Malam Lailatul Qadar 2021 Istimewa Bulan Ramadhan

Berita Viral

Reportasee.com – Malam Lailatul Qadar 2021 terjadi di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Malam ini merupakan momen penting bagi umat muslim dalam mengejar pahala berlipat.

Sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan biasanya umat muslim berdiam diri di rumah mereka. Berdasarkan perintah nabi Muhammad SAW di malam ini kan ada 1 hari penting. Akan tetapi siapapun tidak mengetahui hari pasti di malam terakhir tersebut. Sehingga umat muslim harus berlomba-lomba mendapatkannya di saat tepat.

Di malam Lailatul Qadar 2021 satu amalan yang kita kerjakan lebih baik dari 1000 malam lamanya. Umat muslim kita bisa meniru atau mencontoh nabi Muhammad. Malam seperti ini banyak umat muslim nantikan. Sebab belum tentu di bulan Ramadan selanjutnya mereka bisa berjumpa lagi.

Pengertian Malam Lailatul Qadar 2021

Pendapat dari arti malam Lailatul Qadar 2021. Lailatul qadar merupakan malam yang memperingati peristiwa bersejarah di agama Islam. saat itu pertama kali malaikat Jibril menyampaikan kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Kala momen tersebut berlangsung malaikat Jibril menyampaikan ayat dari surah di Al-quran. adapun surat tersebut adalah ayat pertama dari surah Al alaq dari 1-5. Dari peristiwa inilah maka kita kenal lailatul qadar lebih baik dari seribu malam.

Sebab menjadi saat wahyu pertama Allah turun kepada Rasulullah. Dalam tradisi agama Islam nabi Muhammad mendapat Wahyu berupa ayat Alquran setelah pengasingan atau perenungan dirinya.

Selain berupa peringatan turunnya wahyu Alquran dari Allah malam Lailatul Qadar 2010 1 jika memiliki makna lain. Yaitu masa dimana turunnya malaikat ke bumi dengan membawa tugas. Adapun tugas tersebut berguna memberikan keberkahan kedamaian serta bimbingan ilahi kepada umat Islam hingga subuh tiba.

Sehingga kesejahteraan meliputi umat Islam diseluruh malam itu hingga fajar tiba. Menurut bahasa lailatul qadar berarti malam ketetapan. Pengertian mengenai keistimewaan malam terakhir di bulan Ramadan ini bisa anda dapati pada surah di Alquran. surat tersebut adalah AlQuran merupakan surat ke 97 di kitab suci Alquran.

Arti lain dari malam Lailatul Qadar 2021 berupa saat pelimpahan keutamaan. Di mana keutamaan tersebut sudah Allah janjikan untuk umat Islam yang menginginkan memperoleh bagian darinya.

Keutamaan ini berapa nilai lailatul qadar sendiri lebih baik dari seribu malam.

Kapan Terjadinya Malam Lailatul Qadar?

Menjadi momen yang umat Islam nanti kan pasti mereka menunggu kedatangan malam Lailatul Qadar 2021. Banyak diantara mereka bertanya-tanya kapan tempat terjadinya sehingga bisa mendapatkan keutamaan tersebut.

Sayangnya untuk waktu pasti kehadiran lailatul Qadar tidak ada orang mengetahui. Secara garis besar maka tersebut berlangsung di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Pendapat bahwa malam Lailatul Qadar 10 hari terakhir di bulan romadhon berdasarkan hadis dari Aisyah. Ucapan tersebut berkata Rasulullah beritikaf di malam malam terakhir bulan Ramadan tepatnya 10 hari. Kemudian beliau bersabda carilah di malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan Lailatul Qadar.

Sudah bukan rahasia umum jika perwujudan Lailatul Qadar oleh Allah di malam ganjil. Akan tetapi karena umat Islam memiliki tanggal perbedaan terhadap awal puasa maka akan berbeda pelaksanaannya.

Karena itulah jika umat Islam menghendaki malam tersebut hendaknya mencari di setiap hari. Sehingga di malam malam terakhir bulan Ramadhan sebaiknya muslimin dan muslimah memperkuat ibadah mereka. Lantaran kita tidak mengetahui tepat terjadinya, alangkah baiknya tidak menyia-nyiakan malam terakhir.

