27.8 C
Indonesia
Sabtu, Oktober 19, 2019
No menu items!

Miliaran Bulu Metana Ditemukan di Lautan Atlantik

Wajib Baca

Lagi viral, 7 Manfaat Batang Pohon Pisang yang Tersembunyi

Pisang merupakan salah satu tananaman yang tidak asing lagi terdengar. Bahkan, buah ini juga menjadi favorit banyak...

Makanan Khas Bangka Belitung Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

Bangka belitung sebuah daerah di indonesia yang ketika mendengarnya pasti merasa tidak asing lagi. Tapi taukah Anda apa...

Mitos BBM Irit Berikut Ternyata Salah Besar

Setiap pemilik kendaraan pasti menginginkan kendaraan mereka tidak terlalu boros terhadap bahan bakar bakar, hal tersebut tentu...

Reportasee.com,- Miliaran bulu metana ditemukan di lautan Atlantik. Simpanan karbon yang luas di Kutub Utara bukan satu-satunya sumber potensial dari pelepasan umpan balik pemanasan global.

Melansir dari Tempo.co, Rabu (28/08/2019), miliaran ton bulu metana tersimpan dalam struktur klathrat. Cadangan ini terpisah dari simpanan karbon besar di Arktik. Akan tetapi mereka tidak terlalu berbahaya bagi ekosistem dan kehidupan manusia.

Pada 2012, Nature mengeluarkan sebuah penelitian yang menemukan bahwa simpanan klathrat yang menghasilkan milyaran ton metana kini tidak stabil di Pantai Timur AS.

Studi ini memperkirakan pelepasan skala besar dalam jajaran multi-gigaton berasal dari wilayah selatan Pantai Timur AS karena perubahan sirkulasi Gulf Stream dan pemanasan perairan dasar.

Kedua dampak itu diakibatkan oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia. Studi ini tidak pasti seberapa cepat pelepasan itu terjadi. Namun telah tercatat bahwa pelepasan didasari oleh degradasi klathrat skala besar yang terkait dengan pemanasan dasar laut.

Penelitian Bulu Metana

Tahun ini, kapal penelitian Geomar kembali ke wilayah tersebut hingga menemukan ratusan bahkan miliaran bulu metana yang dilepaskan secara tidak stabil. Hasil ini mengejutkan beberapa fakta bahwa hanya tiga sumber yang meresap metana yang sebelumnya telah diidentifikasi.

Bulu-bulu itu ditemukan di permukaan 50 hingga 1.500 meter air. Sebagian besar rembesan terjadi pada kedalaman antara 250 dan 600 meter di sepanjang zona yang membentang dari Cape Hatteras ke Georges Bank.

Rembesannya berkisar dari yang baru sampai 100 atau 1.000 bahkan lebih. Secara keseluruhan, prevalensi rembesan lebih luas dari yang diperkirakan.

Analisis Tentang Bulu Metana

Ahli geofisika kelautan di Goemar di Kiel, Jerman, Christian Berndt menjadi orang pertama yang menganalisis dan memetakan bulu metana ke seluruh margin.

“Ia beserta timnya telah menemukan bahwa ada lebih banyak metana yang keluar dari dugaan sebelumnya,” menurut laporan Science Magazine, Rabu (28/08/2019).

Saat ini, hanya sejumlah kecil metana yang dilepaskan dari dasar laut dan dilepas di Pantai Timur AS yang kemungkinan mengenai atmosfer.

Sebagian besar gas yang dimilikinya hanya diserap oleh kolom air hingga meningkatkan pengasaman di wilayah tersebut dan berkontribusi terhadap anoksia.

Secara keseluruhan, sebanyak 300 hingga 400 gigaton metana berisiko menghantam atmosfer yang menyebabkan bahaya serius dan abadi. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lagi viral, 7 Manfaat Batang Pohon Pisang yang Tersembunyi

Pisang merupakan salah satu tananaman yang tidak asing lagi terdengar. Bahkan, buah ini juga menjadi favorit banyak...

Makanan Khas Bangka Belitung Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

Bangka belitung sebuah daerah di indonesia yang ketika mendengarnya pasti merasa tidak asing lagi. Tapi taukah Anda apa saja makanan khas Bangka Belitung...

Mitos BBM Irit Berikut Ternyata Salah Besar

Setiap pemilik kendaraan pasti menginginkan kendaraan mereka tidak terlalu boros terhadap bahan bakar bakar, hal tersebut tentu wajar mengingat mahalnya harga BBM...

Keindahan Wisata Air Panas Bukit Hitam

Alam memang tidak ada hentinya memberikan segala  pesonanya untuk kita semua, tidak terkecuali wisata air panas bukit hitam yang terletak di TWA Bukit...

Ini Dia Kuliner Lezat Di Jakarta Barat

Jika Anda sangat menyukai dunia kuliner, maka berburu kuliner di Jakarta Barat merupakan sesuatu hal yang salah satu hal yang harus dilakukan....
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: