Motivasi Kerja Guru dan Kemampuan Manajerial Kepsek

0
155
Seorang Guru Sedang Menyampaikan Motivasi di Kelas
Foto : Ilustrasi/ Net

ARTIKEL,- Penelitian tentang Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Mutu Layanan Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis.

Permasalahan pada penelitian ini adalah belum optimalnya mutu layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis. Terutama, yang berkaitan dengan motivasi guru dan kemampuan manajerial kepala sekolah.

Hal ini tampak dari beberapa masalah sebagai berikut: 1) Masih perlu ditingkatkan motivasi kerja guru sebagai penunjang pelayanan pembelajaran dan transformasi pengetahuan terhadap siswa;

2) Kepala sekolah masih perlu ditingkatkan dalam membangun motivasi kerja guru, sehingga guru merasa kewajiban sudah cukup hanya mengajar di kelas bukan menciptakan sekolah yang bermutu;

3) Kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen sekolah masih perlu ditingkatkan. Diantaranya untuk meningkatkan proses pembelajaran dan pengoptimalan mutu layanan sekolah secara keseluruahan;

4) Organisasi intern sekolah masih perlu ditingkatkan dalam menjalankan standar pelayanan minimum yang tertuang pada delapan standar untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi kerja guru terhadap mutu layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis.

2) Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap mutu  layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis.

3) Pengaruh motivasi kerja dan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap mutu layanan sekolah di SMP Negeri Se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis.

Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Yaitu metode yang menggambarkan fakta dan kejadian pada objek yang diteliti.

Juga menggunakan metode verifikatif. Yaitu metode yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan perhitungan dari statistik dengan Software SPSS (Statistical Program Smart Solution) Ver.17.0 for Windows.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; Pertama, pengaruh motivasi kerja guru terhadap mutu layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis.

Diperoleh nilai sebesar 7,45 %, berkategori sangat rendah. Nilai probabilitas = 004 < 0,05. Dengan demikian, memberikan arti bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap mutu layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis”.

Kedua, pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap  mutu layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis.

Diperoleh nilai sebesar 16,89 % berkategori cukup. Nilai probabilitas = 002 < 0,05. Dengan demikian, memberikan arti bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap mutu layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis”.

Ketiga, pengaruh motivasi kerja dan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap mutu layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis.

Diperoleh nilai sebesar 16,89 %, berkategori cukup. Nilai probabilitas = 000 < 0,05. Dengan demikian, memberikan arti bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja guru dan kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap mutu layanan sekolah di SMP Negeri se-Komisariat 08 Kabupaten Ciamis”. **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here