Manfaat Minyak Kayu Putih dalam Dunia Kesehatan

Minyak kayu putih berasal dari pohon eucalyptus yang merupakan pohon cemara asal Australia. Pohon ini tumbuh dengan cepat, jadi tidak heran jika minyak kayu putih pun berlimpah. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat minyak kayu putih yang sudah sangat familiar di masyarakat ini?

Tidak sekadar untuk aroma terapi saja, tapi ada lebih dari itu. Bahkan di Cina, minyak kayu outih sudah masyarakat gunakan untuk pengobatan sejak ribuan tahun lalu. Nah, berikut adalah daftar manfaat memakai minyak kayu putih dalam kehidupan sehari-hari. Anda wajib tahu!

Bersifat Anti Mikroba

Minyak kayu putih berasal dari daun pohon eucalyptus yang disuling. Nah, rumah sakit di Inggris sendiri sudah memakai minyak kayu putih sejak abad ke-19 sebagai pembersih kateter urin karena memiliki sifat anti mikroba.

Hal ini terdukung dengan adanya sebuah penelitian dari Serbia pada 2016 lalu. Juga telah ditemukan adanya reaksi positif antara minyak esensial dan antibiotik yang ada, untuk mengobati infeksi tertentu. Kandungan minyak kayu putih juga mungkin bersifat anti bakteri.

Mengatasi Pilek Dan Masalah Pernapasan Lain

Sudah bukan rahasia lagi jika minyak kayu putih selalu hadir saat Anda atau keluarga lainnya sedang pilek atau mengalami sakit pernapasan lain. Ini karena mencium aroma minyak kayu putih dapat melegakan tenggorokan, hidung yang mampet, dan meredakan gejala flu.

Saat gejala pilek Anda sudah cukup parah, coba obati dengan uang minyak kayu putih. Siapkan air panas dalam ember atau wadah lain, beri beberapa tetes minyak kayu putih, dan hirup uapnya selama beberapa menit. Ini akan mengobati dahak dan mengurangi pilek dan bronkitis.

Obat Insektisida Alami

Tahukah Anda bahwa pada tahun 1948, Amerika Serikat telah mendaftarkan minyak kayu putih sebagai insektisida dan mitisida yang berguna untuk membunuh tungau dan kutu. Begitu juga dengan pengusir nyamuk alami, Anda bisa membuat cairan minyak kayu putih dengan lemon.

Bahkan di India, orang-orang memakai minyak eucalyptus globulus untuk mematikan larva dan lalat di dalam rumah. Ini jelas menjadi referensi penolak lalat alami yang ramah lingkungan.

Pereda Nyeri

Manfaat minyak kayu putih yang berikutnya adalah sebagai pereda nyeri. Ini karena memungkinkan bahwa minyak kayu putih memiliki sifat analgesik. Hal ini sudah terbukti dengan percobaan American Journal of Physical Medicine and Rehabilitation.

Para peneliti mengoleskan Eucalyptamint pada lengan terhadap 10 orang kemudian menyimpulkan bahwa zat tadi bisa menjadi pereda nyeri pada otot atau sendi. Selain itu, Eucalyptamint juga bisa mengobati kesle, memar, dan sakit punggung. Banyak sekali bukan manfaat minyak kayu putih ini?

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di masa sekarang ini, sehat adalah cita-cita bagi semua orang. Tidak heran jika meningkatkan kekebalan tubuh adalah hal yang perlu Anda lakukan sebaik mungkin. Dalam hal ini kekebalan tubuh bisa Anda rangsang, salah satunya dengan menggunakan minyak kayu putih.

Berdasarkan keterangan di laman medicalnewstoday, minyak kayu putih bisa merangsang respons fagositik. Fagositik adalah ketika kekebalan menghancurkan benda asing yang ada dalam tubuh. Meski masih sebatas percobaan pada tikus, tidak menutup kemungkinan hal yang sama terjadi pada manusia.

Sebagai Perawatan Gigi

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa minyak kayu putih memiliki kandungan anti mikroba dan anti bakteri. Hal ini menjadikan alasan kini beberapa obat kumur juga menambahkan minyak kayu putih sebagai bahannya.

Keberadaan minyak kayu putih nantinya akan melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi atau periodontitis. Pun tidak hanya pada produk perawatan gigi saja, minyak kayu putih kini juga ada pada permen karet sehingga meningkatkan kesehatan periodontal.

Menghilangkan Ketombe

Anda punya masalah pada rambut berupa ketombe yang tidak kunjung sembuh padahal sudah mencoba beragam shampo? Mungkin Anda bisa menghilangkannya dengan bantuan minyak kayu putih. Ya, siapa yang sangka jika minyak kayu putih bisa menghilangkan ketombe.

Ini karena dalam minyak kayu putih terkandung anti jamur dan anti septik yang dapat mencegah dan mengobati datangnya ketombe di kepala. Kepala yang sering gatal juga bisa Anda obati dengan minyak kayu putih.

Meredakan Stress

Setelah bekerja seharian atau merawat anak yang sedang aktif-aktifnya, wajar merasakan stres atau sakit kepala yang tidak nyaman pada diri sendiri. Untuk itu, coba tenangkan diri dengan menggunakan minyak esensial berbahan minyak kayu putih.

Minyak kayu putih memiliki aroma yang menenangkan dengan perpaduan mentol yang menyegarkan. Dengan begitu, Anda yang semula stres bisa sedikit lebih rileks dan menyegarkan indra penciuman. Minyak kayu putih adalah aroma terapi yang paling mudah ditemukan.

Itulah sederet manfaat minyak kayu putih yang bisa Anda dapatkan. Apabila yang Anda rasakan hanya sakit ringan, tidak perlu langsung minum obat dan cukup menggunakan minyak sebagai aroma terapi dan oleskan di badan. Namun ingat, jika gejala berlanjut, hubungi dokter.

Ikuti update informasi seputar berita terbaru dari Reportasee.com di Google News!