Kenalan Dengan Teknologi Internet of Things (IoT)

Reportasee.com – Internet of Things atau IoT merupakan salah satu teknologi yang sedang di kembangkan. Kelebihan dari teknologi ini yaitu dari segi fungsionalitas dan mendukung kinerja. IoT memanfaatkan wireless, sehingga tidak perlu menggunakan bantuan kabel.

Pengertian Internet of Things

Internet of Things adalah sebuah konsep di mana suatu objek mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data ke objek lainya dengan menggunakan jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer atau manusia.

IoT dapat di lihat perkembanganya mulai dari tingkat microelectromechanical (MEMS), konvergensi teknologi nirkabel QR (Quick Responses) Code dan Internet. RFID (Radio Frequency Identification) juga sering di identifikasi sebagai IoT untuk media komunikasi.

Cakupan dari teknologi IoT juga seperti sensor, teknologi nirkabel, dan QR Code yang sering kita gunakan. Kemampuan dari IoT memang sudah tidak perlu di ragukan lagi.

Salah teknologi yang sudah menerapkan IoT seperti sensor cahaya, sensor jarak dan teknologi terbaru Google, yaitu Google AI dan Amazon Alexa.

Dan yang sedang populer saat ini, adalah penerpan Smart City yang sudah di implementasikan di beberapa negara maju seperti Jerman dan China. Sehingga, semua aktivitas penduduk dari kota bisa termonitor dengan baik oleh sistem.

Cara Kerja IoT

IoT bekerja dengan cara memanfaatkan sebuah argumentasi dari algoritma bahasa pemrograman yang sudah di rancang. Di mana, setiap argument yang sudah di susun mampu menghasilkan suatu interaksi yang dapat membantu perangkat keras dalam menjalankan fungsinya.

Sehingga teknologi IoT akan berjalan secara otomatis tanpa menggunakan bantuan dari manusia. Faktor penting lainya yaitu jaringan internet untuk bisa menghubungkan perangkat keras. Tugas utama dari manusia hanya memantau dan memonitoring perangkat ketika bekerja.

Salah satu kendala dalam pengembangan Internet of Things yaitu dalam hal biaya yang cukup mahal dan penyusunan jaringan yang sangat kompleks. Tidak semua kota sudah menerapkan IoT, sehingga biaya pengembangan sangat mahal.

Contoh Implementasi IoT

Banyak sekali contoh-contoh implementasi IoT yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam bidang kesehatan seperti penguukuran kadar gula tubuh, pendataan detak jantung, pengecekan suhu dan masih banyak lagi contoh lainya.

Dalam bidang energi contohnya adalah sensor cahaya. Sensor tersebut bekerja dengan menangkap partikel cahaya, sehingga ketika cahaya tersebut banyak, maka lampu akan otomatis mati. Namun, ketika tidak ada cahaya, maka lampu akan hidup.

Contoh lainya dalam bidang transportasi yaitu kendaraan tanpa pengemudi. Sehingga mobil dapat berjalan sendiri dengan program dan prosedur yang baik. Masih banyak contoh lainya penerapan teknologi IoT dalam transportasi hingga lingkungan umum.

Manfaat IoT

Banyak sekali manfaat yang bisa di rasakan oleh manusia dari Internet of Things seperti, memudahkan dalam hal proses konektivitas, mencapai efisiensi, meningkatkan efektifitas hingga memonitoring kegiatan.

Editor: Agun Wiguna