Obat Diare Untuk Bayi Berikut Aman Digunakan

Bayi sangat rentan sekali mengalami terkena virus sehingga mengalami penyakit salah satunya adalah diare. Oleh sebab itu Anda sebagai orangtua sudah seharusnya menyediakan obat di rumah sebagai bentuk persediaan. Di bawah ini ada beberapa daftar obat diare untuk bayi yang ampuh.

ORS

Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan pengobatan yang satu ini. Sebenarnya ORS ini telah banyak yang menggunakan sejak zaman dulu dan cukup ampuh dalam mengatasi gangguan pencernaan, khususnya pada bayi. Cara penggunaannya juga cukup sederhana.

Tetapi, sebelumnya Anda harus pergi ke apotek terlebih dahulu untuk membeli obatnya. Setelah itu, Anda bisa merebus obatnya dengan air 1 liter dan saring. Biarkan hingga dingin dan ditambah 6 sendok gula.

Setelah itu Anda bisa mencampurnya dengan setengah sendok teh garam lalu aduk hingga merata. Lalu, Anda bisa memberikan kepada bayi sedikit demi sedikit agar anak tidak muntah ketika meminumnya. Anda bisa rutin memberikannya kepada sangt buah hati agar penyakit cepat mereda.

Jahe

Cobalah untuk membuat obat diare dari bahan herbal yang satu ini. Selain mudah, cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Jahe cukup ampuh untuk mengurangi penyakit diare yang dialami bayi.

Cara membuatnya adalah, siapkan jahe lalu diparut dan campurkan dengan satu sendok teh kayu manis, madu dan jintan. Lalu, berikan campuran ini kepada buah hati Anda. Anda bisa memberikannya pada si bayi sebanyak tiga kali sehari secara rutin.

Jangan lupa untuk memberikan pala terlebih dahulu pada bayi agar diarenya lebih cepat sembuh. Pala ini juga ampuh untuk membuat bayi mau mengonsumsi obatnya dan tidak muntah setelahnya.

Jus Wortel

Lagi-lagi bahan alami banyak yang bisa Anda gunakan untuk mengobati gangguan ini pada si kecil salah satunya wortel. Ternyata wortel tidak hanya bisa Anda gunakan untuk menyehatkan mata saja, tetapi kandungan di dalamnya juga bagus dan ampuh menyembuhkan diare.

Anda tinggal membuat jus wortel lalu memberikannya pada si bayi. Anda tinggal membuat jus wortel rutin setiap siang hari agar diare berkurang. Ini cocok sekali untuk bayi yang menginjak usia 1 tahun.

Apalagi wortel adalah bahan yang dapat Anda temukan di mana saja dan harganya juga sangat terjangkau, sehingga akan mudah saat Anda gunakan sebagai obat diare untuk bayi. Anda pun bisa menyediakan stok wortel secukupnya di rumah.

Lacto B Untuk Anak

Jika Anda ingin membeli obat yang lain untuk bayi cobalah untuk menggunakan Lacto B khusus untuk anak yang tersedia dalam bentuk sachet. Obat ini kaya akan vitamin. Kandungan yang terdapat di dalam Lacto B adalah vitamin, C, B2, B6, niasin, protein, lemak dan energi total di dalam obat.

Selain itu Lacto B juga terbuat dari beberapa jenis bakteri sehat. Bakteri-bakteri tersebut di antaranya adalah Lactobachillus achidophilus, Bifidobacterium longum dan terakhir Streptococcus thermophilus.

Zinc

Obat diare untuk bayi yang berikutnya adalah Zinc. Sebagian dari Anda mungkin ada yang sudah tahu dengan obat Zinc ini. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet ataupun sirup. Anda bisa memberikan obat yang satu ini selama 10 hari agar diare segera membaik.

Walaupun sudah Anda beri obat, jangan sampai Anda salah memberikan makanan kepada bayi sehingga memicu gangguannya lagi tentu hal itu akan membahayakan si kecil. Menjaga asupan nutrisi si kecil adalah hal yang harus Anda perhatikan, jangan lupa juga untuk memberi obat setelah makan.

Buah Lemon

Bahan herbal lain yang juga bisa menjadi obat untuk menyembuhkan diare pada bayi adalah buah lemon. Buah bewarna kuning yang satu ini memiliki kandungan khusus untuk menyembuhkan diare. Adapun kandungan tersebut tidak lain adalah sifat anti bakteri dan anti inflamasi.

Selain murah dan gampang Anda dapatkan, buah lemon juga mudah pengolahannya. Anda tinggal membuatnya berupa jus dan memberikannya 4 hingga 5 kali dalam sehari. Jika bayi Anda rutin mengonsumsi buah lemon ini, maka lama kelamaan diarenya akan semakin membaik.

Sayuran Berwarna Gelap

Obat diare untuk bayi yang berikutnya adalah dengan rutin mengonsumsi sayuran bewarna gelap. Salah satu sayuran dengan warna gelap yang bisa dikonsumsi oleh bayi Anda adalah bayam. Cara mengonsumsinya cukup campurkan bayam pada makanan si kecil.

Jika Anda rutin memberikannya kepada si kecil maka lama kelamaan diare akan berangsur membaik. Menurut penelitian, bayam bisa untuk menghilangkan sembelit dan diare. Selain itu bayam juga dapat membantu memperlancar organ pencernaan dalam tubuh sang buah hati.

Pisang

Buah pisang juga cukup ampuh dalam mengatasi penyakit diare pada bayi Anda. Kandungan di dalam pisang seperti kalium, seng, zat besi, Vitamin A dan B6 cukup bisa mengurangi ini. Jadi, Anda tinggal rutin memberikannya setiap hari sebagai makanan pengganti bubur.