32 C
Indonesia
Minggu, Agustus 1, 2021
BerandaBeritaBegini Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami

Begini Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami

Batuk adalah salah satu penyakit yang sering menyerang manusia. Batuk bisa datang kapan saja tidak pandang bulu, oleh sebab itu terkadang harus selalu sedia obat. Banyak cara menyembuhkan batuk yang bisa Anda lakukan seperti uraian di bawah ini dan mungkin bisa menjadi alternatif lain.

Bawang Merah dan Putih

Salah satu bentuk pengobatan batuk secara alami adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah seperti bawang merah dan putih. Anda bisa mendapatkan bumbu dapur yang satu ini dengan mudah.

Setelah membeli bawang merah dan putih, langkah berikutnya adalah, bisa langsung Anda konsumsi. Banyak juga yang menggunakan bahan ini sebagai obat untuk meredakan rasa gatal akibat batuk.

Gatal akibat penyakit batuk ini memang sangat menganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, Anda juga bisa menggunakan bawang merah dan putih sebagai obat yang ampuh.

Alasan mengapa bawang merah dan putih bisa meredakan batuk adalah karena di dalamnya terdapat kandungan phytochemical. Kandungan inilah yang akan membantu Anda meredakan gatal pada batuk tersebut. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung maupun Anda buat  menjadi jus agar lebih enak.

Daun Kemangi

Bahan alami kedua yang bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk adalah daun kemangi. Anda bisa mendapatkan daun kemangi dimana saja dan harganya juga terbilang murah. Banyak yang bilang bahwa daun kemangi ini aman untuk dikonsumsi sebagai obat batuk dan juga cukup ampuh.

Adapun cara mengolah daun kemangi bisa menggunakan dua metode. Pertama Anda bisa merebusnya terlebih dahulu selama beberapa saat baru kemudian airnya langsung diminum. Kedua adalah menjadikan daun kemangi sebagtai jus.

Lemon dan Jeruk Nipis

Cara menyembuhkan batuk yang lain dan memang sudah cukup dikenal adalah dengan menggunakan jeruk nipis serta lemon. Perpaduan kedua bahan yang satu ini memang sudah dipercaya dan dianggap paling mujarab untuk menghilangkan batuk secara alami.

Dalam kedua bahan ini, ternyata juga terdapat kandungan khusus yang diduga dapat menghilangkan bakteri akibat batuk. Kandungan tersebut berupa Vitamin C serta terdapat antibakteri. Biasanya kebanyakan orang yang menggunakan bahan ini dikonsumsi dengan cara memeras jeruk nipis dan air lemon di satu sendok teh.

Baru setelah itu Anda bisa meminum hasil perasan tersebut. Anda bisa mengonsumsinya hingga batuk berkurang. Bahan ini tentu aman dikonsumsi oleh siapa saja termasuk anak kecil.

Jahe

Ternyata selain bawang, jeruk nipis, lemon dan daun kemangi ada juga jahe sebagai penangkal batuk. Anda bisa menggunakan jahe sebagai alternatif obat batuk alami jika bahan lainnya tidak ada. Di dalam jahe terdapat kandungan yang bisa mengusir bakteri di tenggorokan sehingga batuk mereda.

Baca:  Model Buket Bunga, Hiasan Cantik Untuk Pengantin

Cara mengonsumsinya juga terbilang mudah karena Anda hanya perlu membuat wedang jahe. Baik batuk berdahak maupun kering bisa Anda tangkal dengan mengonsumsi bahan yang satu ini. Untuk takaran air jahenya cukup buat segelas saja.

Baca:  Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Taman Konservasi Bandung

Cuka Apel

Anda tentu sudah tidak asing dengan cuka apel. Cuka apel memang sebelumnya dikenal sebagai obat untuk kulit tetapi ternyata bisa digunakan sebagai penangkal batuk. Anda bisa mengonsumsi cuka apel ketika imunitas tubuh mengalami penurunan akibat batuk.

Bakteri yang ada di dalam tenggorokan akan cepat hilang karena adanya kandungan pada cuka apel tersebut. Cuka apel juga ampuh serta aman untuk dikonsumsi siapa saja.

Kunyit dan Garam

Cara menyembuhkan batuk agar cepat hilang ternyata juga bisa memanfaatkan kunyit dan garam. Kedua bahan ini tentu bisa Anda dapatkan di rumah. Cara mengonsumsinya, pertama siapkan terlebih dahulu kunyit dan garam secukupnya baru setelah itu Anda bisa mencampur keduanya dan tambahkan air.

Kemudian, Anda bisa langsung meminumnya. Biasanya batuk yang mengalami peradangan bisa menggunakan perpaduan kedua bahan ini agar penyakitnya lebih reda.

Belimbing Wuluh

Buah yang satu ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan penyakit batuk Anda. Anda cukup mengambil beberapa belimbing wuluh lalu peras dan airnya kemudian bisa Anda minum. Di sini, Anda bisa mengonsumsinya selama 2 sampai 3 kali dalam sehari secara rutin sampai batuk mereda.

Anda juga bisa menyediakan stok belimbing wuluh terlebih dahulu agar lebih mudah ketika batuk menyerang lagi. Jadi, Anda tinggal menyiapkan perasan airnya.

Asam Jawa dan Gula Merah

Perpaduan dua bahan yang biasanya untuk membuat rujak ini ternyata bisa Anda jadikan sebagai obat batuk dan khasiatnya cukup ampuh. Cara menyembuhkan batuk dengan menggunakan campuran antara asam jawa dan gula merah ini cukup dengan mencampurkan keduanya ke dalam segelas air hangat.

Setelah itu, Anda bisa langsung meminumnya. Tetapi sebelum itu aduk hingga merata terlebih dahulu. Meminum campuran kedua bahan ini haruslah dalam keadaan hangat agar batuknya cepat hilang. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsinya setiap hari. Anda bisa menyediakan bahan ini di rumah.

Berita Terkait
- Advertisment -

Paling Populer