Kelebihan Konsep Rumah Sehat yang Banyak Diminati

Berita Viral

Untuk memiliki kehidupan yang sehat, berawal dari rumah yang sehat juga. Seperti yang kini sedang naik daun dan banyak diidamkan oleh anak muda. Konsep ini dianggap jadi gaya hidup baru yang layak ditiru. Memang, kelebihan konsep rumah sehat cukup beragam dan penting bagi kualitas hidup.

Secara keseluruhan, lingkungan juga memberikan pengaruh dan mendukung pertumbuhan bagi anak-anak dengan lebih baik. Nah, berikut adalah kelebihan lain yang akan Anda rasakan jika menganut konsep rumah sehat.

Lebih Relaks Dan Tidak Mudah Stres

Rumah yang berantakan secara tidak langsung bisa membuat pikiran jadi kacau. Melihat banyak tumpukan barang, apalagi pekerjaan yang tidak kunjung terselesaikan bisa menjadi sumber sakit kepala dan stres.

Personality and Social Psychology Bulletin pada tahun 2010 mengungkapkan wanita dengan rumah berantakan memiliki tingkat kortisol yang lebih tinggi. Kortisol adalah sebuah hormon yang meningkatkan stres.

Memiliki banyak barang juga berpengaruh pada tingkat kesehatan penghuninya. Apalagi jika barang berserakan, akan jadi sarang penyakit. Banyak penelitian psikologi yang menunjukkan bahwa ruang yang bersih dan rapi dapat membantu kita lebih fokus dan merasa lebih tenang.

Menjadi Mudah Bergerak

Rumah yang sehat dan bersih akan membuat Anda lebih mudah bergerak. Ini sudah bukan rahasia lagi, sebab tanpa adanya barang atau kotoran di sekitar Anda, mobilitas anggota keluarga juga lebih nyaman.

Meski bergerak di dalam rumah tidak membakar kalori sebanyak Anda berolahraga atau melakukan gym, tapi akan lebih baik daripada seharian duduk di sofa dengan mengudap makanan ringan.

Anda bisa melakukan hal-hal ringan tapi konsisten seperti membersihkan garasi mobil, membersihkan debu pada rak, atau sekadar membersihkan dapur. Dengan rumah yang sehat tanpa sampah, pekerjaan lain jadi mudah terselesaikan.

Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Jika Anda sering insomnia atau tidur tidak nyenyak, mungkin karena kondisi rumah yang tidak sehat. Nah, jika Anda tahu bahwa salah kelebihan dari konsep rumah sehat adalah membuat tidur lebih nyaman, pasti tidak lagi menyia-nyiakan waktu untuk membersihkan sekitar.

Tidak terganggu dengan bau busuk atau Anda tidak perlu bersin-bersin lagi karena ada debu di sekitar pasti akan lebih menenangkan. Untuk menambah tidur lebih nyenyak, Anda bisa menggunakan lilin dengan aroma terapi kesukaan.

Pastikan juga bahwa Anda menggunakan obat anti nyamuk yang tepat. Tidak sekadar yang bisa mengusir nyamuk, tapi yang juga tidak berbahaya bagi pernapasan.

Merasa Terlindungi

Saat berada di sebuah tempat yang aman, Anda akan merasa lebih tenang dan terlindungi. Rumah yang bisa melindungi bukan semata-mata yang atap yang tidak bocor dan bisa menghalau rasa panas, tapi juga minim binatang pengganggu seperti lalat atau tikus.

Selain itu, rumah sehat juga bisa jadi tempat berlindung saat ada bencana. Ini karena rumah sehat juga bangunannya kokoh dan baik.

Tidak Mudah Sakit

Karena memiliki tempat tinggal yang bersih, aman, dan sehat, Anda dan penghuni lain akan tidak mudah sakit. Tidak ada tempat bagi debu menempel, tidak ada jentik nyamuk yang berkembang biak dalam bak mandi, dan makanan Anda simpan dalam tempat yang tertutup adalah contohnya.

Kelebihan konsep rumah sehat juga membuat udara lebih bersih di sekitar Anda, ini karena adanya banyak pohon yang ditanam. Selain itu, pepohonan bisa menjadikan rumah tampak lebih lebih sejuk dan asri.

Selain pohon, rumah sehat biasanya wajib memiliki ventilasi yang layak supaya keluar dan masuk udara lebih mudah dan sirkulasinya lancar.

Ramah Anak

Rumah sehat membuat anak-anak yang tinggal di dalamnya bisa bertumbuh dengan baik. Udara yang didapatkan segar, terhindar dari benda-benda tajam dan berbahaya lain, pun mereka bebas bergerak dan belajar karena rumahnya rapi dan bersih.

Secara tidak langsung, ini memberi contoh pada anak bagaimana cara hidup yang baik supaya kelak mereka besar nanti bisa melakukan hal yang sama. Nah, rumah sehat yang ramah anak baiknya didukung dengan pemberian asupan makanan yang bergizi dan bersih.

Mendukung Pola Hidup yang Sehat

Tahukah Anda bahwa rumah yang kotor bisa mempengaruhi pola pikir dan hidup? Melihat banyak barang, rumah bau, dan tidak terawat membuat stres. Nah, karena stres ini jadi timbul perasaan cemas dan membuat pilihan makan yang sama tidak sehatnya.

Sebuah studi 2010 dalam jurnal Psychological Science mengatakan bahwa orang-orang di lingkungan yang lebih sehat dan bersih membuat pilihan camilan yang lebih cerdas dan lebih sehat daripada mereka yang bekerja di ruang yang lebih berantakan.

Begitu juga dengan dapur. Dapur yang berantakan dan kumuh tidak menyenangkan jika memasam atau makan di sana. Secara psikologis, orang jadi memilih menghindari dapurnya.

Berbeda dengan yang memiliki dapur yang lebih bersih, lebih cenderung membuat makanan yang lebih sehat di rumah, daripada pergi makan di luar. Jadi dapat kita simpulkan bahwa kelebihan konsep rumah sehat memberikan pengaruh pada seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam pilihan makan.

Berita Terbaru