Matahari Terbit dari Utara, BMKG Jelaskan Begini!

Reportasee.com –  Media sosial sempat ramai dengan munculnya video matahari yang terbit dari utara, sempat menjadi buah bibir masyarakat, bahkan ada yang mengaitkannya dengan tanda-tanda hari akhir.

Fenomena Matahari Terbit dari Utara

Dua hari yang lalu video matahari yang terbit di media sosial cukup membuat masyarakat heboh.

Video yang viral dengan durasi waktu 3 menit, 23 detik itu berasal dari unggahan seorang Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binamu Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Guru tersebut sempat merekam dan menggunggahnya di media sosial. Alhasil banyak mendapatkan respon dari Warganet.

Dalam rekaman video, menunjukan bahwa Guru tersebut merasa keheranan atas apa yang terjadi, karena ini merupakan sesuatu yang cukup aneh dan pertama kali melihat fenomena seperti ini.

Berikut Isi dari Rekaman Video Tersebut

“Ada apa sekarang? Ini adalah hari kamis tanggal 17 juni, dimana kami bersama dengan teman-teman Majeneponto menyaksikan langsung dengan mata kepala,” ungkapnya.

Peristiwa yang cukup gempar tersebut memang terjadi pada hari kamis tanggal 17 juni, pada waktu pagi hari.

“Terjadi suatu keanehan, saya anggap ini suatu keanehan karena sebelumnya saya belum pernah melihat dimana yang menjadi kebiasaan matahari, pagi terbit di sebelah timur. Tapi sekarang baru menjelang jam delapan tapi ternyata matahari sudah berada di posisi utara. Tidak biasanya terjadi seperti itu,”  jelas guru tersebut.

Guru tersebut menyaksikan fenomena terbitnya matahari bersama rekan-rekan satu profesinya.

“Sekarang matahari berada di sebelah utara, di pagi, kami bersama teman-teman di Majeneponto berdiri di posisi selatan, dan matahari ada di posisi utara.” Ucapnya.

Munculnya Fenomena Ini Sebagai Tanda Hari Akhir

“Nah ini, ini adalah fakta dan kenyataan ya, dan sekarang ini matahari sudah terbit di sebelah utara,” ujarnya.

Adanya kemunculan matahari yang terbit dari utara, sebagai isyarat akan menuju hari akhir.

“Jadi ini kita sebagai orang beriman, selaku orang muslim dimana kita biasa dengar ada peringatan dari Rasullah SAW, salah satu tanda kiamat adalah matahari terbit dari sebelah barat dan tenggelam di sebelah timur. Saya anggap ini sebagai suatu isyarat bahwa suatu saat matahari akan terbit di sebelah barat, karena sekarang sudah berada di sebelah utara,“ ungkapnya.

Mendapatkan Respon yang Beragam dari Warganet

Rekaman matahari ini menjadi viral, hingga banyak dari warganet yang memberikan respon beragam. Dari respon serius hingga respon candaan.

 “Biasanya emang gitu, menjelang kemarau matahari bergeser agak ke utara, kalau musim hujan berger ke selatan.” (@JK**)

“Itu Gerak Semu Tahunan Matahari. Ada di pelajaran SD kelas 6 semester 2 muatan pelajaran IPA, dan itu terjadi setiap tahunnya.” (@Ja********)

“Lintasan semu matahari memang seperti itu ga selalu di Ekuator, kadang membelok ke utara, dan sebaliknya inilah yang menyebabkan adanya 4 musim di belahan bumi utara dan selatan. Mohon sebelum viral tanya dulu ke ahlinya.” (@Irw**)

Bukan Warganet, jika tidak menimpali dengan respon yang cukup menggelitik

“Subhanallah, Bapak. Makanya dulu kalau pelajaran IPA jangan tidur atau bolos” (Sant**)

“Punya HP baru ya Kong, apa lagi belajar ngeposting ?” (@Pai**)

“Walau mentari terbit di utara, hatika hanya untukmu.” (@TemanD**)

“Pas SD pelajaran gerak semu tahunan matahari, beliau ini sedang  minum cendol di luar kelasnya.” (@Yu**)

“Tanda-tanda kebesaran Allah SWT agar kaum TikTok stop main TikTok.”  (@Hasb**)

Meskipun begitu, tak sedikit pula yang memberikan komentar rasa keprihatinan atas fenomena yang terjadi.

“Ambil hikmahnya semoga kita selalu mendekatkan diri dengan Allah SWT.” (@Riz**)

“Gak papa Pak Guru, perdalam pengetahuan lagi. Semangat!” (@Ar**)

“Ya itu kekuasan Allah, peristiwa itu harusnya pada takut bukan malah kayak menyepelekan!” (@Der**)

“Ya Allah ampuni kami, sudah rapuhkah dunia ini?” (@Susw****)

“Faktanya video ini viral, berarti banyak masyarakat Indonesia yang juga gak tahu. Jadi orang yang tahu ya share Edukasi, jangan meremehkan dan mengolok-olok orang yang ga tahu dong !” (@Ba****)

Ini Penjelasan Ilmiah Matahari yang Terbit dari Utara

Viralnya video rekaman tentang matahari yang terbit di utara, akhirnya membuat BMKG (Badan Metereologi dan Geofisika) memberikan tanggapan atas apa yang terjadi.

Fenomena tersebut bisa terjadi karena adanya Gerakan Semu Matahari atau GSM.

“Penyebab perubahan cuaca, karena adanya musim panas dan musim dingin.” ujar Prakirawan BMKG Wilayawah IV Makassar, Agusmin H.

Sejalan dengan Prakirawan BMKG, Kepala Stasiun Meteorologi Sultan Hasanuddin, Hari Triwibowo ikut bersuara, baginya fenomena itu bukan pertanda buruk.

“Bukan (Pertanda yang buruk) ini biasa terjadi di setiap tahun, akibat perputaran bumi mengelilingi matahari.” Ucapnya.

Beliau mengungkapkan bahwa posisi Jeneponto terletak di Sulawesi pada bagian selatan, yang artinya juga berada pada lintang selatan dari garis Ekuator.

Maka dengan begitu, pada Maret hingga September, matahari akan nampak kelihatan geser ke arah utara, hingga mencapai posisi klimaksnya yaitu bulan Juni dan Juli.

Itulah informasi tentang video rekaman yang sempat viral yakni matahari yang terbit dari utara. Ada hikmah dari berita ini yaitu pastikan ketika Anda mendapatkan fenomena asing, cari tahulah kebenaran dan faktanya terlebih dahulu.