27.3 C
Indonesia
Senin, Oktober 14, 2019
No menu items!

Kota Cimahi Miliki Animator Handal

Wajib Baca

Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp

Jakarta, Reportasee.com, -- Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp. Beberapa aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah...

Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada...

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Yang Begitu Variatif

Madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat meningkatkan kekebalan...

Kota Cimahi, Jawa Barat, bertekad menjadi kota animasi berkelas Internasional. Kota dengan slogan “Saluyu ngawangun jati mandiri” ini, memiliki tingkat kualitas produk industri kreatif yang unggul.

”Pemilihan animasi juga bukan hal yang gampang, karena di Kota Cimahi sendiri aktivitas kuliner, fesyen, atau aktivitas kreatif lainnya banyak,” ungkap Rudy Suteja, yang pernah menjabat Ketua Cimahi Creative Association (CCA) dua periode, baru-baru ini.

”Tetapi waktu itu melihatnya ada sebuah persaingan antar kota. Nggak mungkin lah Cimahi berhadapan dengan kota Bandung yang fesyen desainer di Bandung jago. Nggak mungkin berhadapan dengan kulinernya. Kira-kira apa ya yang membedakannya? Saat itulah dipilih digital, khususnya ke animasi,” ungkapnya dalam Rabu Satu Talkshow di Cimahi.

Kota Cimahi Bentuk CCA

Kota Cimahi telah membentuk Cimahi Creative Association (CCA) pada 2009 sebagai wadah untuk industri kreatif. Animasi menjadi denyut kegiatan utama asosiasi ini. Dalam perkembangannya, banyak warga Cimahi yang menekuni bidang animasi, ditambah pelaku animasi yang berdatangan ke kota ini. Pada 2018 saja, kota ini diperkirakan memiliki 500-600 animator dan 10 persennya sudah tersertifikasi.

”Malah orang-orang Cimahi ini tidak hanya mendidik orang Cimahi tetapi mendidik orang-orang lain. Lucunya ada sekelompok orang datang ke Cimahi dan nggak mau pulang ke daerahnya. Mereka membentuk perusahaannya di Cimahi. Karena ekosistem serta iklimnya sudah enak di Cimahi,” kisahnya.

Banyak karya yang telah lahir dari tangan animator kota Cimahi. Sebut saja contohnya Keluarga Somat yang pernah tayang di TV serta Riki the Rhino.

Baros International Animation Festival

Guna mendukung bakat warganya, Pemerintah Cimahi Sudah 6 kali menggelar Baros International Animation Festival (BIAF). Ajang ini berupaya mempertemukan pelaku animasi dengan para investor dari sejumlah negara seperti Malaysia, Singapura, dan Perancis.

Industri kreatif di Indonesia telah melalui serangkaian perjalanan panjang. Galih Sedayu dari Indonesia Creative City Networks (ICCN) mengungkapkan, wilayah Bandung merupakan salah satu pelopornya.

”Bandung tahun 1990-2000 dia mulai tumbuh kayak distro. Setelah itu baru kehadairan Bandung Creative City Forum (BCCF) pada 2008. Pemerintah itu pada waktu itu belum tahu (ekonomi kreatif), barulah pada tahun 2012 di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.” ujarnya.

Indonesia mencatat 17 juta orang bergantung pada industri kreatif. Pendapatan dari industri ini pun terus meningkat. Lihat saja pada 2017, industri kreatif menyumbang 1.000 triliun, naik sebesar 7,44 persen dari tahun sebelumnya. Kuliner menyumbang nilai terbesar disusul fashion.

”Bekraf terus mendorong industri kreatif utamanya di kota-kota seperti kota Bandung, Pekalongan, Yogyakarta, Solo, serta Jakarta. Bandung dan Pekalongan bahkan sudah masuk dalam daftar kota kreatif UNESCO,” jelasnya.

Galih mengatakan, industri kreatif sangat menghargai ide serta kreativitas. Contohnya, novel Dilan karya Pidi Baiq yang diangkat menjadi film. Film Dilan mendapatkan keuntungan besar karena ditonton lebih dari 6 juta orang.

”Jadi 6 juta penonton. Bayangin kalau 6 juta penontonn misalnya dia dapat 1.000 perak saja, dikalikan 6 juta, itu sudah 6 miliar. Itu hasil dari ide, hasil kreativitas dia,” tutupnya. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp

Jakarta, Reportasee.com, -- Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp. Beberapa aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah...

Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada makanan-makanan tertentu khususnya makanan-makanan dari...

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Yang Begitu Variatif

Madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh seseorang, madu...

Tips Jadi Pejuang Anti Hoaks Di Whatsapp Untuk Anda

Sebagai pengguna smartphone, Anda pasti tidak asing dengan aplikasi whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya bisa berbicara dengan pengguna lainnya melalui media smartphone. Dengan...

IJTI Tapal Kuda: Ya Liputan, Ya Sigap Tangani Bencana

Reprotasee.com - Rapat Kerja (Raker) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tapal Kuda diadakan di Hotel Luminor Jember, Minggu (14/10/2019).
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: