22.6 C
New York
Jumat, Juni 18, 2021
BerandaBeritaKelebihan Mobil Manual dari Mobil Matic Apa Saja?

Kelebihan Mobil Manual dari Mobil Matic Apa Saja?

Mobil manual adalah mobil yang menggunakan tiga pedal yaitu kopling, gas, dan rem. Banyak yang menyangka bahwa menggunakan mobil ini lebih sulit dari jenis yang satunya, yaitu mobil matic. Namun jika Anda mau berlatih, kelebihan mobil manual bisa Anda rasakan dalam penggunaan sehari-hari.

Daftar Kelebihan Mobil Manual

Meskipun saat ini banyak produsen yang memilih membuat mobil matic, tidak masalah jika Anda tetap ingin menggunakan matic. Berikut daftar keuntungannya mobil tiga pedal atau manual tersebut

Pengemudi Bisa Memegang Kontrol Penuh

Transmisi manual memungkinkan pengemudi untuk mengontrol sepenuhnya perilaku kotak roda gigi. Maksudnya, mobil manual bisa melakukan perpindahan gigi ke atas dan ke bawah sepenuhnya sesuai dengan keadaan dan keinginan pengemudi.

Sedangkan mobil otomatis bisa sedikit tidak dapat Anda prediksi dalam hal perpindahan gigi dan ini bisa membuat pengemudi kaget karena perpindahan yang mendadak. Selain itu, mobil manual bisa dengan lancar untuk ngebut atau melambat kapan pun Anda mau.

Begitu juga saat melewati jalan tanjakan, Anda dapat menahan gigi bawah untuk memastikan berada dalam power yang optimal sehingga tidak akan kehilangan daya saat di jalan tanjakan.

Lebih Hemat Bahan Bakar

Meskipun mobil automatic modern saat ini lebih efisien bahan bakar dari sebelumnya, ada alasan mengapa manual tidak dapat terkalahkan dan tidak semua orang mengetahui rahasia satu ini. Banyak orang masih menilai semata-mata dari perhitungan torsinya saja.

Kembali ke alasan utamanya, Anda dapat mengontrol seberapa efisien bahan bakar yang Anda inginkan. Ini bisa terjadi melalui menjaga RPM menjadi mesin serendah yang Anda mau dan bahkan dapat beralih ke gigi tertinggi dari mana saja dengan pola H.

Memiliki Mode Pengereman Yang Lebih Baik

Apakah Anda pernah mengendarai jenis CVT? Jika belum, coba lah dan masukkan pada gigi rendah. Di sana Anda akan melihat bahwa rem mesin tidak sekuat transmisi dengan gigi keras.

Ini karena menggunakan gigi rendah dapat mengurangi tekanan pada rem saat menuruni tanjakan atau bahkan saat melambat. Berbeda dengan transmisi manual, kelebihan mobil manual yaitu, memiliki pengereman mesin yang benar.

Seperti saat menuruni tanjakan akan jauh lebih mudah karena mobil akan lebih bisa melambat saat gigi rendah Anda pilih. Ini tidak seperti CVT dengan posisi L pada tuas.

Respon Yang Lebih Cepat

Saat gas Anda injak, mesin merespons dan Anda tidak perlu menunggu transmisi menyusul. Anda hanya perlu memastikan bahwa posisi sudah ada pada gigi yang lebih rendah terlebih dahulu sebelum mobil Anda berakselerasi.

Selain itu, karena perputaran tidak dilakukan secara otomatis, oli jadi lebih irit dan tidak perlu sesering mobil matic saat penggantian. Secara akselerasi, mobil manual juga lebih baik karena bisa mengatur kecepatan persnelingnya.

Lebih Murah dalam Perawatan

Untuk masalah perawatannya, mobil manual jelas lebih murah dari pada mobil matic. Sesederhana banyaknya bengkel dan montir yang lebih bisa mengerjakan mobil manual daripada mobil matic, jadi di mana pun Anda ingin perawatan mobil, bisa Anda lakukan segera.

Selain itu, mobil manual memiliki engine break yang saat Anda menyetir di jalanan curam, lebih aman karena tidak hanya mengandalkan rem saja. Nah, komponen dalam mobil manual juga lebih murah dan lebih mudah Anda temukan. Jelas lebih aman hemat waktu dan biaya, bukan?

Tetap Bisa Bergerak Meski Baterai Habis

Ketika Anda memilih mobil dengan transmisi otomatis, satu-satunya solusi jika baterai mati adalah menunggu bantuan. Anda memerlukan mobil lain untuk menambah daya baterai untuk menyalakan mobil Anda.

Selama sistem pengisian daya dalam keadaan baik, dengan kelebihan mobil manual, Anda dapat menyalakan mobil tanpa bantuan siapa pun.

Namun, pastikan bahwa kunci kontak menyala, perpindahan gigi pada gigi kedua dan kemiringan bertahap. Dengan begitu Anda dapat melepaskan kopling dengan cukup cepat untuk membalikkan mesin dan menyalakan.

Lebih Murah

Jika Anda harus mempertimbangkan budget untuk mendapatkan mobil baru, jenis transmisi manual lebih murah dari mobil automatic. Bahkan pertimbangan harganya bisa cukup jauh antara keduanya dan ini lebih menguntungkan Anda.

Apalagi mengingat kelebihan yang sudah disebutkan di atas, berkendara dengan mobil elegan tiga pedal akan menambah performa Anda. Untuk harga jual kembalinya, mobil manual tidak terlalu jatuh dengan harga beli. Sangat menguntungkan!

Kekurangan Mobil Manual

Di balik banyaknya keuntungan menggunakan kendaraan jenis transmisi manual, pertimbangkan juga kerugiannya. Berikut sedikit informasi kerugian memilih mobil manual:

  • Sulit untuk pemula karena harus benar-benar memahami mana pedal kopling, gas, dan rem.
  • Pengemudi cepat lelah karena menggunakan tiga pedal saat perjalanan
  • Tidak disarankan digunakan untuk perjalanan jangka panjang dan macet. Menyebabkan rasa tidak nyaman.

Itulah ulasan lengkap kelebihan mobil manual yang perlu Anda tahu. Ulasan di atas bisa menjadi pertimbangan mana yang paling tepat untuk Anda pilih, mobil manual atau mobil matic.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular