Manfaat Buah Durian Bagi Kesuburan Para Wanita

Manfaat Buah Durian
Ilustrasi Manfaat Buah Durian (foto: bukalapak)

Reportasee.com – Manfaat buah durian bagi kesehatan ternyata mampu meningkatkan kesuburan wanita. Hal itu karena buah ini mengandung hormon estrogen yang terbilang tinggi.

Selain rasanya yang memang lezat, dengan mengonsumsi buah durian juga mampu memberikan efek positif bagi kesuburan seseorang.

Buah durian tumbuh dan berkembang secara luas di wilayah Asia Tenggara. Ciri yang khas pada buah ini memiliki kulit yang berduri dan keras. Namun, buah yang terdapat di dalamnya terasa sangat manis dan lembut.

Buah-buahan ini cukup banyak penggemarnya di beberapa negara. Ada yang sangat menyukai buah sang satu ini, namun tak sedikit juga orang yang membencinya.

Rasa maupun aroma dari buah durian yang begitu kuat menjadi faktor penyebab timbulnya pro dan kontra bagi penggemar dan pembencinya.

Selama ini durian memang terkenal sebagai rajanya dari buah-buahan. Tanpa kita sadari, buah durian memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Meski aromanya kuat dan menyengat, ternyata durian ini juga kaya manfaat untuk kesuburan wanita.

Nah, berikut ini ada beberapa informasi mengenai manfaat buah durian yang sangat baik untuk kesehatan serta mampu meningkatkan kesuburan bagi wanita.

5 Manfaat Sehat Buah Durian untuk Kesuburan Wanita

Khasiat dari buah durian dalam meningkatkan kesuburan wanita mungkin terdengar seperti mitos belaka. Faktanya, anggapan tersebut bukan hanya sekedar mitos karena memang ada bukti penelitiannya.

Ada beragam nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh jika Anda mengonsumsi buah durian ini. Sebagai buah dengan julukan King of Fruits ini, memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kesuburan bagi para wanita.

Mengandung Estrogen

Menurut Dr. K. Francis sebagai kepala Departemen Botani Bharathiar University, India menjelaskan bahwa hormon estrogen terdapat dalam kandungan buah durian.

Dalam tubuh manusia sendiri memang memproduksi hormon estrogen secara alami. Namun, umumnya jumlah hormon estrogen pada wanita tak subur biasanya sedikit.

Maka dari itu, kandungan hormon estrogen yang tinggi pada buah durian bisa menjadi cara alami untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Mengobati PCOS

Manfaat buah durian lainnya untuk tingkatkan kesuburan wanita, yang mana  gangguan Polycystic Ovarian Syndrome atau PCOS dapat menimbulkan masalah bagi kesuburan wanita.

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS dapat terjadi pada wanita yang memiliki hormone androgen lebih banyak dari yang semestinya.

Pada umumnya, wanita yang mengalami kondisi ini memiliki hirsutism, yakni pertumbuhan rambut secara berlebih pada wajah dan tubuh.

Akibat kondisi tersebut, penderita cenderung memiliki wajah yang berminyak sehingga mudah sekali berjerawat dan kenaikan pada berat badan.

Jika segera teratasi, kondisi tersebut rentan memicu timbulnya resistensi insulin yang dapat menyebabkan ketidaksuburan dan diabetes.

Selain muncul akibat sindrom metabolisme, daya tahan tubuh seseorang terhadap insulin juga menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya PCOS.

Baca:  Sejarah Idul Adha yang Dirayakan Muslim Sejak Zaman Dulu

Kondisi PCOS ini juga bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan kesulitan untuk hamil.

Pada buah durian, di dalamnya terdapat kandungan anti radang, kandungan anti kegemukan, dan anti hiperglikemik. Kandungan buah durian tersebut mampu mengatasi dan mengobati PCOS secara efektif.

Meski demikian, kandungan dalam buah durian masih dalam tahap peninjauan mengena mekanismenya untuk meningkatkan kesuburan wanita dan atasi PCOS.

Bisa Jadi Perangsang Alami

Khasiat dari buah durian ternyata juga bisa menjadi perangsang alami yang ampuh. Jika Anda mengonsumsi durian ini secara rutin, maka mampu meningkatkan gairah.

Tak hanya itu saja, manfaat buah durian juga dapat meningkatkan produksi sperma serta kesuburan bagi para pria.

Menjaga Berat Badan

Manfaat selanjutnya dari buah durian bagi kesuburan pada wanita yakni dapat mengurangi risiko terjadinya kegemukan.

Durian ini mampu atasi masalah berat badan yang tak sehat. Khususnya pada wanita yang sedang dalam masa kehamilannya.

 Karena itu, manfaat buah durian ini bisa membantu menurunkan berat badan Anda. Nah, bagaimana caranya?

Pada hormon estrogen ternyata bukan hanya berasal dari indung telur, tetapi juga beberapa jaringan adipose atau sel lemak.

Jika Anda memiliki berat badan ideal atau normal, maka produksi estrogen Anda akan normal pula. Namun jika Anda alami berat badan berlebih, produksi estrogen pun ikut terganggu.

Tak hanya berat badan berlebih, badan yang kurus juga dapat menghambat produksi estrogen.

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah durian bisa mengurangi risiko berat badan yang tidak sehat.

Kandungan serat tinggi pada buah durian memiliki komposisi yang lengkap berupa air dan mineral. Nutrisi tersebut akan membantu dalam menjaga berat badan tetap idel dan bisa terkendali.

Selain itu, lemak yang terkandung di dalam durian juga termasuk lemak sehat. Apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam porsi atau jumlah yang pas dan tepat.

Mengatasi Anemia

Produksi sel darah dalam tubuh manusia bisa menurun akibat adanya anemia. Nutrisi asam folat yang terkandung pada buah durian sangat tinggi, sehingga bisa membantu atasi masalah anemia.

Karena asam folat ini merupakan komponen esensial yang penting dalam memproduksi sel darah merah.

Selain asam folat, manfaat untuk mengatasi anemia karena berkat kandungan zat besi serta tembaga yang ada di dalamnya. Kedua zat baik tersebut akan sangat penting berperan dalam proses produksi sel darah merah.

Itulah beragam manfaat buah durian untuk kesehatan dan kesuburan wanita maupun pria. Meski manfaatnya banyak, konsumsi buah durian secara berlebih juga akan menimbulkan masalah lain.

Jadi, sebaiknya konsumsi buah dalam porsi atau jumlah yang cukup dan tepat agar bisa memperoleh manfaatnya untuk kesehatan tubuh.