujuan mereka. Hal inilah bisa saja peluang yang cukup besar terutama untuk anda dengan keahlian terkait.

Pelamar kerja pun bisa memanfaatkan lowongan pekerjaan ini yang sekarang berjumlah banyak. Asah skill anda ataupun pelajari mengenai pembuatan aplikasi di lembaga tertentu. Dengan begitu, pelamar kerja bisa mendapatkan peluang yang lebih besar.

Bahkan anda bisa saja melamar pekerjaan tersebut dalam perusahaan global impian. Selama kualifikasi mumpuni dan terbaik maka perusahaan akan menjadikan anda karyawan mereka.

Tenaga Medis atau Kesehatan

Praktisi di bidang kesehatan tentu saja menjadi pekejaan yang perusahaan butuhkan dan masyarakat perlukan. Mengingat pandemi covid-19 yang terus mewabah tak heran jika sangat banyak lowongan pekerjaan di bidang kesehatan. Hal ini juga terjadi karena jumlah penduduk semakin banyak.

Maka otomatis peran para tenaga kesehatan semakin masyarakat butuhkan. Bahkan di tahun ini, pemerintah memprioritaskan formasi tenaga kesehatan. Hal tersebut bersamaan dengan formasi di bidang pendidikan dalam pemilihan pada PNS. Tujuannya adalah pencapaian sasaran pembangunan serta kesehatan masyarakat Indonesia dalam kurun waktu yang panjang.

Tentu saja tidak sembarangan orang bisa memiliki profesi tersebut. Mengingat tenaga kesehatan berhubungan langsung dengan nyawa seseorang. Karena itu terdapat seleksi ketat dan sulit untuk anda taklukan.

Beberapa pekerjaan yang perusahaan butuhkan tersebut tentu bisa anda lamar segera.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular