32 C
Indonesia
Rabu, Agustus 4, 2021
BerandaBeritaMengenal 10 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Mengenal 10 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Vitamin  D merupakan vitamin yang penting bagi tubuh manusia karena dapat membantu pembentukan tulang, gigi, dan sangat di perlukan untuk kesehatan jantung, otak dan otot manusia.  Untuk memenuhi kebutuhan terhadapnya, ada beberapa makanan yang mengandung vitamin D yang bisa Anda konsumsi.

Selain dari makanan, vitamin juga D bisa didapatkan melalui sinar matahari langsung pada jam tertentu. Namun, banyak orang yang masih kekurangan vitamin D karena tubuh tidak mendapat sinar matahari yang cukup. Jika ingin memenuhinya, Anda bisa mulai mengkonsumsi beberapa makanan berikut.

Kuning Telur Ayam

Kuning telur ayam memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi yaitu 37 IU Vitamin D. Tinggi rendahnya vitamin D pada kuning telur ayam  tergantung dengan pakan dan cara pemeliharaannya.

Semakin tingggi kandungan Vitamin D pada kuning telur ayam, artinya pakan ayam yang di berikan memiliki lebih banyak mengandung vitamin D. Biasanya, pemeliharaan ayam tersebut juga banyak dilakukan di bawah sinar matahari.

Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang biasa dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Kandungan nutrisi didalam susu kedelai pun tidak kalah dengan kandungan nutrisi pada susu sapi.

Pada susu kedelai juga terdapat kandungan seperti kalsium dan Vitamin D yang baik bagi pertumbuhan. Perbedaannya dengan susu sapi adalah, susu kedelai tidak mengandung laktosa sehingga aman di konsumsi bagi yang alergi dengan susu sapi.

Hati Sapi

Hati sapi merupakan sumber protein yang tinggi bagi manusia karena lebih dari seperempat hati sapi terdiri dari protein. Selain protein, hati sapi juga mengandung vitamin B-6,  vitamin B-12, ribovlavin, tanin dan juga vitamin D.

Dalam 3 ons hati sapi terkandung 42 UI vitamin D. Karena itulah, hati sapi dapat digunakan sebagai makanan penambah vitamin D.

Ikan  Salmon

Kandungan Vitamin D pada ikan salmon sangat tinggi, yaitu dalam 100gram  ikam salmon megandung 988 IU vitamin D. Kandungan lainnya yang terdapat pada ikaln salmon yang tinggi yaitu protein dan omega 3, sehingga sangat baik bagi kesehatan manusia.

Daging ikan salmon baik di konsumsi manusia karena dapat mengurangi resiko dari penyakit kronis. Ikan salmon juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui.

Sarden

Selain ikan salmon, ikan sarden juga merupakan ikan yang memiliki kandungan vitamin D yang tinggi meskipun tidak setinggi kandungan vitamin D pada ikan salmon. Kandungan vitamin D pada ikan sarden satu kaleng yaitu 177 IU vitamin D.

Baca:  Cara Mencegah dan Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Kandungan lainnya pada ikan sarden yaitu protein dan kalsium. Protein dan kalsiun pada ikan sarden ini dapat membantu menguatkan tulang dan gigi yang sehat.

Tahu dan Tempe

Tahu dan tempe merupakan olahan berbahan dasar kedelai yang menjadi makanan khas bagi masyarakat indonesia. Keduanya tergolong sebagai makanan yang sehat karena banyaknya kandungan protein dan lemak di dalamnya.

Baca:  Spesifikasi dan Review Xiaomi Mi 11 Lite 5G

Selain itu, makanan ini juga mengandung vitamin D yang terkandung  didalamnya. Dalam  100 gram tahu maupun tempe dapat memenuhi kebutuhan vitamin D 26% pada tubuh.

Keju

Keju merupakan makanan berbahan dasar susu yang di fermentasikan dengan waktu yang cukup lama. Terdapat berbagai macam jenis keju, dan salah satunya adalah keju cheedar  yang biasa di campurkan dengan olahan makanan.

Kandungan vitamin D pada keju cheedar yaitu 24 IU vitamin D per 100 gram keju.  Selain kandungan tersebut, keju juga banyak mengandung kalsum yang baik bagi tulang manusia.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan olahan berbahan dasar gandum yang baik di konsumsi bagi seseorang yang melakukan program diet, karena kalorinya yang rendah.

Ini juga merupakan makanan yang mengandung vitamin D  yang tergolong tinggi. Vitamin D yang terkandung dalam oatmeal yaitu 54-136 IU vitamin D dalam setengah cangkir (78 gram) oatmeal.

Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan minuman yang juga banyak mengandung vitaminD dan kalsium selain susu sehingga dapat digunakan sebagai pengganti susu. Dalam satu cangkir jus jeruk yang telah di proses (237ml) dapat mengandung 100 IU vitamin D atau dapat memenuhi 12% kebutuhan vitamin D harian.

Jamur

Bagi seseorang yang vegetarian, jamur merupakan makanan pengganti daging yang juga merupakan makanan yang mengandung vitamin D tinggi. Vitamin D yang terdapat pada jamur yaitu Vitamin D2 dan vitamin D3.

Kandungan vitamin D pada jamur budidaya dan jamur liar sangat berbeda, dan lebih banyak pada jamur liar. Pada jamur liar vitamin D yang terkandung mencapai 2300 IU per 3,5 ons jamur, sedangkan pada jamur hasil budidaya jauh lebih sedikit.

Namun, ada juga yang tergolong tinggi. Jamur maitake merupakan jamur  yang dapat di budidayakan dan masih memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi yaitu 50 gram jamur bisa mencukupi 94% kebutuhan vitamin D manusia.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer