32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaObat Mual di Apotik yang Aman dan Efektif

Obat Mual di Apotik yang Aman dan Efektif

Mau beli obat mual di apotik tapi bingung namanya apa? Berikut ini beberapa daftar obat mual yang tersedia di apotik. Namun, sebelum Anda membeli obat tersebut sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab dari rasa mual. Apakah rasa mual itu sebabnya karena mabuk perjalanan atau yang lainnya.

Promethazine

Promethazine merupakan salah satu obat yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi mual. Mual yang dapat Anda obati dengan obat yang satu ini bisa banyak penyebabnya. Bisa mual yang karena mabuk kendaraan, rasa cemas, karena akan menjalani operasi, insomnia, maupun yang lainnya.

Selain itu, obat tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengobati mual karena hamil. Rasa mual yang muncul ketika hamil merupakan hal yang sangat wajar. Akan tetapi, tetap gunakan resep dokter jika ingin mengonsumsi Promethazine agar aman untuk janin yang Anda kandung.

Obat promethazine banyak tersedia di apotik. Namun, jangan secara bebas membeli dan menggunakannya. Pemakaian atas resep dokter sangat direkomendasikan.

Metoclopramide

Metoclopramide juga merupakan salah satu obat yang bisa Anda gunakan untuk mengobati mual dan banyak tersedia di apotik. Obat tersebut dapat mengobati refluks gastroesofageal termasuk muntah, mual, tidak nafsu makan, dan mulas.

Metoclopramide dapat meredakan mual dan mencegah muntah dengan memblokir reseptor yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, pemicu munculnya rasa mual dan muntah akan hilang.

Rasa mual yang muncul setelah selesai operasi karena dampak dari anestesi juga bisa Anda obati dengan obat ini. Efek samping yang bisa timbul dari mengonsumsi Metoclopramide adalah gerakan tubuh terasa melambat atau lemas, tremor, dan rasa gelisah yang berlebihan.

Emetrol (Asam Fosfat)

Bagi Anda yang memiliki penyakit lambung, obat yang satu ini tampaknya sudah sangat familiar bukan? Emetrol merupakan salah satu obat yang biasa digunakan untuk mengobati mual yang disebabkan karena meningkatnya asam lambung.

Asam fosfat atau emetrol ini sangat ampuh meredakan mual yang disebabkan karena adanya masalah pencernaan. Namun, lebih baik Anda minum air hangat terlebih dahulu sebelum meminum obat tersebut agar keadaan perut terasa lebih nyaman.

Salah satu obat mual di apotik seperti emetrol tersebut sangat mudah Anda jumpai dan dapatkan. Akan tetapi, obat ini juga mengandung efek samping. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan resep dokter jika ingin mengonsumsinya.

Meclizine

Bagi orang yang gampang sekali mabuk perjalanan, sebaiknya sediakan Meclizine setiap akan berkendara. Mabuk perjalanan merupakan kebiasaan yang sulit hilang. Oleh sebab itu, selalu siapkan obat anti mabuk untuk mencegahnya.

Baca:  Bisnis Karangan Bunga, Yuk Intip Tips Suksesnya!

Maclizine tergolong ampuh mengobati rasa mual karena mabuk perjalanan. Obat ini akan menghadang sinyal penyebab mabuk yang dikirim ke otak. Dengan begitu, rasa mual yang Anda alami perlahan akan menghilang.

Baca:  ARMY Serbu BTS Meal, McD Disegel Pihak Berwenang

Selain mual yang disebabkan karena mabuk perjalanan, Meclizine juga dapat mengobati mual yang sebabnya karena vertigo. Efek samping yang timbul dari obat tersebut adalah mengantuk. Jadi, jangan mengonsumsinya ketika Anda sedang menyetir.

Prochlorperazine

Pernakah Anda merasa panik dan cemas yang berlebihan sampai terasa mual? Mual yang muncul tersebut sebenarnya wajar karena merupakan bentuk reaksi yang keluar dari tubuh akibat terlalu stres.

Prochlorperazine merupakan obat yang biasanya direkomendasikan oleh dokter jika pasiennya mengalami stres. Obat tersebut bisa mengatasi permasalahan psikis, seperti rasa stres. Sebenarnya bukan menyembuhkan penyakit, hanya saja mengurangi gejalanya.

Prochlorperazine bekerja dengan mengendalikan setiap rangsangan baru yang masuk ke otak. Dengan demikian, otak akan terasa lebih tenang dan rasa stres akan mereda. Namun, sebelum membeli obat mual di apotik yang satu ini, sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk meminta resep.

Domperidone

Mual dan muntah juga bisa Anda obati dengan Domperidone. Obat tersebut mampu meredakan mual dan muntah dengan mempercepat gerakan yang ada pada saluran pencernaan. Dengan demikian, makanan yang ada di dalam lambung akan cepat menuju ke usus.

Rasa mual yang melanda perut Anda lama-kelamaan akan mereda dan hilang. Domperidone tersedia dalam bentuk tablet, drop dan sirup. Selain itu, obat tersebut juga sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat merangsang produksi ASI.

Namun, terlepas dari khasiatnya yang lumayan banyak, pengonsumsian Domperidone tetap harus sesuai dengan petunjuk dokter. Bagaimana pun, semua obat harus Anda konsumsi sesuai dengan dosisnya.

Vometa

Vometa termasuk obat antiemetik yang sangat ampuh untuk mengatasi mual dan muntah. Obat tersebut juga tersedia dalam banyak varian, seperti tablet, sirup, drop dan suppositoria. Cara kerja obat tersebut adalah dengan mempercepat proses pencernaan.

Dengan demikian, penyebab munculnya rasa mual dapat berkurang. Ini cocok bagi Anda yang gampang sekali mengalami mual karena gangguan pencernaan.

Secara medis, obat yang bisa mengatasi mual terdapat banyak jenisnya. Namun, periksakan diri ke dokter terlebih dahulu agar tahu apa penyebab rasa mual yang Anda alami. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah ketika membeli obat mual di apotik.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer