Peringati HSN, Keluarga Besar MAN 1 Bekasi Berpakaian Ala Santri

0
243
Keluarga Besar MAN 1 Bekasi Berpakaian Ala Santri

Reportasee.com – Ada nuansa lain di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bekasi. Tampak siswa-siswi masuk sekolah dengan berpakaian rapi ala santri. Para siswa dengan sarung dan pecinya, sedangkan para siswi memakai pakaian santriwati.

Bahkan tidak luput juga para dewan guru laki laki dan perempuannya juga mengenakan pakian yang sama. Penampilan itu terkait dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019, yang jatuh pada 22 Oktober 2019.

Wakamad Kesiswaan, Rais Ali Alwajiri, ketika diminta tanggapan selepas apel Hari Santri  Nasional (HSN), Selasa (22/10/2019), mengaku bangga dan senang melihat siswa-siswi hingga guru di lingkungan sekolah berpakaian ala santri.

Baca:   Siswi MAN 1 Bekasi Masuk Anggota Paskibraka Kabupaten

“Berpakaian ala santri di HSN ini merupakan amanat Kemenag Bekasi. Selain itu, mendukung program pemerintah. Bahkan diakui atau tidak, kemerdekaan Republik Indonesia selama ini tidak lepas dari perjuangan santri serta para ulama dan kyai. Bahkan tema HSN tahun ini yakni Santri Indonesa untuk perdamaian dunia,” ujarnya.

Menurut Rais, dengan berpakaian ala santri merupakan bentuk kecintaan serta penghormatan kepada pejuang dulu yang telah berhasil merebut Kemerdekaan Republik Indonesia yang mana adanya peran kaum santri.

Baca:   "Polwan Goes to School" Sambangi MAN 1 Bekasi

Guna memperingati HSN tahun ini, pihaknya juga membuka kegiatan konduksi (konservasi, edukasi dan rekreasi). Dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dapat mengokohkan kecintaan kepada Negara Republik Indonesia.

Bahkan dengan kegiatan konduksi ini, para siswa dapat melihat indahnya alam Indonesia serta dapat menjaganya guna bisa dinikmati oleh sendiri dan oleh generasi selanjutnya.

Lanjut Rais, dengan tadabur alam nanti merupakan sebuah hal yang penting untuk santriwan dan santriwati MAN 1 Bekasi, dimana mereka akan bisa menjaga alam itu sendiri.

Baca:   "Polwan Goes to School" Sambangi MAN 1 Bekasi

“Belajar tidak hanya dibatasi oleh sekat kelas, tetapi kita bisa mengambil makna dari belajar dengan alam untuk kehidupan nanti,” ujarnya.

Keluarga Besar MAN 1 Bekasi Berpakaian Ala Santri

Sementara itu, Plt. Kepala MAN 1  Bekasi, Dra, Surip Sriatun, mengatakan, pihaknya sangat senang karena hari ini merupakan momen menarik bagi siswa laki-laki dan jajaran dewan guru laki-laki.

“Mereka harus mengunakan sarung saat apel HSN dari awal acara sampai selesai. Kegiatan seperti ini sangat positif di kalangan pelajar agar tahu peranan pesantren ikut adil dalam mempertahankan NKRI,” katanya.

Menurut dia, santri identik dengan ilmu. Maka dari itu semua harus terus menuntut ilmu sampai hayat nanti. Karena semua ilmu bersumber dari Allah. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here