Obat Alami Sakit Gigi Menggunakan bahan Rumahan

Sakit gigi adalah sakit yang cukup menyiksa. Meski rasanya di sekitar mulut, efek dari sakit gigi ini bisa menyebar ke hampir seluruh tubuh. Makanya, orang tidak akan betah merasakan saki gigi dan ingin lelas sehat. Jika tidak sempat ke dokter, ada obat alami sakit gigi yang bisa Anda gunakan.

Oba alami ini ada yang bisa langsung memulihkan ada yang hanya mengobati sementara. Karena berbasis obat rumahan, bahan yang digunakan juga sederhana. Nah, jika Anda atau orang tersayang alami sakit gigi, berikut obat sederhana yang bisa dicoba.

Berkumur dengan Air Garam

Obat yang satu ini mungkin sudah Anda tahu sejak kecil. Walau begitu, obat ini adalah yang paling sederhana dan mudah. Yaitu berkumur dengan air garam. Mulut adalah bagian lembap yang jadi sarang kuman, dan air asin bisa menyerap kelebihan cairan dalam mulut.

Selain itu, air garam juga meredakan radang tenggorokan dan mengurangi bau mulut yang membuat Anda tidak nyaman. Anda hanya perlu melarutkan garam dalam segelas air hangat, kemudian jadikan untuk berkumur. Walau begitu, sebaiknya jangan terlalu sering ya, maksimal 4x sehari.

Menggunakan Es Batu

Teknik yang satu ini mungkin bukan obat sakit gigi, melainkan untuk meredakan bengkak dan rasa sakitnya. Walau begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba meredakan sakit gigi menggunakan es batu. Asalkan Anda letakkan di titik-titik yang tepat, rasa nyaman bisa segera Anda rasakan.

Coba letakkan es batu pada titik-titik yang bisa meredakan rasa sakit gigi. Misalkan bagian pipi dan titik LI4 atau yang letaknya ada di antara ibu jari dan telunjuk. Sedikit tekan bagian-bagian tersebut supaya memberikan sensasi yang lebih.

Menggunakan Minyak Cengkeh

Selain berkumur dengan air garam, ada obat alami sakit gigi lain yang sudah banyak orang percaya sejak jaman dulu. Menggunakan minyak cengkeh untuk sakit gigi bukan mitos. Sebab dalam minyak cengkeh terdapat senyawa eugenol yang berfungsi sebagai obat bius alami.

Eugenol ini nantinya akan mematikan syaraf yang memicu sakit gigi. Tidak sampai di situ saja, eugenol juga bersifat anti radang sehingga bisa mengempiskan gusi yang bengkak.

Cara menggunakan bahan ini sebagai obat pun mudah. Anda tinggal campur 2 sdm minyak cengkeh dengan 1 sdt minyak zaitun, rendam kapas, dan tempelkan pada bagian yang sakit.

Mengandalkan Bekas Teh Celup

Untuk Anda yang sedang sakit gigi tapi belum bisa segera datang ke dokter, coba manfaatkan barang-barang di dapur untuk meredakannya. Bekas teh celup misalnya, ternyata bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi ringan. Ini karena adanya tanin dalam teh celup sebagai pereda sakit.

Selain itu, teh celup juga seperti mentol yang bisa mendinginkan serta membuat bagian yang sakit jadi mati rasa. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan kantong teh celup yang masih basah dan hangat pada gigi yang sakit, diamkan beberapa saat atau sampai sakitnya reda.

Mengunyah Bawang Putih

Selama ini Anda mengenal bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur, tapi ternyata juga berguna untuk obat alami sakit gigi. Memang tidak banyak orang yang tahu, tapi sebaiknya Anda mencoba yang satu ini. Caranya dengan mengunyah bawang putih mentah menggunakan bagian gigi yang sakit.

Selain mengunyah secara langsung, Anda bisa menghaluskan kasar bawang putih kemudian diletakkan pada bagian yang bengkak dan tahan selama beberapa saat. Saat dikunyah, bawang putih melepaskan allicin yang berperan sebagai antibakteri alami.

Mengurangi Sakit Dengan Jahe Segar

Selain bawang putih, ada bumbu dapur lain yang juga bisa mengurangi sakit gigi, yaitu jahe. Untuk menjadikan jahe sebagai pengurang rasa sakit gigi, kamu hanya perlu mencuci, mengupasnya sampai bersih, dan kunyah menggunakan area gigi yang terasa sakit selama 5 menit

Jahe dipercaya bisa mengobati sakit gigi karena memiliki kandungan antibiotik yang bisa mengurangi bahkan membunuh kuman dalam mulut dan gigi. Selain obat sakit gigi, jahe juga baik untuk mengurangi bengkak akibat gigi yang sakit.

Menggunakan Kunyit untuk Obat

Tidak mau ketinggalan, ada kunyit yang bisa Anda jadikan obat sakit gigi juga. Anda mungkin paham jika kunyit kerap menjadi campuran pembuatan jamu karena memiliki beragam khasiat penyembuhan. Cara membuat kunyit untuk obat sakit gigi juga mudah dan tanpa banyak campuran bahan.

Buat pasta yang terbuat dari bubuk kunyit yang bercampur dengan air. Setelah itu, oleskan pada bagian yang sakit. Selain menggunakan air, campuran dengan madu juga bisa Anda dan olegunakan juga, lalu oleskan pada gigi. Kunyit sendiri memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri, lho!

Itulah sederet obat sakit gigi alami yang bisa ditemukan di dapur rumah Anda. Selain sederhana, Anda juga tidak perlu alat atau bahan khusus sebagai campuran pembuatannya. Mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat!

Ikuti update informasi seputar berita terbaru dari Reportasee.com di Google News!