32 C
Indonesia
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaBeritaObat Herbal Sesak Napas untuk Pengobatan Alami

Obat Herbal Sesak Napas untuk Pengobatan Alami

Memiliki sesak napas namun lebih suka dengan pengobatan herbal? Tenang saja, obat herbal sesak napas bisa didapatkan secara mudah disekitar Anda. Simak ulasan berikut ini tentang apa saja obat herbal untuk sesak napas dan bagaimana cara menggunakannya.

Minyak Kayu Putih

Obat herbal yang satu ini tampaknya sudah sangat biasa digunakan untuk mengobati sesak napas secara alami. Aromanya yang segar dan kandungan eucalyptol di dalamnya dapat membuat pernapasan terasa lebih lega.

Tidak hanya itu, obat herbal yang satu ini juga mengandung antivirus, antijamur dan antibakteri. Cara menggunakan minyak kayu putih sebagai obat sesak napas tidak hanya bisa dihirup langsung, akan tetapi juga bisa dicampur dengan air panas.

Campuran antara minyak kayu putih dan air panas tersebut nantinya akan mengeluarkan uap beraroma minyak kayu putih. Hirup uap tersebut, keadaan akan terasa lebih tenang dan sesak napas yang Anda alami perlahan akan mengilang.

Kunyit

Kunyit memiliki sejuta manfaat  karena kandungan curcumin di dalamnya. Curcumin berperan sebagai antiseptik, antiinflamasi dan antikuman. Selain itu, kandungan curcumin pada kunyit juga dapat mengurangi gejala sesak napas.

Penderita asma yang suka dengan pengobatan alami sangat dianjurkan mengonsumsi kunyit. Kunyit bisa dibuat minuman dengan cara diparut dan diambil sarinya. Terasa lebih nikmat lagi jika Anda mencampurnya dengan madu.

Bawang Merah

Obat herbal sesak napas yang bisa digunakan untuk pengobatan secara alami selanjutnya adalah bawang merah. Bawang merah tergolong sangat ampuh mengobati sesak napas karena memiliki kandungan quercetine. Kandungan tersebut dapat melawan alergi yang menyebabkan sesak napas.

Selain itu, bawang merah juga memiliki kandungan sulfur organik yang sangat bermanfaat bagi sistem pernapasan. Aroma bawang merah yang begitu menyengat dan khas dapat membuat pernapasan terasa lebih ringan.

Cara menggunakannya cukup mudah, campur bawang merah yang sudah diparut dengan madu. Minum campuran kedua bahan alami tersebut setiap Anda mengalami sesak napas. Namun, bawang merah dan madu juga boleh dikonsumsi setiap hari jika Anda menginginkannya.

Wedang Jahe

Obat sesak napas alami yang paling banyak dipilih adalah jahe. Jahe memiliki segudang manfaat, salah satunya dalam segi kesehatan bisa meredakan sesak napas. Telah diketahui, jahe mengandung antioksidan, antiperadangan dan mencegah terlepasnya histamin.

Otot-otot pada saluran pernapasan akan terasa lebih rileks jika Anda mengonsumsi jahe. Pernapasan akan terasa lebih lega dan ringan. Tak heran jika sangat cocok Anda gunakan untuk mengatasi sesak napas.

Jahe bisa ANda konsumsi sebagai wedang. Seduh jahe yang sudah Anda geprek dengan air panas. Ini boleh langsung ANda minum,  jika Anda tidak suka tawar bisa tambahkan madu atau gula. Selain dapat meredakan sesak napas, wedang jahe juga dapat menghangatkan badan.

Baca:  Motor Matic Terkini Irit Bahan Bakar, Pilihan Tepat!
Baca:  Cara Mencegah Laringitis Efektif Secara Alami

Daun Mint

Daun mint tampaknya banyak yang menyukai karena aromanya yang sangat segar. Namun, taukah Anda jika daun mint merupakan salah satu obat alami untuk meredakan sesak napas? Pada kenyataannya, aroma mentol pada daun mint dapat membuat saluran pernapasan terbuka.

Dengan demikian, pernapasan Anda akan terasa lebih lega dan terasa segar di hidung. Kandungan antibakteri di dalam daun mint juga mampu mengobati infeksi pada saluran pernapasan. Direkomendasikan sekali bagi penderita asma. Cara menggunakan daun mint sebagai obat alami sesak napas bisa dengan cara menghirup aromanya. Tumbuk daun mint kemudian hirup aromanya. Selain itu, daun mint juga dapat ANda seduh layaknya teh.

Madu

Obat herbal sesak napas selanjutnya adalah madu. Madu dapat membuat lendir yang menghambat pernapasan menjadi encer. Saluran pernapasan pun akan menjadi terbuka dan udara dapat masuk ke dalam tubuh dengan lebih mudah.

Bagi penderita asma, madu bisa ANda konsumsi dengan cara mencampurnya menggunakan air hangat. Madu tidak perlu banyak-banyak, sekitar 2-3 sendok makan saja sudah cukup. Madu bisa Anda konsumsi ketika sesak napas Anda kambuh atau bisa juga Anda minum setiap hari untuk pencegahan.

Kapulaga

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, kapulaga ternyata juga bisa ANda gunakan sebagai obat alami sesak napas. Kapulaga berperan dalam meningkatkan kesehatan dari paru-paru. Minyak atsiri yang terkandung dalam kapulaga efektif melancarkan sirkulasi udara.

Dengan demikian, penyakit bronkitis dan asma dapat Anda obati dengan kapulaga. Anda bisa menggunakannya sebagai aromaterapi layaknya di tempat-tempat terapi tradisional. Sebagaimana minyak esensial yang dapat menguap, kapulaga juga bisa Anda hirup aromanya saat napas terasa sesak.

Secara perlahan, rasa sesak yang Anda rasakan sebelumnya akan menghilang. Selain dengan cara Anda hirup, kapulaga juga bisa Anda gunakan dengan cara meminumnya. Rebus kapulaga yang sudah Anda cuci sebelumnya lalu rebus sampai mendidih. Minum air rebusan kapulaga tersebut ketika masih hangat.

Pengobatan secara alami memang banyak yang menyukainya karena tidak mengandung efek samping. Walaupun reaksinya membutuhkan waktu lebih lama daripada menggunakanobat sesak napas dari apotik. Akan tetapi, obat herbal sesak napas tetap tidak kehabisan tempat. Selalu saja banyak yang mencarinya.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer