27.8 C
Indonesia
Sabtu, Oktober 19, 2019
No menu items!

Keutamaan Ramadhan 1440 H dan Doa Buka Puasa

Wajib Baca

Lagi viral, 7 Manfaat Batang Pohon Pisang yang Tersembunyi

Pisang merupakan salah satu tananaman yang tidak asing lagi terdengar. Bahkan, buah ini juga menjadi favorit banyak...

Makanan Khas Bangka Belitung Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

Bangka belitung sebuah daerah di indonesia yang ketika mendengarnya pasti merasa tidak asing lagi. Tapi taukah Anda apa...

Mitos BBM Irit Berikut Ternyata Salah Besar

Setiap pemilik kendaraan pasti menginginkan kendaraan mereka tidak terlalu boros terhadap bahan bakar bakar, hal tersebut tentu...

Umat Islam akan melaksanakan Puasa Ramadhan 1440 H serta akan mendapatkan keutamaan Ramadhan selama menjalankan ibadah puasa.

Hal yang harus diperhatikan sebelum berbuka puasa Ramadhan 2019 adalah niat sesuai perintah Rasulullah SAW. Ini perlu diperhatikan agar puasa Ramadhan tak sia-sia.

Buka puasa merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi setiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Karena berbuka puasa adalah saat orang-orang mulai membasahi tenggorokan serta mengisi energinya kembali. Sehingga momen buka puasa menjadi momen yang sangat menggembirakan.

Namun sebelum akan makan dan minum, dianjurkan untuk membaca niat berberbuka puasa.

Niat berbuka puasa Ramadhan 2019 ada aturan dan tatacaranya, bukan sesuai keinginan kita sendiri. Perlu ikuti aturan yang ada supaya puasa Ramadhan ini bernilai dan bermakna. Marhaban Ya Ramadhan.

Nabi Muhammad Rasulullah SAW menjadikan momen buka puasa sebagai pengungkapkan rasa syukur.

Hal tersebut tampak saat Rasulullah SAW sebelum membatalkan puasa membaca doa terlebih dahulu.

Berikut Bacaan doa Berbuka puasa Ramadhan 2019 yang Benar Sesuai Tuntunan dan anjuran Rasulullah SAW

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

“Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ”

Berikut terjemahannya yang dikutip situs nu.or.id, artinya:

“Duhai Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

Sementara itu, dilansir situs Konsultasisyariah, seperti yang diriwayatkan Abu Daud, berikut bacaan lain yang dibaca ketika berbuka puasa.

“Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insha Allah”

Yang artinya: telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.

Keutamaan Ramadhan 1440 H

Dikutip dari berbagai bersumber perihal inspirasi Ramadhan 2019, berikut ini 5 keutamaan bulan Ramadhan 2019 inspirasi dari Rasulullah SAW :

1. Amal Shaleh Berlipat Ganda

Pada bulan Ramadhan 2019, amal Shaleh akan dilipat gandakan. Benar-benar spesial bulan Ramadhan 2019, sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Dalam sebuah hadis dikatakan bahwa bulan suci Ramadhan adalah waktu dimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukan pada bulan-bulan lainnya.

Di bulan Ramadhan ini juga, umat muslim berlomba-lomba dalam kebaikan serta menjalankan amalan sholeh lainnya. Ini pun juga pernah dibahas oleh Rasulullah SAW.

2. Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa dan Dikabulkannya doa

Di Bulan Ramadhan, umat muslim berlomba-lomba memperbanyak ibadah amal shaleh. Manfaatkan keutamaan Ramadhan 2019 secara sempurna. Ramadhan 2019 penuh berkah dan makna.

Dalam sebuah Hadis Riwayat Bukhari dijelaskan bahwa setiap muslim berkesempatan untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Bahkan dengan ibadah yang sempurna pada bulan Ramadhan akan menjadikan kita kembali bagaikan seorang bayi yang baru lahir.

Di bulan Ramadhan juga, Allah berfirman bahwa setiap doa yang dipanjatkan maka pasti akan dikabulkan.

3. Ibadah Ramadhan Bulan Penuh Berkah

Ramadhan 1440 H disebut bulan penuh berkah karena pada bulan ini kebaikan yang dilakukan dinilai berlipat ganda.

Inilah alasan mengapa bulan Ramadhan 1440 H juga disebut sebagai malam seribu bulan.

Muslim yang melakukan sebuah kebaikan di bulan Ramadhan 2019 akan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan Ibadah seribu bulan.

Dalam hadits riwayat Huzzaimah, Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang mengerjakan satu amal kebajikan, maka nilainya sama dengan satu ibadah fardhu di luar bulan suci Ramadhan. Siapa saja yang mengerjakan satu amal ibadah fardhu, maka sama dengan tujuh puluh ibadah fardhu di luar bulan suci Ramadhan.”

4. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang didamba-dambakan oleh setiap umat islam saat memasuki bulan Ramadhan 1440 H.

Malam Lailatul Qadar terdapat di salah satu dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan 1440 H. Malam Lailatul Qadar paling baik diisi oleh doa-doa yang baik serta mukjizat dapat turun di malam Lailatul Qadar.

5. Bulan Diturunkannya Al Quran

Bulan Ramadhan 2019 adalah bulan yang mulia, karena di bulan ini pertama kali kitab suci umat Muslim Al Quran diturunkan.

Seperti yang tertulis dalam Al Quran surah Al-Baqorah 185 yang dijelaskan bahwa Allah memuji bulan Ramadhan 1440 H dari bulan-bulan lainnya. Karena bulan Ramadhan dipilih sebagai bulan diturunkannya Al Quran. ***

- Advertisement -
Loading...

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Berita Terbaru

Lagi viral, 7 Manfaat Batang Pohon Pisang yang Tersembunyi

Pisang merupakan salah satu tananaman yang tidak asing lagi terdengar. Bahkan, buah ini juga menjadi favorit banyak...

Makanan Khas Bangka Belitung Ini Akan Membuat Anda Ketagihan

Bangka belitung sebuah daerah di indonesia yang ketika mendengarnya pasti merasa tidak asing lagi. Tapi taukah Anda apa saja makanan khas Bangka Belitung...

Mitos BBM Irit Berikut Ternyata Salah Besar

Setiap pemilik kendaraan pasti menginginkan kendaraan mereka tidak terlalu boros terhadap bahan bakar bakar, hal tersebut tentu wajar mengingat mahalnya harga BBM...

Keindahan Wisata Air Panas Bukit Hitam

Alam memang tidak ada hentinya memberikan segala  pesonanya untuk kita semua, tidak terkecuali wisata air panas bukit hitam yang terletak di TWA Bukit...

Ini Dia Kuliner Lezat Di Jakarta Barat

Jika Anda sangat menyukai dunia kuliner, maka berburu kuliner di Jakarta Barat merupakan sesuatu hal yang salah satu hal yang harus dilakukan....
- Advertisement -

Artikel Serupa

- Advertisement -
%d blogger menyukai ini: