Mudik Lewat Garut, Waspadai Jalur Rawan Ini!

0
213
Mudik Lewat Garut, Waspadai Jalur Rawan Ini!
Foto : Persimpangan Tasikmalaya-Garut

GARUT,- Mudik Lewat Garut, Waspadai Jalur Rawan Ini! Setiap tahun, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menjadi jalur yang seringkali dilewati para pemudik. Meski berkelok, jalur mudik via Garut terbilang layak dilalui lantaran konturnya yang rata dan lebar.

Namun demikian, ada sejumlah titik jalan di sepanjang jalur Kabupate Garut yang perlu diwaspadai pemudik. Soalnya, Garut berada di wilayah pegunungan, sehingga akses jalan ini mempunyai turunan dan tanjakan yang cukup ekstrim.  

Sedikitnya ada sekitar empat titik lokasi di sepanjang jalur mudik Garut yang tergolong rawan terjadi kecelakaan. Jalur tersebut diantaranya berada di wilayah Selatan Garut, wilayah Utara Garut dan wilayah perkotaan Garut.

Pertama, akses jalan alternatif dari wilayah Kabupaten Bandung menuju Kabupaten Garut adalah jalur Cijapati-Kadungora. Jalur Cijapati-Kadungora ini kontur jalannya berliku dan cukup berbahaya.

Kasatlantas Polres Garut, Rizky Adi Saputro, Jum`at (17/05/2019), menyarankan agar pengendara atau pemudik tidak melewati jalur Cijapati-Kadungora saat malam hari. Menurutnya, jalur tersebut masuk dalam daftar jalur yang rawan kecelakaan.   

Kedua, akses jalur Tutugan Leles. Jalur ini kondisi jalannya unik, menurun, meliuk ke kiri dan kanan. Jalur ini seringkali memakan korban. Insiden kecelakaan paling banyak terjadi pada malam hari.    

Mudik Lewat Garut, Waspadai Jalur Rawan Ini!

Kondisi infrastruktur jalur ini belum sepenuhnya bagus. Selain itu, fasilitas penerangan di jalur tersebut juga minim. Wajar jika seringkali terjadi insiden kecelakaan lalu lintas yang memakan korban.

Ketiga, jalur Tanjakan Gentong. Jalur ini berada di wilayah Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Akses utama yang menghubungkan Garut dan Tasikmalaya via Limbangan ini rawan sekali terjadi kecelakaan.  

Kondisi jalannya berbahaya lantaran posisinya menanjak-menurun dengan tikungan yang tajam. Pengendara atau pemudik diimbau berhati-hati saat melewati jalur yang terbilang cukup sempit itu.  

Keempat, akses jalur mudik lewat Garut yang cukup berbahaya juga ada di wilayah Selatan Garut. Jalur ekstrem ini tepatnya berada di Tanjakan Panganten. Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut.

Jalur ini adalah akses utama yang menghubungkan kawasan Bungbulang dan Pantai Selatan. Di Garut, Tanjakan Panganten memiliki cerita legenda tersendiri. Nama Tanjakan Panganten diambil dari kisah kecelakaan sepasang pengantin di lokasi tersebut.

Tanjakan Panganten masuk dalam daftar jalur berbahaya. Soalnya, medan tanjakannya cukup terjal, ditambah dengan belokan dan turunan serta lembah yang tajam. Jalur ini juga rawan terjadi longsor. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here