Ki Joko Bodo Meninggal Dunia, Ini Sepak Terjang Kariernya

Advertisement

Ki Joko Bodo meninggal dunia pada hari ini Selasa (22/11/2022), kabar mengejutkan ini kemudian mendapatkan konfirmasi langsung dari Ayda Prasasti.

Putri dari Ki Joko tersebut memberikan kabar duka ini melalui pesan WhatsApp, “Mengantarkan Ayahku ke surga”.

Sang paranormal yang memang sudah jarang tampil di publik ini meninggal pada pukul 09.75 WIB, ia menghembuskan nafas di usia 57 tahun setelah berjuang melawan hipertensi.

Sebelum meninggal, Ki Joko kabarnya telah hijrah dan meninggalkan semua hal terkait dunia paranormal, inilah sepak terjangnya dari awal berkarir.

Jenazah mantan paranormal ini sendiri akan di makamkan di TPU Lubang Buaya Jakarta Timur, pada Selasa sore.

Advertisement

Perjalanan Ki Joko Bodo Sebelum Terkenal

sebelum menjadikannya profesi.

Ketenarannya sebagai paranormal membuatnya lambat laun meninggalkan nama asli yang ia sandang sejak kecil.

Kabarnya, keputusan Ki Joko terjun di dunia paranormal karena kesulitan mencari pekerjaan dan terdesak dorongan ekonomi.

Pernah menjadi Paranormal Ternama Tanah Air

yang terkenal di Indonesia.

Lahir di Singaraja Bali, ia terkenal dengan penampilannya yang nyentrik lengkap dengan baju serba hitam dan rambut yang tergerai Panjang.

 Ia juga sering tampil dengan macam-macam aksesoris layaknya seorang paranormal, seperti kalung, gelang dan cincin hingga membuat penampilannya semakin misterius.

Lelaki yang juga memiliki padepokan ini terkenal dengan ilmu Gendam Putih, tak sedikit orang yang datang dan meminta bantuannya.

Dunia Perfilman dan Musik

Selain sosoknya yang sering kali wara-wiri di televisi dan dunia hiburan, sosok Ki Joko sendiri kerap kali mendapatkan tawaran mengisi berbagai acara.

Bahkan beberapa kali ia pernah ikut bermain di sebuah film, salah satu judul film yang pernah ia bintangi ialah Terowongan Casablanca serta film Jeritan Danau Terlarang.

Tak hanya music, sosok nyentrik ini juga pernah mendirikan sebuah grup musik bersama Ki Joko Wasis dan Ki Joko Yono.

Grup musik itu yang kemudian terkenal dengan nama 3 Mantra tersebut pernah merilis sebuah single dengan tajuk Kadukuniku pada tahun 2011 silam.

Kabar Hijrah

Sosok nyentrik ini kemudian memutuskan untuk meninggalkan semua hal berbau mistis, termasuk meninggalkan praktek dan juga kariernya sebagai paranormal.

Ki Joko memantapkan hati untuk berhijrah setelah menjalani ibadah umrah, ia mengaku menangis Ketika melihat Ka’bah.

Meninggalkan profesi paranormal yang pernah membesarkan Namanya, Ki joko kemudian kembali menggunakan nama asli Agus Yulianto.

Setelah memutuskan untuk hijrah, Ki Joko kemudian mewakafkan padepokannya dan menyulap padepokan tersebut menjadi sebuah masjid.

Ki Joko juga memiliki sebuah rumah mewah yang masih mengusung tema mistis, rumah mewah ini terkenal dengan nama padepokan Wong Sintinx.

Salah satu sahabat almarhum, KH Abdullah Wong menuturkan bahwa menjelang akhir hayatnya Ki Joko mengabdikan diri kepada NU.

KH Abdullah Wong juga menyampaikan perubahan drastis yang terjadi di Istana Wong Sintinx yang sudah berubah menjadi majelis dzikir dan shalawat.

Sempat Jatuh Sakit

Sebelum meninggal, Ki Joko kabarnya sempat jatuh sakit pada akhir 2020 silam hingga membuat ia kehilangan berat badan dan nampak begitu kurus.

Kondisi kaki terlihat bengkak dan membuatnya kesulitan untuk berjalan, kabar terakhir menyebutkan ia perlu menggunakan tongkat untuk beraktivitas. 

Show More
Advertisement