32 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
BerandaBeritaIni Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

Ini Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

Kapulaga adalah salah satu jenis rempah yang umum digunakan untuk memasak. Dengan sentuhan kapulaga, masakan akan tambah mantap dan umumnya banyak ditemukan di Asia. Namun, tahu kah Anda tentang adanya manfaat kapulaga untuk kesehatan?

Jika dalam masakan kapulaga digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari daging sapi atau bau amis ikan, maka untuk kesehatan kapulaga bisa diandalkan untuk mengurangi kadar kolesterol hingga mencegah sakit kanker. Berikut informasi lengkapnya.

Memiliki Sifat Anti Inflamasi Yang Melindungi Tubuh

Tidak banyak orang tahu bahwa kapulaga memiliki senyawa yang dapat melawan peradangan yang biasanya hadir karena terkena zat asing dari luar. Sesekali tubuh memang perlu mengalami peradangan, tapi jika dalam jangka panjang, ini berbahaya bagi Anda.

Ini karena dalam kapulaga terdapat antioksidan yang kaya dan dapat menyembuhkan dan menghentikan peradangan. Makanya, harga kapulaga di pasaran cukup tinggi mengingat kekayaan gizi antioksidan di dalamnya dan orang menjadikannya obat bagi tubuh.

Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kapulaga untuk kesehatan berikutnya adalah, dapat menurunkan tekanan darah. Dilansir dari healthline.com, penelitian yang menunjukkan bahwa pemberian kapulaga kepada 20 orang dewasa dengan tekanan darah tinggi, dalam 12 minggu mengalami penurunan.

Ini karena adanya antioksidan yang tinggi dalam kapulaga dan ada dukungan fakta bahwa peserta penelitian mengalami peningkatan antioksidan hampir 90%. Juga, peneliti mengatakan bahwa efek diuretik membuat orang buang air kecil dan mengeluarkan racun dalam tubuhnya.

Mengobati Gigi Berlubang Dan Menghilangkan Bau Mulut

Apabila Anda memiliki keluhan pada gigi atau mulut, coba lebih rajin mengonsumsi makanan yang mengandung kapulaga. Ini karena kapulaga memiliki kemampuan melawan bakteri sehingga gigi berlubang dan bau mulut bisa terobati dengan segera.

Bahkan, manfaat kapulaga untuk gigi dan mulut ini sudah cukup terkenal di zaman dulu. Orang-orang akan mengunyah satu buah kapulaga demi nafas harum. Untuk itu, produsen permen karet Wrigley menambahkan kapulaga ke dalam salah satu bahannya.

Mengurangi Masalah Pada Pencernaan

Pada zaman dulu, kapulaga tidak hanya untuk memasak saja, tapi juga menjadi campuran pada makanan bagi penderita mual dan muntah. Manfaat kapulaga untuk kesehatan ini bahkan sudah ada penelitiannya. Tentu ini membuat pendapat ini semakin kuat.

Hasilnya, dosis 12,5 mg kapulaga lebih efektif daripada obat maag. Penelitian mengenai manfaat kapulaga untuk pencernaan ini malah yang lebih banyak diteliti daripada lainnya.

Tidak sampai di situ, ada banyak anggapan juga bahwa kapulaga bisa mengobati bisul. Jadi, manfaatnya memang sangat banyak terkait hal ini.

Baca:  Tips Beli Laptop Bekas Untuk Dapatkan Produk Terbaik

Mengobati Infeksi Dan Memiliki Efek Antibakteri

Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa kapulaga memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi dan memiliki efek antibakteri. Tidak hanya yang terjadi di mulut saja, tapi juga di bagian tubuh lainnya. Hal ini terdukung oleh penelitian tabung yang sudah terbukti.

Baca:  Cara Mengatasi Gangguan Kehamilan yang Aman

Terutama oleh minyak esensial yang ada pada kapulaga. Minyak ini dapat melawan berbagai bakteri yang umum ada di sekitar Anda, termasuk bakteri Salmonella yang menjadi penyebab keracunan dan bakteri Campylobacter penyebab radang perut.

Melancarkan Pernapasan

Apabila Anda atau teman terdekat kerap mengalami sesak napas, coba sarankan untuk menggunakan minyak yang terkandung dalam kapulaga sebagai aroma terapi. Senyawa kapulaga dapat meningkatkan aliran udara menuju paru-paru, sehingga lebih lega dan lancar.

Salah satu studi menunjukkan bahwa sekelompok peserta yang mencium aroma minyak kapulaga selama satu menit, serapan oksigennya mengalami peningkatan secara signifikan. Orang dengan penyakit asma, bisa menggunakan minyak kapulaga sebagai obat.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Meski penelitian mengenai turunnya kadar gula darah ini baru sebatas kepada tikus, tidak menutup kemungkinan bahwa kapulaga pun bisa mengurangi gula darah pada manusia. Hasilnya, tikus yang diberi bubuk kapulaga gula darahnya tidak gampang naik.

Selain itu, telah ada penelitian terhadap 200 orang dengan kondisi kadar gula darah tinggi untuk mengonsumsi campuran antara teh campur kapulaga, kayu manis, dan jahe dan menariknya, kayu manis lah yang memancing gula dari jadi naik, bukan kapulaganya.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan belum ada obatnya. Untuk itu, Anda bisa menambahkan lebih banyak kapulaga di dalam masakan sebagai salah satu usaha mengurangi risiko terkena kanker. Penelitian ini sudah terbukti kepada tikus.

Ini karena adanya senyawa khusus yang ada pada kapulaga sehingga sel-sel kanker dalan tubuh berhenti bekerja. Penelitian ini memang masih sebatas pada tikus dan dalam penelitian tabung, tapi apa salahnya untuk mencoba dan buktikan sendiri pada diri Anda?

Setelah membaca manfaat kapulaga untuk kesehatan di atas, semoga Anda lebih percaya diri untuk mengonsumsi makanan sehat termasuk rempah yang baik untuk tubuh. Rempah tak hanya sebagai bumbu, tapi seperti kapulaga, juga sebagai peningkat kesehatan.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer