Makanan Pengganti Nasi ini Baik Dikonsumsi

0
554
Beberapa Makanan Pokok Pengganti Nasi Yang Baik Dikonsumsi

Reportasee.com – Makanan pengganti nasi ini baik dikonsumsi. Tak bisa dipungkiri jika nasi merupakan makanan pokok bagi sebagaian besar penduduk di Indonesia.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, mengkonsumsi nasi ini harus dikurangi. Pasalnya kandungan lemak pada nasi bisa menaikkan berat badan.

Namun jangan sedih dulu, karena ada beberapa makanan pengganti nasi yang baik dikonsumsi.

Jagung

Salah satu alternatif terbaik yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi yaitu jagung. Jagung sendiri juga kerap disebut sebagai makanan pokok kedua setelah nasi.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada jagung pun tidak kalah dari nasi. Jagung segar, ternyata memiliki kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh.

Diantaranya sepert zat besi, fosfor, serta vitamin. Selain itu juga mengandung kalium yang baik untuk menurunkan kadar kolestrol.

Pisang

Makanan pengganti nasi yang baik dikonsumsi lainnya yaitu pisang. Selain memiliki rasa manis dan menjadi buah pilihan banyak orang.

Pisang ternyata juga kaya akan kandungan karbohidrat. Kandungan nutrisi yang yang terdapat pada pisang ini sangat banyak sekali.

Diantaranya yaitu kandungan kalium yang dinilai baik untuk kesehatan jantung dan juga efektif menurunkan tekanan darah.

Selain itu, pisang mengandung vitamin C serta vitamin B6. Jadi, meskipun Anda mengurangi konsumsi nasi, Anda akan tetap mendapatkan nutrisi dari konsumsi pisang.

Singkong

Ternyata jenis umbi-umbian yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi serta bisa menjadi alternatif makanan pokok pengganti nasi terbaik.

Kadar karbohidrat yang terkandung pada singkong pun juga  dinilai cukup tinggi.

Nah, bagi Anda yang sedang diet mengkonsumsi singkong juga bisa menjadi solusi terbaik.

Pasalnya singkong tidak mengandung kolesterol maupun lemak. Jadi bisa mendukung sekali program diet yang Anda lakukan.

Singkong pun juga dapat disajikan dengan olahan yang bervariasi, misalnya bisa dengan digoreng, dibakar, direbus atau juga melalui nasi singkong. Jadi, Anda pun tidak mudah bosan.

Kacang Merah

Makanan pengganti nasi selanjutnya adalah kacang merah. Kacang merah juga bisa solusi makanan yang tak kalah nutrisinya dari nasi.

Makanan ini sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Selain itu, kacang merah juga sangat kaya akan kandungan protein. Makanan ini juga dipercaya efektif untuk mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

Seperti terjadinya risiko kanker usus besar serta dapat membantu menurunkan kadar gula pada tubuh. Hal ini karena kacang merah kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Sagu

Makanan pengganti nasi yang baik dikonsumsi berikutnya yaitu sagu. Makanan yang diketahui sebagai makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua ini memang kaya akan nutrisi.

Salah satu nutrisi dari makanan yang diolah menjadi papeda ini yaitu baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Hal ini disebabkan karena kandungan glikemik pada sagu terbilang rendah sehingga baik bagi penderita diabetes. ***

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here