Kisah Sukses Budidaya Jagung Warna Warni di Cianjur

0
199
Kisah Sukses Budidaya Jagung Warna Warni di Cianjur
Foto : Jagung Warna Warni

JABAR,- Dusun Lebak Saat, Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat menjadi viral dan mendapatkan sorotan banyak orang setelah seorang petani yang berhasil menanam jagung warna-warni.

Petani itu adalah Luki Lukmanulhakim. Pria berusia 45 tahun ini hobinya bercocok tanam segala jenis sayuran dan tanaman. Kemudian ia memutuskan untuk budidaya jagung warna-warni atau jagung pelangi yang membuatnya kaya raya dan berhasil.

Dengan modal lahan 3 hektar, Luki membudidayakan jagung warna-warni di lahan tersebut. Jagung pelangi terbukti mempunyai kandungan warna beragam ini sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan manusia.

Memiliki Khasiat

Setiap warna mempunyai khasiat sendiri. Contohnya, warna hitam yang terdapat pada jagung bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes.

Luki memperoleh benih jagung pelangi dari hasil belanja online. Ketika itu, ia membeli 4 kantong benih jagung warna-warni. Warna yang dipilihnya bervariasi, yaitu jagung putih, hitam, ungu dan merah.

Luki melaksanakan kawin tanam silang campur dari jagung warna merah, ungu, hitam dan putih. Hasilnya luarbiasa, jagung yang dipanennya bertambah banyak warnanya sampai 12 warna.

Seperti dalam satu jagung ada yang warna batik, segala warna ada dalam satu jagung, hitam corak kuning dan lain sebagainya.

Luki pun akhirnya berhasil membudidayakan jagung pelangi. Dia mendapatkan varietas unggul baru yang membuat namanya jadi terkenal dan viral di dunia maya.

Jika dilihat secara sekilas, ukuran jagung pelangi lebih kecil ketimbang ukuran jagung pada umumnya. Rasanya pun agak sedikit berbeda. Akan tetapi, jagung ukuran kecil ini mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Harga Jual Tinggi

Pada umumnya, harga jual jagung di tingkat petani di pasaran sekitar Rp 2 ribu perkilogram. Adapun jagung pelangi atau jagung pelangi memiliki harga jual sebesar Rp. 9 ribu perkilogram.

Harga yang sangat fantastis dan jauh dari harga jagung biasa. Sehingga usaha budidaya jagung pelangi lebih menjanjikan dan menguntungkan. Untuk harga benih atau bibit jagung pelangi di kisaran Rp 500 perbuah.

Di Jawa Barat, termasuk Cianjur dan sekitarnya, belum banyak orang yang membudidayakan jagung pelangi. Sehingga petani Jawa Barat memiliki peluang besar untuk budidaya jagung warna-warni secara sukses.

Mengingat persaingan yang masih minim. Sehingga harga jual jagung pelangi masih sangat tinggi di pasaran dan laris manis.

Budidaya & Pemasarannya Mudah

Untuk budidaya jagung pelangi, menurut Luki, sangat mudah. Bahkan lebih gampang budidaya jagung pelangiketimbang bertanam jagung biasa.

“Kalau jagung biasa panen hanya empat bulan sekali. Dengan jagung warna-warni, panen bisa satu bulan sekali” ujarnya singkat.

Untuk pemasarannya, Luki mengandalkan media jejaring sosial dan marketplace. Pelanggannya sudah banyak yang tersebar dari Jakarta, Jawa Barat, Halmahera hingga Pontianak.

Mudah-mudahan kisah sukses budidaya jagung warna-warni di Cianjur merembet kepada para petani di Jawa Barat lainnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here