Makanan Khas Bangka Belitung Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

0
293
makanan khas bangka

Bangka belitung sebuah daerah di indonesia yang ketika mendengarnya pasti merasa tidak asing lagi. Tapi taukah Anda apa saja makanan khas Bangka Belitung biasanya didominasi makanan laut hal ini dikarnakan lokasi dari Bangka Belitung sendiri yang dekat dengan lautan berikut daftarnya.

Lempah Kuning

Makanan yang menjadi  cagar budaya nasional berikut ini adalah menu khas bangka belitung yang terbuat dari olahan ikan kakap dan tengiri. Bagian dari ikan tengiri yang biasa diambil adalah kepala  dan ekor dari ikan  tersebut. Ikan tersebut kemudian diberi  bumbu kuah kuning yang terbuat dari bahan bahan rempah rempah yang meliputi kunyit, cabai dan lain – lain.

Baca:   Kopi Indonesia Mendunia, Ini Diantaranya!

Mie Belitung

Makanan khas bangka belitung berikutnya adalah mie belitung. Sesuai dengan namanya, mie ini berasal dari kepulauan Belitung. Bagi Anda yang pertama kali menginjakan kaki di Bangka Belitung, Anda wajib mencoba makanan ini. Selain karena faktor nama Belitung yang membuat mie ini menjadi legendaris tentu adalah komposisi mie belitung sendiri yang sangat beragam.

Baca:   Jajanan Gulung Khas Indonesia Serba Nikmat

Brego

Mungkin bagi Anda yang baru mendengar nama ini pasti sedikit aneh bukan. Makanan khas bangka belitung ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu. Bentuk dari makanan ini sendiri hampir  menyerupai lontong namun beda bahan pembuatan namun pada dasarnya penyajian dari makanan ini sangat mirip dengan lontong pada umumnya.

Lakse

Berikutnya ada lakse yang memiliki bentuk menyerupai mie atau sepageti, makanan ini sendiri pertama kali dibuat oleh  masyarakat melayu belitung. Dengan berkembangnya zaman makanan inipun juga dikembangkan oleh masyarakat Tionghoa di Bangka Belitung.

Baca:   3 Rekomendasi Wisata Kuliner di Kalimantan Timur

Mie Ayam Bangka Belitung

Kalau mendengar nama mie ayam pasti Anda sudah sering menikmatinya. Namun jika mie ayam bangka mungkin tak sesering mie ayam pada umumnya. Sekilas mie ayam bangka tidak berbeda dengan mie ayam pada umumnya namun yang membedakanya adalah rasa dari mie ayam bangka itu sendiri yang khas.

Jika berkunjung ke Banga Belitung, salah satu atau beberapa makanan yang sudah disebutkan bisa Anda coba. Pastikan memilih yang citarasanya khas dan membuat ketagihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here