adplus-dvertising
32 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaCara Mencegah Covid-19 Untuk Penderita Asma

Cara Mencegah Covid-19 Untuk Penderita Asma

ReportaseeDKI.com Mencegah Covid-19 untuk penderita asma penting Anda lakukan jika tidak ingin terpapar oleh virus yang mewabah dunia saat ini.

Covid-19 merupakan jenis penyakit menular melalui virus bernama virus SARS-CoV-2. Gejala dari penyakit ini bisa memengaruhi pada sistem pernapasan. Karena itu bagi penderita asma sedang hingga berat jika terpapar Covid-19 kemungkinan akan berisiko lebih tinggi untuk mengalami gejala parah.

Orang dengan riwayat asma pasti memiliki kekhawatiran tentang terhadap keberadaan Covid-19 yang akan memengaruhi kondisi mereka.

Cara terbaik untuk mencegah risiko terserang penyakit parah dari Covid-19 yaitu dengan terus menjaga imunitas dan mengontrol kondisi tubuh.

Mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini juga harus Anda lakukan untuk mencegah terjadi penularan dan melindungi diri agar tidak terpapar.

Dilansir dari Medical News Today, penyakit asma merupakan kondisi paru-paru kronis yang bisa memengaruhi saluran udara serta menyebabkan peradangan.

Peradangan tersebut yang menyebabkan terjadinya kejang dan penyempitan pada saluran udara. Dari gangguan tersebut, penderita asma bisa mengalami sesak napas, dan batuk.

Penyakit akibat infeksi virus pernapasan seperti Covid-19 ini bisa memicu serta memperburuk gejala sakit asma.

Cara Mencegah Covid-19 Bagi Penderita Asma

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit asma, berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah terkena virus Covid-19 demi menjaga keselamatan diri dan orang di sekitar:

Patuhi Protokol Kesehatan

Di masa pandemi yang belum berakhir ini, setiap orang harus tetap mematuhi protokol kesehatan tak terkecuali para penderita asma.

Berikut adalah protokol kesehatan yang penting Anda lakukan:

  • Wajib menggunakan masker saat berada di luar rumah
  • Sering cuci tangan dengan sabun dan air
  • Gunakan hand sanitizer saat tidak tersedia sabun dan air
  • Hindari menyentuh bagian mata, hidung, dan mulut pada tangan yang belum dicuci
  • Tutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau dengan lengan baju (bukan tangan) saat batuk dan bersin
  • Buang tisu bekas langsung ke tempat sampah, lalu mencuci tangan sesudahnya
  • Hindari menyentuh area permukaan yang telah disentuh oleh orang lain
  • Melakukan desinfektan secara berkala pada area sekitar
  • Hindari kontak dengan orang sakit, terutama mereka yang sudah positif Covid-19
  •  Menjaga jarak fisik dengan orang lain
  • Menjauhi kerumunan
  • Melakukan vaksinasi

Minum Obat Asma

Para penderita asma tentunya harus meminum obat asma sesuai petunjuk dokter. Beberapa obat asma tersebut meliputi inhaler steroid, inhaler penyelamat, pil steroid, dan obat biologis. Jenis asma yang tidak terkontrol akan menjadi pertanda serius yang mengganggu kesehatan penderitanya.

Dari Asthma and Allergy Foundation of America (AAFA) memberikan rekomendasi agar penderita memiliki stok obat yang baik selama 14-30 hari. Seseorang pengidap asma juga harus mengetahui cara menggunakan inhaler yang tepat.

Penderita asma sebaiknya jangan gunakan nebulizer jika tidak dalam kondisi mendesak karena akan meningkatkan pengiriman partikel virus di udara sehingga bisa menularkan orang di sekitarnya.

Selain persediaan obat, mengelola stres dengan baik juga sangat penting agar tidak memengaruhi imunitas di dalam tubuh.

Hindari Potensi Pemicu Asma

Beberapa hal yang bisa menjadi pemicu umum asma antara lain asap tembakau, tungau debu, serbuk sari, hewan peliharaan, polusi udara, cuaca ekstrem, wewangian yang kuat seperti alkohol. Aktivitas olahraga berlebihan dan stres tingkat tinggi juga menjadi faktor pemicu yang harus penderita hindari.

Ventilasi udara

Saat berada di luar ruangan biasanya akan lebih aman daripada saat berada di dalam ruangan karena di luar terdapat sirkulasi udara yang lebih baik.

Karena itu, Anda perlu menjaga ruang di dalam ruangan dengan ventilasi yang baik. Ventilasi yang udara yang baik bisa Anda terapkan dengan cara membuka jendela atau pintu, memakai kipas angin, memakai pembersih udara, atau pun memakai filter udara pada sistem HVAC Anda.

Jaga Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat

Seseorang yang jarang sakit karena ia memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat. Maka dari itu, menjaga daya tahan tubuh sangat penting untuk melawan semua jenis infeksi, khususnya Covid 19. Cara menjaga daya tahan tubuh bisa Anda lakukan dengan melakukan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, makan makanan bergizi, olahraga, tidur cukup, kurangi stres, dan menjaga berat badan Anda tetap ideal agar tidak mudah sakit.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER