adplus-dvertising
32 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBeritaManfaat Daun Kelor Untuk Lambung

Manfaat Daun Kelor Untuk Lambung

ReportaseeDKI.com Manfaat daun kelor untuk lambung bisa kamu dapatkan karena kandungannya di dalamnya mampu mengatasi asam lambung.

Daun kelor merupakan jenis tumbuhan yang khasiatnya mampu mengatasi masalah pencernaan dan gangguan asam lambung. Kandungan yang terdapat pada tumbuhan ini bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Kelor memiliki beberapa kandungan seperti  Vitamin A, Vitamin C (asam Askorbat), vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B-6 folat, besi, kalsium, kalium, magnesium,serta fosfor seng.

Tumbuhan ini juga memiliki sifat antivirus, antidepresan, serta ant-inflamasi. Daun Kelor bermanfaat bagi kecantikan, kesehatan hingga menyembuhkan dan mencegah penyakit.

Ukuran daunnya yang kecil ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat dari daun kelor dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan mampu mencegah kanker.

Selain itu, manfaat lainnya dari daun ini yakni  mengatasi asam lambung. Ekstrak di dalam daun kelor dapat mengobati beberapa gangguan pada lambung, seperti sembelit, gastritis, serta kolitis ulserativa.

Daun kelor bersifat antibiotik dan antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan dari berbagai pathogen di dalam tubuh.

Manfaat Daun Kelor Atasi Asam Lambung

Asam lambung merupakan masalah yang sering kambuh pada beberapa orang akibat dari kebiasaan mengonsumsi makanan yang asam atau pedas.

Masalah yang umum terjadi dari asam lambung yaitu berupa maag atau tukak lambung. Gangguan tersebut dapat terjadi akibat ketidakseimbangan antara cairan asam di lambung dan usus kecil yang ada di pencernaan.

Saat mengidap asam lambung, seseorang akan merasakan sensasi terbakar atau nyeri di bagian dada dan perut, refluks asam atau bersendawa, perut kembung, hingga mual dan muntah.

Untuk mengantisipasi gejala semakin parah, penderita harus melakukan pengobatan lebih lanjut. Dalam pengobatannya bisa dengan minum obat antasida atau pun mengonsumsi makanan pencegah gangguan lambung seperti daun kelor.

Faktanya, daun kelor biasa sebagai obat mengatasi gangguan saluran pencernaan, seperti masalah asam lambung.

Kandungannya yang akan dan flavonoid, yakni antioksidan nabati yang dapat menyembuhkan peradangan, dan mengatasi masalah maag. Bahkan, daun ini juga mampu meningkatkan kesehatan pada tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari Halodoc, berikut ini manfaat daun kelor dalam mengatasi gangguan asam lambung:

Kaya Antioksidan dan Antiinflamasi

Daun kelor memiliki beberapa kandungan zat antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan asam askorbat. Zat antioksidan tersebut bermanfaat untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang masuk di dalam sel, termasuk penyebab dari asam lambung.

Selain itu, tumbuhan ini juga dapat menekan zat enzim inflamasi yang dapat mengurangi risiko refluks asam muncul.

Melawan Bakteri H.Pylori

Ada sebuah penelitian menyatakan bahwa daun kelor ternyata efektif dalam meredakan gejala serta meningkatkan prognosis pada seseorang yang mengalami gangguan asam lambung.

Kandungan pada daun ini berfungsi untuk mengurangi peradangan akibat adanya penumpukan bakteri Helicobacter pylori dan meningkatkannya resistensi tubuh.

Daun kelor juga terbukti dapat menghilangkan radikal bebas serta meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Membunuh Cacing Usus

Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin tenyata dapat membunuh cacing usus yang merugikan. Konsumsi daun ini akan mengurangi risiko terjadinya gangguan pada pencernaan, terutama pada masalah asam lambung.

Menurunkan Obesitas

Manfaat lainny dari daun kelor yakni menurunkan kadar gula darah, glukosa, kolesterol, dan mengurangi risiko tingkat obesitas yang menjadi penyebab asam lambung naik.

Setelah mengetahui manfaatnya, bagaimana cara mengolah daun kelor untuk kita konsumsi?

Daun kelor dapat kamu olah dengan berbagai cara. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara meminum airnya atau sebagai santapan sayur setelah kamu mengalami asam lambung.

Selain itu, kamu juga bisa mengunyah daun kelor secara langsung atau menghancurkannya menjadi bubuk dan meminumnya dengan campuran segelas air hangat.

Bahkan saat ini, tak sedikit orang memanfaatkan daun kelor sebagai masakan sayur bening. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai menu makanan sehari-hari.

Jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa membeli suplemen dari ekstrak daun ini. Meski demikian, sebaiknya kamu tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Itulah beberapa manfaat dari daun kelor untuk mengatasi gangguan asam lambung. Jika kamu ingin mengobati asam lambung dengan daun ini, kamu perlu konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan resep dan anjuran yang tepat.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER