Membersihkan Ponsel dari Bakteri atau Virus!

0
188
Membersihkan Ponsel dari Bakteri atau Virus!

Reportasee.com – Membersihkan ponsel dari Bakteri atau Virus! Data dari The Huffington Post menyatakan bahwa sebuah ponsel bisa mengandung lebih dari 30.000 bakteri.

Mengkhawatirkan bukan jumlahnya? Namun perpindahan bakteri saat ponsel beralih tangan atau proses pinjam-meminjam.

Oleh karena itu, menjaga ponsel tetap bersih merupakan hal yang penting. Nah, berikut ini merupakan cara membersihkan ponsel yang benar dan aman, agar ponsel Anda terjaga kebersihannya.

Persiapan

Sebelum membersihkan ponsel, lakukan persiapan bahan dan barang yang dibutuhkan. Anda perlu hati-hati dalam hal ini supaya ponsel tidak hanya bersih tapi juga tetap aman digunakan.

  • Cotton bud atau kapas pembersih telinga.
  • Kain lap dari bahan lembut seperti lap kacamata dan hindari tissue.
  • Air besih untuk minum. Air dari kran masih mengandung residu bahan kimia.
  • Alkohol. Untuk digunakan pada permukaan yang lebih keras.
  • Screen protector. Hanya jika posel belum memiliki ini.

Cara Membersihkan Ponsel

Setelah mempersiapkan bahan dan barang, berikut ini urutan cara membersihkan ponsel;

  1. Pastikan ponsel Anda mati dan lepaskan semua aksesorisnya. Termasuk lepas screen protector pada layar dengan hati-hati.
  2. Bersihkan tombol-tombol di samping dan depan ponsel Anda dangan cotton bud yang sudah diberikan alkohol. Jika ponsel Anda memiliki keyboard, lakukan dengan teliti pada setiap selanya. Gosok dengan lembut dan jangan sampai ada alkohol tersisa.
  3. Bersihkan badan ponsel yang plastik dengan alkohol. Jangan menggosok terlalu keras supaya catnya tidak ikut terkikis. Jika ponsel Anda memiliki baterai lepaskan terbelih dahulu, kemudian bersihkan permukaannya dengan lembut.
  4. Jika terdapat permukaan badan ponsel yang dari besi, bersihkan menggunakan air bersih, akan tetapi gunakan air yang sedikit agar air tersebut tidak masuk ke dalam ponsel.
  5. Gunakan cotton bud yang kering dan bersih untuk mengeringkan bagian dalam ruang baterai pada ponsel Anda.
  6. Gunakan cotton bud yang dicelup air bersih dan gosok memutar untuk membersihkan kamera belakang dan lampu flash. Keringkan sisi lainnya agar air tidak membekas dan masuk ke dalam ponsel.
  7. Sedangkan untuk layar gunakan kain lap lembut. Basahi dengan sedikit air saja, kemudian usapkan sepanjang layar dari satu arah dan lainnya. Jangan menggunakan gerakan memutar karena akan menggores layar.
  8. Setelah pembersihan, biarkan ponsel Anda selama beberapa waktu untuk benar-benar kering. Baru kemudian nyalakan kembali.
  9. Untuk membersihkan casing plastik, gunakan cotton bud dengan alkohol yang sudah dilarutkan dengan air (komposisi 60:40). Kemudian keringkan dahulu casingnya sebelum dipasang kembali.

Cara membersihkan ponsel di atas hanyalah salah satu cara untuk mengurangi jumlah bakteri. Anda bisa menjaga ponsel tetap bersih juga dengan tidak saling meminjam.

Atau anda juga bisa menggosoknya sesekali dengan tisu basah antibakteri. Hindari larutan kimia yang keras seperti pemutih, amonia, aerosol, pelarut, atau produk abrasif karena akan mengikis lapisan dan menodai ponsel Anda. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here