27.8 C
Indonesia
Sabtu, Oktober 19, 2019
No menu items!

Kondisi Geografis dan Peta Bali Secara Lengkap

Wajib Baca

Lagi viral, 7 Manfaat Batang Pohon Pisang yang Tersembunyi

Pisang merupakan salah satu tananaman yang tidak asing lagi terdengar. Bahkan, buah ini juga menjadi favorit banyak...

Makanan Khas Bangka Belitung Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

Bangka belitung sebuah daerah di indonesia yang ketika mendengarnya pasti merasa tidak asing lagi. Tapi taukah Anda apa...

Mitos BBM Irit Berikut Ternyata Salah Besar

Setiap pemilik kendaraan pasti menginginkan kendaraan mereka tidak terlalu boros terhadap bahan bakar bakar, hal tersebut tentu...

Reportasee.com,- Secara administrative provinsi Bali terbagi menjadi 8 kabupaten dan 1 kota. Namun secara geografis, Bali terkenal dengan 2 bagian yakni Bali bagian utara dan Bali bagian selatan. Untuk lebih mengetahui Peta Bali silakan lihat peta berikut ini.

Seperti pada peta diatas, Pulau Bali terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Selain itu, terdapat pula kepulauan kecil seperti K. Lembongan dan Nusa Penida.

Pada bagian utara disepanjang pesisir utara masuk ke wilayah kabupaten Buleleng dengan ibu kota Singaraja. Sementara pada pesisir bagian selatan terdiri dari Tabanan, Badung dan Denpasar.

Kondisi Geografis Pulau Bali

Secara topografi, Pulau Bali terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi. Untuk dataran tinggi yakni terdapat pada daerah tengah Pulau Bali seperti di Kabupaten Tabanan, Bangli dan Karangasem.

Sementara Karangasem terdapat Gunung Agung dengan tinggi 3148 mdpl yang juga cukup menarik untuk dikunjungi khususnya para pendaki gunung.

Baca: Kota di Bali yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Konon di Pulau Bali terdapat Gunung yang sangat besar dan aktif, namun sudah meletus ratusan-ribuan tahun silam dengan meninggalkan kawah raksasa.

Di tengahnya terdapat Gunung Batur dengan tinggi 1730 mdpl. Hal tersebut bisa dilihat dari peta topografi pulau Bali yakni tepat di kabupaten Bangli.

Peta Bali Selatan dan Utara

Bali Selatan merupakan bagian Pulau Bali yang dianggap paling sibuk dan secara signifikan menunjukkan peningkatan perkembangan daerah.

Tentu saja hal tersebut disebabkan tempat wisata populer banyak terdapat di Bali selatan, khususnya yang ikut Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Sebut saja seperti wisata Pantai Kuta, Canggu, Kerobokan, Seminyak, Legian, Tuban, Uluwatu dan Nusa Dua yang lebih populer dibanding dengan wisata lain di Bali terdapat di bagian Bali Selatan. Sehingga perkembangan daerah di Bali lebih pesat pada bagian selatan.

Sementara itu, satu-satunya Kabupaten di Pulau Bali yang tidak memiliki pesisir pantai adalah Kabupaten Bangli, sehingga sektor wisata maritim hampir tidak ada kecuali wisata di danau Batur.

Secara keseluruhan, Pulau Bali sudah dikelilingi oleh jalan utama yang menghubungkan setiap daerah di Pulau Bali. Jika Anda berlibur ke Bali akan lebih banyak melihat pantai apabila melewati jalan di sepanjang pesisir utara ataupun selatan. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lagi viral, 7 Manfaat Batang Pohon Pisang yang Tersembunyi

Pisang merupakan salah satu tananaman yang tidak asing lagi terdengar. Bahkan, buah ini juga menjadi favorit banyak...

Makanan Khas Bangka Belitung Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

Bangka belitung sebuah daerah di indonesia yang ketika mendengarnya pasti merasa tidak asing lagi. Tapi taukah Anda apa saja makanan khas Bangka Belitung...

Mitos BBM Irit Berikut Ternyata Salah Besar

Setiap pemilik kendaraan pasti menginginkan kendaraan mereka tidak terlalu boros terhadap bahan bakar bakar, hal tersebut tentu wajar mengingat mahalnya harga BBM...

Keindahan Wisata Air Panas Bukit Hitam

Alam memang tidak ada hentinya memberikan segala  pesonanya untuk kita semua, tidak terkecuali wisata air panas bukit hitam yang terletak di TWA Bukit...

Ini Dia Kuliner Lezat Di Jakarta Barat

Jika Anda sangat menyukai dunia kuliner, maka berburu kuliner di Jakarta Barat merupakan sesuatu hal yang salah satu hal yang harus dilakukan....
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: