Kementerian BUMN Dihapus, Super Holding Dibentuk

0
119
Wacana Pemerintah hapus Kementerian BUMN dengan Super Holding

JAKARTA,- Pemerintah berencana menghapus Kementerian BUMN dan membentuk sejumlah holding Badan Usaha Milik Negara yang nantinya akan mengarah pada pembentukan super holding.

Menteri BUMN, Rini Soemarno menjelaskan, super holding itu nantinya akan terdiri dari beberapa holding-holding BUMN, yang akan menaungi seluruh BUMN yang ada sesuai dengan sektornya bidangnya masing-masing.

“Nantinya, itu akan menjadi seperti Temasek (Singapura) ataupun Khazanah (Malaysia),” jelas Rini di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (15/4).

Rini mengakui, dari segi kewenangan, nantinya super holding itu akan setara dengan Kementerian BUMN. Sehingga, ia pun mengungkapkan, bisa saja Kementerian ini akan ditiadakan dengan lahirnya super holding tersebut.

“Ya, Kementerian BUMN akan hilang. Jadinya, nanti ada super holding,” ujar Rini.

Dia memastikan, meskipun nantinya Kementerian BUMN akan digantikan dengan super holding BUMN, namun kontrol pemerintah terhadap para BUMN itu tidak akan berubah dan tetap akan seperti semula. Sebab, nantinya super holding itu akan berada langsung di bawah pengawasan Presiden.

Rini juga menambahkan, ide super holding gagasannya langsung dari Presiden Jokowi. Super holding dibuat dengan tujuan supaya pengelolaan BUMN menjadi lebih profesional.

Karena, fungsi pengawasan untuk super holding itu akan dilakukan oleh para profesional, serta tidak lagi berada di bawah pengawasan birokrasi sebagaimana saat berada di bawah kementerian.

“Peran pemerintah tidak hilang dong, pemegang sahamnya pemerintah kok. Jadi, nanti super holding itu juga langsung ke Presiden. Cuma, bentuknya itu bukan seperti birokrasi atau kementerian,” pungkasnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here