Pekerjaan Tetap yang Diharamkan Islam Wajib Diketahui

0
66
Pekerjaan Tetap yang Diharamkan Islam Wajib Diketahui
Foto : Pekerjaan

Pekerjaan tetap yang diharamkan Islam wajib diketahui. Dalam hidup, semua orang sangat butuh sandang, papan dan pangan. Untuk bisa meraih semua itu, hal yang dilakukan adalah bekerja.

Melansir laman TribunJambi.com, Sabtu (13/07/2019), ada beberapa jenis pekerjaan yang diharamkan Islam, mulai dari yang nampak hingga yang tidak kelihatan.

Sebagai manusia, kita wajib bersyukur atas nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT. Karena dengan bersyukur, maka nikmat itu akan ditambah sampai tak terhingga.

Sementara itu, hindari foya-foya, menghambur-hamburkan uang dan hal lain yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Menukil dari News88, Sabtu (13/07/2019), Allah SWT. telah menurunkan rezeki dari segala arah, salah satunya yaitu memberikan penghasilan.

Namun sebagai manusia yang beriman, ada baiknya jenis pekerjaan-pekerjaan haram di bawah ini wajib dihindari, antara lain;

Pekerjaan Gaib

Seperti yang diketahui, pekerjaan gaib ada banyak macamnya mulai dari peramal nasib, perdukunan, paranormal, orang pintar, pernikahan dengan setan dan lain sebagainya.

Namun, banyak orang yang mencari penghasilan tetap melalui jalan ini. Meski hasilnya besar, akan tetapi mereka harus menanggung dosa selama di dunia dan akhirat.

Menyembah Berhala

Pada zaman Nabi, banyak orang yang sering menyembah berhala demi mendapatkan pekerjaan tetap yang layak. Hal itu dilakukan semata-mata atas dasar keyakinan masing-masing.

Di era modern, hal ini masih saja terjadi. Beberapa jenis berhala yang biasa disembah antara lain patung, lukisan, peninggalan bersejarah dan semacamnya.

Pekerjaan Jual Beli Barang Haram

Ada jenis pekerjaan tetap lain yang hingga kini ramai dilakukan banyak orang hingga viral di media sosial. Beberapa darinya adalah menjual daging babi hutan, anjing, narkotika, minuman keras dan lain-lain.

Ironisnya lagi, para pelaku masih tetap melakukan pekerjaan tetap itu meskipun tahu akan dosa dan sanki pidana yang akan diberikan. Malahan, mereka masih memperlebar jaringan hingga ke beberapa Negara.

Pekerjaan Riba

Banyak individu yang tahu betapa besar dosa harta riba. Akan tetapi, hal tersebut tak membuat jera para pelaku untuk menjalankan pekerjaan tetap itu sebagai mata pencaharian utama.

Secara garis besar, hampir setiap daerah banyak yang mengadakan hal tersebut. Mungkin ini merupakan salah satu pertanda bahwa kiamat semakin dekat.

Dagangan Oplosan

Pekerjaan tetap dengan melakukan penimbunan dan pengoplosan barang dagangan adalah hal yang diharamkan dalam Islam. Kendati demikian, banyak pedagang “Nakal” yang masih melakukannya demi meraih keuntungan.

Main Judi

Bukan hal baru lagi bahwa judi adalah pekerjaan tetap yang masih saja dilakukan. Meski menang, belum tentu selamanya untung.

Faktanya, banyak orang yang kaya jadi miskin dan yang miskin semakin terpuruk.

Makan Harta Anak Yatim

Jelas-jelas anak yatim piatu adalah insan yang harus dirawat dan dijaga agar kelak menjadi orang yang berguna.

Namun sayangnya, banyak pihak yang melakukan tindakan yang tak berprikemanusiaan dengan memakan harta yang bukan miliknya. Ini merupakan dosa besar bagi para pelaku.

Garong

Garong adalah profesi yang biasa dilakukan oleh para preman pasar. Mereka melakukan aksinya dengan cara mencuri, merampok, menjambret dan tindakan krimimal lainnya.

Hukuman besar yang harus mereka tanggung di dunia adalah eksekusi pemotongan tangan baik itu laki-laki maupun perempuan.

Menurunkan Berat Timbangan

Banyak individu yang masih menjalani pekerjaan tetap ini sebagai tolak ukur hasil penjualan. Di berbagai pasar tradisional, banyak orang yang tetap melakukan tindak kecurangan tersebut demi mendapatkan keuntungan sepihak.

Korupsi

Dan salah satu pekerjaan tetap tiada akhir yaitu korupsi. Jelas sekali hal ini masih terus berlanjut dari tahun ke tahun.

Meski para pelaku aman di dunia, namun belum tentu aman di akhirat. Karena mereka harus mempertanggung jawabkan apa yang telah dilakukannya selama hidup.

Itulah tadi 10 pekerjaan tetap yang masih terjadi saat ini. Semoga para pembaca bisa mengambil hikmah dari ulasan ini. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here