Kelebihan dan Kekurangan Android Mobile

0
158
Kelebihan dan Kekurangan Android Mobile

GADGET,- Kelebihan dan Kekurangan Android Mobile. Android mobile adalah sebuah system operasi berbasis Linux yang dibuat untuk perangkat bergerak layar sentuh.

Namun, dalam pengembangannya, perangkat mobile yang menggunakan OS android ada juga yang tidak layar sentuh sepenuhnya.

Selain smartphone atau ponsel pintar, android juga banyak diterapkan pada perangkat elektronik lain seperti tablet dan smart TV. Seperti yang kita tahu sebaik apapun sebuah system operasi pasti akan ada hal yang membuatnya memiliki kekurangan.

Nah, berikut kami bahas kelebihan dan kekurangan android mobile.

Kelebihan Android Mobile

Untuk kelebihan android mungkin sudah banyak yang tahu, jadi kami bahas poin pentingnya saja. Berikut adalah kelebihan android mobile.

1. Bersifat open source sehingga mudah dalam melakukan pengembangan. Pada dasarnya android dibangun pada kernel Linux yang bersifat open source.

Sehingga android menjadi sistem operasi yang gratis dan siapapun dapat melakukan pengembangan.

2. Tahan terhadap virus. Virus adalah seperangkat perintah yang berfungsi untuk menyerang ketahanan sistem. Tetapi android dapat tahan terhadap serangan virus, karena pada dasarnya kernel linux tidak dapat dipengaruhi oleh virus.

Meski begitu, pengguna wajib berhati-hati ketika akan menginstall aplikasi pihak ketiga.

3. Support terhadap berbagai jenis merk. Tidak seperti OS closed source seperti iOS, android dapat beroperasi pada berbagai merek smartphone.

Hal ini tentu saja memberi kesempatan bagi vendor smartphone untuk mengembangkan perangkat mobile berbasis android lebih canggih lagi.  

Kekurangan Android Mobile

Berikut adalah beberapa kekurangan android mobile.

1. Kerentanan sistem untuk penyusup. Android memang tahan terhadap virus, namun banyak sekali celah keamanan pada android yang dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk mencuri informasi.

2. Terlalu sering update untuk mengatasi security patch yang berhasil dibobol. Hal ini tentu saja kabar baik, namun hal buruknya adalah Anda membutuhkan data seluler yang cukup besar untuk mendownload file nya.

3. Banyak dimodifikasi untuk merugikan orang lain. Sebut saja smartphone garansi distributor, pasti sistem bawaan sudah dipasangi oleh bloatware yang tidak berguna untuk pengguna.

Hal ini tentu saja merugikan, karena cepat menghabiskan penyimpanan internal. Ditambah, terlalu bebasnya modifikasi android mobile  dapat dengan mudah disisipi oleh program jahat yang digunakan untuk mencuri data. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here