27.3 C
Indonesia
Senin, Oktober 14, 2019
No menu items!

Khufu Ship ; Perahu Peninggalan Raja Mesir Firaun

Wajib Baca

Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp

Jakarta, Reportasee.com, -- Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp. Beberapa aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah...

Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada...

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Yang Begitu Variatif

Madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat meningkatkan kekebalan...

INTERNASIONAL,- Khufu Ship Perahu Peninggalan Raja Mesir Firaun. Di wilayah Al Haram Giza atau di kawasan Piramida Mesir, terdapat museum restorasi perahu, perahu surya (Solar Boat). Perahu surya ini diyakini merupakan peninggalan masa Firaun Khufu. Perahu ini berada di sebuah museum bernama Cheops Boat.

Lokasi museum ini berada di belakang piramida Khufu. Untuk masuk ke museum, pengunjung dari luar negeri dikenai tiket seharga 60 Le. Sedangkan untuk pengunjung dari kalangan mahasiswa dikenai tiket masuk sebesar 30 Le. Dan jika mengambil gambar, maka pengunjung dikenai lagi biaya sebsar 50 Le.

Saat memasuki kawasan museum, pengunjung akan melalui pemeriksaan ketat dari petugas. Setelah itu, pengunjung akan diminta memakai alas kaki khusus dari bahan kain. Sepatu itu harus digunakan pengunjung saat berada area museum.

Penggunaan alas kaki khusus dari kain tersebut memiliki tujuan. Tujuannya agar kotoran atau bakteri tidak menyebar dan menimbulkan kerusakan pada kayu kapal. Termasuk pada lantai museum yang terbuat dari kayu khusus.  

Museum Cheops Boat sendiri dibangun sekitar pada tahun 1985. Museum ini memajang galeri foto restorasi  perahu, balok-balok batu yang berukuran panjang dan besar. Satu balok batu memiliki beban hingga mencapai 18 ton.

Di dalam museum juga terdapat baragam peralatan yang ditemukan di dalam perahu. Diantaranya alat-alat untuk perbaikan, miniatur perahu Surya dan ruang perpustakaan. Khusus di lantai dua museum, terdapat perahu besar hasil restorasi.

Khufu Ship; Perahu Peninggalan Raja Mesir

Perahu Surya pertama kali ditemukan sekitar pada tahun 1954. Perahu itu ditemukan di samping piramida Khufu. Saat ditemukan di sebuah lubang galian, perahu surya tersebut ditopang dengan 13 lapisan batuan. Lapisan batuan tersebut sengaja dipasang untuk mencegah kelembaban dan kerusakan pada bagian-bagian kayu perahu.

Selain itu, batuan dengan panjang sekitar 4,5 meter dan tinggi 1,80 meter itu, memiliki ketebala sekitar 85 centimeter. Lapisan batuan tersebut juga dilindungi potongan-potongan kayu. Potongan-potongan kayu itu ditujukan untuk melawan angin dan kebocoran air.  

Perahu surya yang sudah lebih dari 24 abad itu terdiri dari 1.224 potongan kayu. Kayu yang digunakan diantaranya kayu cedar Lebanon dan pohon akasia Mesir. Perahu surya memiliki panjang sekitar 44 meter dan lebar 5 meter.

Perahu ini mempunyai 12 dayung. Lima dayung diantaranya berada di sisi kiri dan kanan, sedangkan 2 dayung lagi berfungsi sebagai kemudi.

Berdasarkan keterangan arkeolog, perahu surya tersebut dibuat pada untuk mengangkut jenazah Firaun ke akhirat. Perahu surya ini dibuat oleh masyarakat bangsa Mesir.

Perahu surya kedua ditemukan pada Bulan Juni 2011. Perahui kedua ditemukan tidak jauh dari perahu surya pertama. Jarak perahu kedua dari perahu pertama sekitar 140 meter. Perahu kedua lebih kecil ukurannya. Khufu Ship Perahu Peninggalan Raja Mesir Firaun. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp

Jakarta, Reportasee.com, -- Aplikasi Support Fitur Dark Mode,Ada WhatsApp. Beberapa aplikasi akan merilis aplikasi mereka yang sudah...

Cara Kupas Kulit Tomat Lebih Praktis Dan Mudah

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang menjadi bahan wajib untuk prmbuatan saus tomat yang sering dipakai pada makanan-makanan tertentu khususnya makanan-makanan dari...

Manfaat Madu Untuk Kecantikan Yang Begitu Variatif

Madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh ketika dikonsumsi secara rutin. Selain dapat meningkatkan kekebalan dan kesehatan tubuh seseorang, madu...

Tips Jadi Pejuang Anti Hoaks Di Whatsapp Untuk Anda

Sebagai pengguna smartphone, Anda pasti tidak asing dengan aplikasi whatsapp. Whatsapp adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya bisa berbicara dengan pengguna lainnya melalui media smartphone. Dengan...

IJTI Tapal Kuda: Ya Liputan, Ya Sigap Tangani Bencana

Reprotasee.com - Rapat Kerja (Raker) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Tapal Kuda diadakan di Hotel Luminor Jember, Minggu (14/10/2019).
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: