32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaObat Gatal Tradisional yang Khasiatnya Paling Ampuh

Obat Gatal Tradisional yang Khasiatnya Paling Ampuh

Obat gatal tradisional bisa menjadi alternatif  ketika seseorang memiliki alergi atau tidak cocok dengan obat yang dibeli di apotek. Selain aman, obat gatal dari bahan tradisional cenderung memiliki harga lebih murah, bahkan mudah kita dapatkan karena sudah ada di sekitar rumah.

Gatal pada kulit sendiri bisa karena berbagai hal. Ada gatal yang penyebabnya adalah alergi karena makanan atau alergi udara, ada juga gatal yang karena jamur dan kuman. Berikut ini adalah beberapa bahan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati gata-gatal di kulit.

Minyak Kelapa

Siapa sangka minyak kelapa ternyata juga bisa Anda gunakan untuk meredakan gatal yang terjadi pada kulit. Minyak kelapa yang biasanya untuk memasak ini memiliki kandungan senyawa aktif yang bisa meredakan peradangan yang terjadi pada kulit.

Senyawa aktif yang terdapat pada minyak kelapa adalah asam laurat. Zat ini mampu membunuh bakteri penyebab gatal pada kulit. Minyak kelapa pelembab yang bisa melindungi kulit dari kekeringan. Kulit kering ini juga bisa menyebabkan rasa gatal karena alergi.

Cara penggunaan obat gatal tradisional dari minyak kelapa cukup dengan mengoleskannya saja. Lebih baik menggunakan minyak kelapa asli, karena kandungan zatnya lebih baik bila dari minyak kelapa sawit.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi obat untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Tanaman ini memiliki kandungan pelembab yang cukup tinggi, sehingga bisa berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel baru, serta mencegah iritasi yang terjadi pada kulit yang bisa menyebabkan kulit menjadi gatal.

Lidah buaya juga memiliki sifat mendinginkan. Hal ini sangat efektif untuk meredakan gatal yang disebabkan oleh kulit yang mengalami iritasi. Sifat mendinginkan ini juga bisa untuk mengurangi rasa gatal yang terasa pada kulit yang disebabkan oleh iritasi pada kulit.

Cara mengobati gatal dengan menggunakan ldah buaya juga sangat mudah. Ambil bagian lidah buaya yang berbentuk gel, dan oleskan pada kulit yang mengalami gatal-gatal. Lidah buaya juga sudah banyak diolah menjadi krim dan dijual di apotek, sehingga memudahkan penggunaannya.

Daun Mint

Obat gatal yang berasal dari daun mint ini juga bisa Anda beli di apotek dalam bentuk minyak essensial. Minyak daun mint ini sangat cocok Anda gunakan untuk mengobati gatal pada kulit karena gigitan serangga dan gatal karena tanaman.

Daun mint ini memiliki sifat menyejukkan, sehingga bisa mengurangi rasa gatal yang terjadi pada kulit. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak daun mint dengan sedikit pelembab kulit dan mengoleskannya pada kulit yang gatal.

Baca:  Manfaat Daun Jarak untuk Atasi Berbagai Penyakit

Untuk Anda perhatikan, hindari mengoleskan minyak daun mint langsung ke kulit yang mengalami gatal atau luka karena akan menimbulkan rasa panas seperti terbakar pada kulit.

Baca:  Mau Mulai Trading? Pahami Dulu Yuk Arti, Karakteristik dan Jenisnya!

Apabila memiliki tanaman daun mint, bisa dengan menumbuk daun mint dan mengoleskannya pada bagian kulit yang gatal.

Daun Pegagan

Daun pegagan yang memiliki nama latin centella asiatica, dikenal sebagai tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Ternyata daun pegagan ini juga merupakan obat gatal tradisional yang cukup ampuh untuk menghilangkan gatal pada kulit karena berbagai hal.

Daun pegagan memiliki kandungan antialergi, antipruritus dan juga antiperadangan. Hal ini yang membuat tanaman ini bisa Anda gunakan untuk mengobati gatal pada kulit karena alergi, dan juga gatal-gatal akibat luka dan peradangan.

Oatmeal

Oatmeal yang terkenal sebagai bahan makanan juga bisa Anda gunakan sebagai obat gatal. Tentu saja yang kita gunakan di sini bukan oatmeal dalam bentuk keping atau roti, melainkan  yang sudah berupa olahan bubuk halus atau oatmeal koloid.

Oatmeal bisa Anda gunakan sebagai obat gatal karena kandungan zat antiinflamasi dan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Zat antiinflamasi dan antioksidan ini bisa berfungsi sebagai zat yang mengurangi rasa gatal pada kulit akibat kulit kering dan kasar.

Oatmeal juga bersifat humektan, yaitu bisa bersifat melembabkan kulit. Dengan demikian kulit terhindar dari rasa gatal karena kondisi kulit yang kering. Penggunaannya cukup dengan mencampur bubuk oatmeal ke dalam air mandi dan menggunakannya untuk berendam.

Tea Tree Oil

Obat gatal dari bahan tradisional lainnya adalah minyak pohon teh  atau tea tree oil. Minyak pohon teh ini memiliki sifat anti radang sehingga bisa menghilangkan gatal pada kulit karena peradangan. Minyak ini juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan infeksi penyebab gatal pada kulit.

Cara menggunakan tea tree oil untuk mengobati gatal pada kulit adalah dengan mencampurkan minyak dengan sedikit pelembab dan mengoleskan pada bagian kulit yang gatal. Selain menyembuhkan gatal, minyak ini juga bisa membuat kulit menjadi lembab.

Obat gatal tradisional memang lebih banyak orang pilih untuk mengobati gata-gatal yang sering terjadi pada kulit. Lebih aman dan juga murah merupakan alasan utamanya. Tetapi apabila gatal pada kulit tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer