Masa Penjajahan Belanda di Ciamis, Rumah Ini Gudang Senjata

0
1081
Masa Penjajahan Belanda di Ciamis, Rumah Ini Gudang Senjata

Reportasee.com – Pada masa Penjajahan Belanda di Ciamis (Indonesia), bangunan rumah di Dusun Cibungur, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dijadikan gudang senjata. Bangunan ini juga menjadi saksi perjuangan melawan penjajahan Belanda.

Bangunan eks bangunan gudang senjata di wilayah Ciamis ini merupakan tempat peristirahatan dan transit para pejuang TNI (Tentara Nasional Indonesia), saat hijrah atau melakukan perjalanan panjang dari Bandung ke Yogyakarta.

Rahman Phona, keturunan pemilik bangunan, seperti dilansir dari Harapan Rakyat, menuturkan, bangunan tersebut sudah ada sejak masa penjajahan kolonial Belanda.

Baca:   Di Ciamis, Wanita Paruh Baya Tewas Gantung Diri

Menurut Rahman, San`raif sang pemilik atau karuhunnya, bukan merupakan seorang pejuang atau anggota TNI. San`raif sang pemilik hanyalah seorang petani.  

Rahman mengungkapkan, San`raif merupakan warga asli Cisaga. Dia hanyalah seorang petani. Bangunan yang kini dimiliki keluarga San`raif dulu sering dijadikan tempat untuk berkumpul para pejuang.

Selain itu, tempat mereka melepas lelah usai melakukan perjalanan dari Bandung ke Yogyakarta. Termasuk, sebagai gudang atau tempat penyimpanan senjata atau alutsista.

Baca:   Peta dan Sejarah Kabupaten Ciamis

Ketika itu, kata Rahman, sedikitnya ada 100 orang lebih pejuang. Mereka menyebar dan menetap di rumah-rumah warga, di seputaran Cisaga Ciamis.

Dan di lokasi persinggahan itulah, para pejuang menyimpan dan menyembunyikan senjata. ada masa itu, tempat persinggahan ini memiliki keistimewaan, karena tidak bisa dilihat oleh penjajah.

Saat itu, para pejuang sedang berkumpul. Tapi, penjajah Belanda yang melewati kawasan tempat ini tidak bisa melihatnya.

Padahal, kata Rahman, jaraknya hanya 100 meter. Mereka (tentara penjajah) tidak bisa melihat keberadaan para pejuang.

Baca:   BNNK Ciamis Amankan Perempuan Penjual Sabu Asal Tasikmalaya

Selain dijadikan gudang dan tempat persinggahan, Rahman menuturkan, halaman bagian belakang rumah tersebut juga dijadikan arena latihan tembak.

Di lokas itu, para pejuang juga mengibarkan bendera merah putih, saat Indonesia dinyatakan merdeka, 17 Agustus 1945.

Sudah puluhan tahun, eks bangunan gudang senjata ini menjadi saksi perjuangan masa-masa penjajahan Belanda di Ciamis.

Tempat tersebut layak mendapatkan apresiasi sebagai bukti dan saksi sejarah panjang perjuangan Indonesia pada masa penjajahan Belanda. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here