28.4 C
Indonesia
Rabu, Desember 11, 2019
No menu items!

Okultasi, Peristiwa Astronomi Paling Menakjubkan

Wajib Baca

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple...

Reportasee.com,- Okultasi adalah istilah dalam astronomi yang mengacu pada suatu peristiwa dimana suatu benda terhalang oleh benda lain yang melewati dan mengamatinya.

Peristiwa tersebut terjadi ketika sebuah planet atau bulan lewat di depan bintang bahkan ketika satu planet lewat di depan yang lain.

Mengutip dari Tribunnews.com, Kamis (08/08/2019), Okultasi terhadap Bulan menjelaskan kejadian ketika Bulan lewat di depan bintang saat mengorbit di sekitar Bumi. Karena bintang-bintangnya memiliki diameter sudut.

Sedangkan Bulan memiliki atmosfer yang sangat tipis. Bulan akan menyamarkan bintang itu atau akan menghilang dan kemudian muncul kembali dalam waktu kurang dari 0,1 detik pada dahan Bulan.

Okultasi ini dapat diamati dengan jelas karena kurangnya silau matahari. Setiap bintang dengan garis lintang ekliptik kurang dari 6,5 derajat dapat disembunyikan oleh Bulan karena memiliki orbit miring ke garis ekliptika.

Baca : Fenomena Alam Terbaru “Gerhana Bulan Parsial”

3 bintang magnitudo pertama, Spica, Antares, dan Regulus dekat dengan ekliptika dan dapat disamarkan oleh planet dan Bulan.

Planet melewati Aldebaran, bintang raksasa merah ke utara, dan karena itu kegaiban Aldebaran hanya dimungkinkan oleh Bulan.

Planet Memiliki Bintang Gaib

Planet-planet juga memiliki bintang gaib. Sebagai contoh, Venus menghiasi Regulus pada tahun 1959. Sementara Uranus memblokir bintang pada tahun 1977 yang mengarah pada penemuan cincin planet.

Saturnus menghiasi bintang magnitudo ke-5 terhadap 28 Sagittarii pada 1989, dan Pluto menghiasi bintang pada 1988, 2002 dan 2006.

Okultasi Planet Kecil

Planet minor termasuk planet kerdil, objek yang jauh atau asteroid. Okultasi oleh planet-planet kecil terjadi ketika sebuah planet minor menghuni bintang, untuk sementara mengaburkan cahayanya.

Baca : Planet Baru Ditemukan oleh Para Astronom NASA 

Peristiwa ini dipelajari untuk mengukur posisi dan ukuran planet kecil. Hal itu juga dapat terjadi antara planet kecil dan satelitnya. Misalnya, ada 8 Okultasi asteroid pada 12 Maret 2009, serta planet kerdil Eris pada 6 November 2010.

Okultasi Buatan

Sedangkan yang terakhir yaitu peristiwa tersebut juga bisa terjadi ketika satelit buatan datang antara teleskop luar angkasa dan bintang.

Dalam kasus tersebut, fenomena itu terjadi secara sengaja dengan mengarahkan satelit buatan ke posisi tertentu.

Contohnya Big Occulting Steerable Satellite (BOSS), satelit usulan yang dirancang untuk digunakan secara bersamaan dengan teleskop untuk mendeteksi planet. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lionel Messi Rajai Hattrick LaLiga Santander

Reportasee.com,- Lionel Messi kembali menjadi raja Hattrick LaLiga Santander. Ia telah menampilkan sihirnya dengan mencetak 3 gol...

Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom

Reportasee.com, Jakarta, - Vivo X30 Rilis 16 Desember 2019 Kamera 64MP, 60x Hybrid Zoom. Vivo menyatakan ponsel terbarunya, X30, akan diumumkan pada...

iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati

Reportasee.com, Jakarta, - iPhone 11 Pro Bisa Baca Lokasi Meski Keadaan Mati. Saat mengumumkan iOS 13, Apple mengungkapkan telah meningkatkan privasi di...

Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban

Jakarta, Reportasee.com, - Akan Ada Kota Baru di Subang Untuk Mendukung Patimban. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kota baru sedang disiapkan...

FPSH HAM Jabar Diagendakan Bertemu Presiden

Reportasee.com - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -