32 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
BerandaBeritaMenanam Buah Stroberi di Polybag, Sangat Mudah!

Menanam Buah Stroberi di Polybag, Sangat Mudah!

Menanam Buah Stroberi di Polybag, Sangat Mudah! Stroberi adalah buah berwarna merah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Buah ini banyak di olah menjadi selai atau tambahan rasa pada pembuatan aneka roti, kue, es krim, dan lain-lain.

Stoberi merupakan buah yang tidak terlalu banyak di jual di pasaran. Terkadang hanya terdapat di toko buah tertentu saja, dan itu pun tidak dijual dalam jumlah yang sangat banyak. Oleh karena itu, keinginan untuk mengonsumsi buah stroberi segar setiap hari menjadi hal mustahil yang bisa Anda lakukan.

Untuk mengatasi masalah di atas, Anda bisa mencoba untuk menanamnya sendiri di pekarangan rumah Anda. Kebutuhan dan keinginan Anda untuk selalu mencicipi buah segar ini akan terpenuhi. Manfaat dari buah bertekstur lembut dan memiliki rasa manis dan sedikit asam ini bisa Anda rasakan segera.

Sebelum Anda memutuskan untuk menanam buah stroberi di polybag, Anda harus memastikan apakah lahan Anda layak memenuhi syarat untuk tumbuh kembang tanaman ini. Beberapa syarat adalah sebagai berikut.

Syarat Tumbuh Kembang Buah Stroberi

Pertama, pekarangan Anda harus berada di dataran tinggi. Ketinggiannya sekitar 1.000 – 1.500 km dari permukaan laut. Hal ini untuk mengupayakan hasil buah yang di peroleh menjadi maksimal. Kedua, perhatikan curah hujan di daerah yang akan Anda tanami pohon ini. Jika curah hujan berkisar 600 – 700 mm per tahun, maka pekarangan Anda layak ditanami pohon stroberi. Buah ini tidak bisa tumbuh maksimal jika turun hujan setiap hari.

Ketiga, temperatur suhu lingkungan tumbuh akan mempengaruhi kualitas tanaman dan buah. Untuk pohon stroberi membutuhkan suhu 17 – 20°C karena termasuk tanaman subtropis. Keempat, tumbuh kembang tanaman ini akan sangat baik jika mendapat sinar matahari yang cukup, sekitar 8 – 10 jam setiap hari.

Kelima, pohon stroberi membutuhkan kelembaban sekitar 70 – 80 persen untuk merangsang atau menstimulus pertumbuhan. Keenam, tanaman ini harus menggunakan tabulampot yang memiliki sifat poros, mudah menelan air, dan selalu memiliki unsur hara untuk tanaman.

Cara Menanam Buah Stroberi di Polybag

Setelah seluruh syarat di atas terpenuhi, Anda bisa memulai untuk menanam buah stroberi di polybag. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama, Anda bisa meyediakan bibit dengan cara membelinya di toko atau menggunakan cara vegetatif yaitu mengambil bagian batang dari pohon tersebut untuk digunakan sebagai bibit.

menanam stroberi di polybag
Foto : samudera bibit

Kedua, sediakan polibag yang sudah Anda isi media tanam yaitu tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan komposisi 1:1. Ketiga, Anda sudah bisa menanam bibit buah dengan memasukkan bibit ke dalam lubang yang sudah Anda buat di dalam polybag.

Keempat, Anda harus menyiram bibit tersebut dua kali dalam sehari yaitu di waktu pagi dan sore. Dengan menjaga kelembaban tanah selaku media tanam dengan cara mencukupi kebutuhan air, maka stroberi akan mudah dan cepat tumbuh. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan perawatan dan pemeliharaan agar tanaman tumbuh subur sesuai keinginan Anda.

Anda bisa melakukan penyulaman yaitu mengganti segera tanaman yang rusak atau tidak tumbuh dengan baik dengan bibit baru. Teknik perampelan juga bisa Anda gunakan agar tanaman Anda tumbuh dengan baik. Caranya adalah dengan memotong tunas atau batang yang tumbuh secara berlebihan.

Dengan penjelasan di atas, menanam pohon stroberi di polybag cukup mudah. Anda cukup memberi perhatian lebih pada perawatan dan pemeliharannya. Anda bisa menambahkan pupuk secara berkala agar tanaman Anda tumbuh subur dan berbuah banyak. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER