Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Berita Viral

Keutamaan Malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar memiliki pengertian secara harfiah yang berarti malam ketetapan. Lailatul Qadar menurut dalil surat Al-Qadr adalah malam kemuliaan.

Malam kemuliaan. merupakan malam seribu bulan. Pada malam itu para Malaikat turun ke bumi mengatur semua urusan.

Kemudian saat malam Lailatul Qadar umat Muslim akan mendapatkan sejahtera hingga fajar.

Sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan merupakan malam Lailatul Qadar. Pada 10 malam terakhir inilah Allah SWT memberikan ampunan, pahala dan Ridla kepada hamba-hamba-Nya yang terpilih.

10 hari terakhir bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan kegiatan dan amal ibadah yang khusu’.

Lewat cara ini berharap menjadi hamba-hamba-Nya yang terpilih menjumpai malam Lailatul Qadar

Dari sinilah kemudian malam Lailatul Qadar mengenalnya sebagai malam 1000 bulan. Tidak ada yang mengetahui kapan malam Lailatul Qadar itu terjadi. Namun, Rosullah SAW memberikan petunjuk tentang malam Lailatul Qadar.

Sebagaimana riwayat Muttafaqun dari Aisyah yang mengatakan bahwa” Malam Lailatul Qadar itu ada pada sepuluh hari terakhir Ramadhan.”

Sebelum mengetahui keutamaan malam Lailatul Qadar, sebaiknya penting juga memahami dan kenali tanda-tanda 1000 bulan tersebut.

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar

Pertama: Pada malam Lailatul Qadar udaranya terasa sejuk, tidak terlalu panas, tidak dingin, kemudian matahari terbit bersinar lemah dan berwarna merah.

Sebagaimana riwayat Ibnu Abbas yang mengatakan bahwa ” Malam Lailatul Qadar tidak ada hawa panas atau dingin dan keesokan harinya matahari bersinar lemah dengan cahayanya berwarna merah”

Kedua; Langit tampak bersih. Sebagaimana riwayat Imam Ahmad yang menyebutkan bahwa” Malam Lailatul Qadar langit tampak bersih tidak ada awan. Pada malam itu Allah memberikan keberkahan dan kesejahteraan, kemudian melewati pintu langit yang terbuka’.

Ketiga: Suasana Tenang. Pada malam Lailatul Qadar suasana sunyi dan hening. Keempat: Malam ganjil 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Pada Malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil 10 hari terakhir. Sebagaimana riwayat HR Bukhari yang mengatakan bahwa 10 hari terakhir bulan Ramadhan merupakan malam Lailatul Qadar yang jatuh pada tanggal gasal.”

Malam Lailatul Qadar terjadi tanggal 17 ramadhan, 21 ramadhan dan 27 ramadhan. Namun, tidak pasti kapan malam seribu bulan ini datang.

Ketidakpastian itu menjadi hikmah bagi umat Muslim untuk selalu beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan kegiatan amal ibadah sesuai kemampuan.

6 Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Turunnya Al-Qur’an

Pada malam Lailatul Qadar merupakan malam turunnya Al-Qur’an. Sebagaimana firman Allah SWT yang mengatakan bahwa” Bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Al-Qur’an.”( Q.S Al-Quran 185)

Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Maka 10 malam terakhir bulan Ramadhan banyak melakukan kegiatan amal ibadah akan mendapatkan pahala yang besar

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Qadr 2-3 yang menyebutkan bahwa” Malam Lailatul Qadar lebih baik dari pada seribu bulan.”

Malam Penuh Keberkahan dan Kesejahteraan

Pada malam Lailatul Qadar itu penuh keberkahan, kesejahteraan serta kedamaian. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Qadr ayat 5 yang mengatakan bahwa, ” Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Malaikat Turun ke Bumi

Keutamaan malam lailatul qadar yang kelima, adalah pada malam tersebut, para malaikat, termasuk malaikat Jibril akan turun ke bumi untuk mengatur segala urusan.

Sebagaimana firman Allah SWT Al-Qadr ayat 4 yang mengatakan bahwa ” Pada malam itu para malaikat termasuk malaikat Jibril turun ke bumi atas izin Allah SWT untuk mengatur segala urusan.”

Pada 10 hari terakhir di malam Lailatul Qadar, para malaikat turun ke bumi untuk menyebarkan, membagikan kebahagiaan, maupun perdamaian kepada manusia yang berbuat kebaikan dengan selalu beribadah.

Dosa-dosanya Diampuni Oleh Allah SWT

Dosa-dosanya yang telah berlalu Allah SWT mengampuninya. Pada malam seribu bulan itu Allah membuka pintu ampunan kepada siapa yang meminta ampun kepada dengan ikhlas.

Sebagaimana riwayat Abu Hurairah yang menyebutkan bahwa” Barang siapa yang menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadar, maka Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu.”

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda,
“Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

Malam Penuh Kebaikan

Keutamaan malam Lailatul Qadar lainnya, yaitu: Malam penuh kebaikan. Umat Muslim pada malam seribu bulan tersebut menganjurkan supaya selalu dekat dengan Allah SWT.

Dengan beribadah dan mengerjakan amal ibadah secara ikhlas mendapatkan banyak pahala dan keutamaan yang setara seribu bulan.

Namun, umat Islam yang melewatkan malam Lailatul Qadar akan merugi, karena tidak mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pahala yang banyak.

Itulah ulasan dan informasi singkat tentang Keutamaan Malam Lailatul Qadar yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Berita Terbaru