Tanda Terjadinya Malam Lailatul Qadar

Kendati tidak tahu pasti terjadinya malam Lailatul Qadar 2021, umat Islam dapat melaksanakannya berdasarkan ciri kehadirannya. Terdapat berbagai riwayat sudah menjelaskan hadis rasulullah bahwa terjadinya lailatul Qadar di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Mengenai kepastian terjadinya memang belum terdapat penjelasan. Akan tetapi para ulama mempunyai 1 pendapat akan gambaran kehadirannya.

Gambaran datangnya malam Lailatul Qadar 2021 terdapat beberapa tanggal. Antara lain kalau Ramadan pertama berada di hari minggu atau Rabu, lailatul qadar akan ada di tanggal 29. Gambaran lainnya lailatul qadar akan ada di malam ke-21 jika awal Ramadhan di hari Senin.

Selanjutnya jika Ramadhan bermula di hari Selasa maupun Jumat, malam ke-27 menjadi momen Lailatul Qadar. Kemudian malam 25 menjadi lailatul Qadar jika Ramadhan pertama di hari Kamis.

Kalau Ramadan pertama di hari Sabtu malam 23 menjadi momen lailatul Qadar hadir. Tetapi sesungguhnya tidak ada penjelasan dari agama Islam secara tegas akan indikator terjadinya malam tersebut.

 Meskipun begitu gambaran yang sudah ada selanjutnya tentang lailatul qadar terdapat penjelasan secara ilmiah. Hal ini mengartikan turunnya lailatul qadar juga ditandai dengan kondisi alam

Terdapat kondisi alam yang menjadi pertanda munculnya malam Lailatul Qadar 2021. Biasanya bertanda cuaca di saat pagi hari maupun malam datang.

Saat malam Lailatul Qadar hadir umumnya baik di pagi atau malam hari terasa sangat tenang. Tak hanya itu udara di sekitar cukup segar. Selain itu cuaca di pagi hari cukup cerah namun tidak panas. kondisi alam ini bisa menjadi tanda-tanda turunnya Lailatul Qadar.

Adapun gambaran tersebut hanyalah berupa pendapat. Untuk pastinya kapan malam Lailatul Qadar 2021,  alangkah baiknya mulai menyongsong di malam-malam ganjil. Sebab tidak ada yang tahu kapan pastinya turun malam Lailatul Qadar. Serta ini merupakan rahasia Allah subhanahu wa ta’ala.

Amalan Sebagai Penyambutan Malam Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan sudah hampir mencapai akhirnya. Hal ini berarti umat Islam sebentar lagi berpisah dengan bulan suci tersebut. Di mana malam terakhir bulan Ramadan biasanya umat muslim menyambut datangnya malam Lailatul Qadar 2021.

Tujuannya agar umat Islam senantiasa mendapatkan pahala berlipat selain dari ibadah puasa. Karena di malam ini akan banyak berkah serta pahala jika umat muslim selalu melaksanakan ibadah dan memperbanyak amal sholeh.

Ada doa yang mana untuk malam Lailatul Qadar. Doa tersebut akan memberikan keberkahan kepada siapa saja bagi umat yang menjalankannya. Amalan yang bisa umat Islam kerjakan saat malam Lailatul Qadar terdapat beberapa jenis.

Bentuk ibadah pertama bisa bermula dari membaca Alquran. Di bulan romadhon pahala dalam membaca al-quran terhitung perkata. Terlebih jika anda membacanya kalau malam Lailatul Qadar 2021 bisa mendatangkan lebih banyak pahala.

Bukan sekedar membaca saja pak Hamid tafsir surah di dalam Alquran khususnya al Qodar. Ibadah yang bisa anda laksanakan selanjutnya adalah salat malam. Lailatul Qadar berarti kemuliaan lebih dari 1000 bulan. Untuk itulah giatkan ibadah Anda khususnya salat setelah tarawih dan berlanjut tadarusan.

Bangunlah di tengah malam untuk mendirikan salat. Fokuskan diri anda untuk beribadah guna mendekatkan kepada Allah. Kemudian umat Islam bisa memperbanyak doa mereka di sepanjang waktu.

Komunikasi antara umat dengan Allah bisa melalui doa. Berharaplah diri Anda mendapatkan keberkahan dari malam Lailatul Qadar 2021. Tak lupa memohon ampunan kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Berita Terbaru