26 C
Indonesia
Tuesday, January 21, 2020
No menu items!

Kunjungan Wisman ke Jawa Timur Alami Penurunan

Wajib Baca

Hewan Laut Termahal di Dunia?

Reportasee.com - Hewan Laut Termahal di Dunia? Di dunia ini banyak sekali hewan-hewan yang hidup dan menjadi...

Tanda Tubuh Kekurangan Sayuran ini Mungkin Sering Anda Alami

Reportasee.com - Tanda Tubuh Kekurangan Sayuran ini Mungkin Sering Anda alami. Seperti yang kita ketahui, mengkonsumi sayuran...

Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Tidak Busuk

Reportasee.com - Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Tidak Busuk. Semua orang pastinya sudah tahu bahwa bawang merah...

Sejak awal Mei 2019 lalu, angka kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa Timur yang masuk melalui Bandara Juanda Surabaya, mengalami penurunan. Penurunannya diperkirakan mencapai angka 21,60 persen.  

Dilansir dari Rebuplika, Selasa, (02/07/2019), menyebutkan, bulan-bulan sebelumnya angka kunjungan Wisman ke Jawa Timur mencapai 18.652. Jumlah kunjungan itu menurun menjadi 14.609 wisman atau menurun sekitar 21,60 persen.

Pada Bulan Mei 2018, total kunjungan Wisman yang melancong ke Jawa Timur tercatat sebanyak 24.420 wisatawan. Penurunan tersebut mencapai 40,18 persen.

Kepala Badan Pusat Statistika (BPS) Surabaya, Jawa Timur, Teguh Pramono, mengungkapkan, penurunan angka tersebut dikarenakan faktor Bulan Puasa 1440 H. Sehinggga sejumlah Wisman yang masuk ke Provinsi Jawa Timur tidak begitu banyak.

Teguh juga mengutarakan, ada beberapa Negara yang paling mendominasi untuk melakukan kunjungan Wisman ke Jawa Timur sejak Mei 2019. Diantaranya Amerika Serikat, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Prancis, Singapura, Taiwan, Thailand dan Tiongkok.

“Dari 10 Negara yang melakukan kunjungan Wisman, jumlah wisatawan tersebut mencapai 73,69 persen terhitung sejak Mei 2019,” ungkap Teguh.

Dominasi Kunjungan Wisman

Teguh mengungkap, Negara yang paling mendominasi Wisman tersebut ialah Malaysia dengan perkiraan angka mencapai 32,07 persen.

Sementara di posisi kedua yaitu Singapura sebesar 13,01 persen. Kemudian diikuti wisatawan Tiongkok senilai 8,75 persen.

Kepala BPS Surabaya itu mengatakan, jika dibandingkan antara April sampai Mei 2019, penurunan kunjungan dari 10 Negara tersebut telah mencapai 17,58 persen, yang awalnya 13.061 wisatawan menjadi 10.765 wisatawan.

Selain itu, Negara dengan angka penurunan Wisman tertinggi diduduki oleh Thailand sebesar 69,52 persen.

Kunjungan Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan sejak awal Januari hingga Mei 2019, total penurunan kunjungan Wisman yang masuk ke Jawa Timur terhitung 26,77 persen yaitu 86.609 wisatawan. Di tahun sebelumnya, jumlahnya mencapai 118.270 wisatawan.

Teguh juga menandaskan, Malaysia tetap menjadi Wisman terbanyak selama Januari hingga Mei 2019 dengan total 27.782 wisatawan. Kemudian Singapura sebesar 6.996 wisatawan dan Tiongkok sebesar 8.112 wisatawan. ***

- Advertisement -
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -

Berita Terbaru

Hewan Laut Termahal di Dunia?

Reportasee.com - Hewan Laut Termahal di Dunia? Di dunia ini banyak sekali hewan-hewan yang hidup dan menjadi...

Tanda Tubuh Kekurangan Sayuran ini Mungkin Sering Anda Alami

Reportasee.com - Tanda Tubuh Kekurangan Sayuran ini Mungkin Sering Anda alami. Seperti yang kita ketahui, mengkonsumi sayuran memiliki beragam nutrisi yang baik...

Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Tidak Busuk

Reportasee.com - Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Tidak Busuk. Semua orang pastinya sudah tahu bahwa bawang merah merupakan bahan dapur yang sering...

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Reportasee.com - Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan. Panasnya matahari juga memiliki sejumlah manfaat untuk manusia. Meskipun disisi lain...

Disbudpora Ciamis Siap Seleksi Calon Pemuda Pelopor

Reportasee.com – Untuk meminimalisir kenakalan remaja bersifat negatif yang kerap terjadi, pihak Dinas Kebudayaa Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis tengah mempersiapkan program...
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -