Kegiatan Selama Ramadan: Ini 10 Hal Untuk Anda Lakukan

0
20
Reportasee | Membuka Jendela Dunia

Reportasee.com – Kegiatan Selama Ramadan: Ini 10 Hal Untuk Anda Lakukan. Ramadan kali ini mungkin masih belum berbeda jauh dengan Ramadan tahun lalu. Pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat kita harus tetap membatasi ruang gerak dalam beraktivitas ke luar rumah.

Kalaupun Anda harus tetap keluar rumah, untuk membeli ta’jil untuk berbuka puasa, maka lakukan seperlunya saja dan tetap patuhi protokol kesehatan. Karena walau sudah banyak orang yang melakukan vaksin, kondisi lingkungan masih belum stabil dan kasus Covid-19 terus meningkat. Inilah yang membuat Anda harus tetap waspada.

Untuk itu, jika Anda memilih untuk tetap berada di rumah selama Ramadan, itu adalah pilihan yang terbaik. Namun, agar Ramadan di rumah lebih menyenangkan, ada baiknya Anda melakukan perencanaan berbagai kegiatan seru selama bulan Ramadan. Berikut rekomendasi beberapa kegiatan selama Ramadan yang seru, positif dan menyenangkan.

Beberapa Kegiatan Ramadan di Rumah yang Seru dan Menyenangkan

Tadarus Bersama

Membaca Al Quran selama bulan Ramadan memiliki keutamaan yang sangat besar. Selain mendapat kebaikan dari per huruf Al Quran, nilai pahalanya pun menjadi berlipat ganda saat bulan Ramadan. Tadarus bersama keluarga selama bulan Ramadan akan membuat puasa Anda lebih berkah.

Apalagi jika hal itu dapat dilakukan selama 30 hari penuh dan Anda bisa mengkhatamkannya bersama keluarga. Waktu tadarusnya bisa Anda lakukan jelang berbuka puasa, hal ini akan membuat waktu menunggu berbuka puasa bersama keluarga terasa lebih menyenangkan.

Membaca Buku atau Membacakan Cerita Islami

Bagi Anda yang masih memiliki anak kecil, momen puasa Ramadan merupakan momen terbaik untuk lebih mengenalkan Islam kepada anak-anak. Salah satu kegiatan selama Ramadan adalah Anda bisa membacakan mereka kisah-kisah nabi, para sahabat nabi atau sejarah perjuangan nabi dalam berdakwah.

Dengan membacakan berbagai cerita Islami, anak-anak akan lebih mudah memahami Islam. Namun, jika Anda tidak lagi memiliki anak kecil, maka membaca buku Islami dan mendiskusikan isi buku tersebut dengan seluruh anggota keluarga merupakan satu kegiatan seru yang bisa Anda lakukan.

Menonton Ceramah atau Film Islami

Saat bulan Ramadan, mayoritas televisi di Indonesia banyak menyiarkan ceramah keagamaan. Menonton ceramah keagamaan bersama di rumah juga bisa menjadi agenda kegiatan seru Ramadan.

Selain menonton ceramah, kegiatan selama Ramadan yang seru lainnya adalah menonton film bernuansa Islami. Biasanya film-film yang dibuat atau bernuansa Islami memiliki nilai dan manfaat yang luar biasa. Selain itu akan selalu ada hikmah yang dapat dipetik dari menonton setiap film tersebut.

Masak dan Menyiapkan Ta’jil Bersama

Tak ada yang lebih seru dari Ramadan, selain melakukan persiapan berbuka puasa. Salah satu persiapan berbuka puasa yang bisa dilakukan dengan seluruh anggota keluarga adalah memasak dan menyiapkan ta’jil.

Selain dapat lebih menghemat pengeluaran, memasak bersama anggota keluarga bisa menjadi sangat menyenangkan. Anda bisa sama-sama menentukan menu berbuka, menyiapkan bahan memasak bahkan saling membagi tugas.

Semua keseruan itu tidak akan bisa Anda dapatkan, manakala bukan di bulan Ramadan. Karena hanya di bulan ini seluruh keluarga akan lebih senang dan berkumpul bersama saat jelang waktu berbuka puasa. Itulah sebabnya kegiatan selama Ramadan ini patut Anda coba bersama keluarga.

Main Gim Islami

Ada banyak gim bernuansa Islami yang bisa Anda mainkan bersama keluarga, baik gim online atau permainan offline lainnya. Di antara gim online yang bisa Anda mainkan bersama keluarga adalah Marbel Muslim Kids, Mulim Kids Puzzle, Rumah Amalia, Game Tajwid dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun permainan offline yang bisa Anda mainkan bersama keluarga adalah catur, puzzle, bermain kartu tajwid dan bahasa Arab, ular tangga dan lain-lain. Tentukan saja permainan apa yang Anda hendak mainkan, usahakan permainan berganti setiap hari agar tidak bosan.

Dengan memainkan berbagai permainan seru, bisa dipastikan kegiatan selama Ramadan Anda akan selalu menyenangkan dan membawa energi positif setiap harinya. Karena bermain dapat membuat tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih relaks.

Olahraga Bersama, Termasuk Tik Tokan

Salah satu kegiatan positif dan juga seru untuk dilakukan selama bulan Ramadan adalah berolahraga. Selain dapat menjaga tubuh agar tetap sehat, olahraga juga dapat membuat seluruh anggota keluarga terlibat.

Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, main bola, bersepeda, yoga atau sekedar bermain tik tokan. Mengapa bermain tik tokan bisa termasuk olahraga? Karena beberapa gerakan tik tok sama halnya dengan gerakan senam.

Kegiatan selama Ramadan dengan berolahraga itu dapat dilakukan menjelang waktu berbuka puasa atau di pagi setelah sholat subuh. Walau begitu, jangan lupa untuk tetap minum air putih yang banyak ketika berbuka atau sahur ya, agar saat berolahraga tubuh tidak kekurangan cairan.

Berkebun Bersama

Selain memasak, kegiatan Ramadan yang juga seru dilakukan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya adalah berkebun. Sekalipun Anda tidak memiliki lahan yang luas untuk berkebun, namun tetap saja kegiatan berkebun bersama keluarga akan menjadi kegiatan seru yang menyenangkan.

Karena mulai dari menyiapkan media tanam, menanam bibit, menyiram, membersihkan hingga memanennya, semua dapat dikerjakan bersama-sama. Akan lebih menyenangkan jika hasil kebunnya bisa langsung Anda nikmati bersama saat Ramadan tiba, entah itu dalam bentuk buah-buahan atau sayuran, pasti berbeda rasanya dengan yang Anda beli di pasar. 

Ciptakan Kreatifitas

Tak ada salahnya apabila Anda dan keluarga mengisi hari-hari puasa dengan menciptakan beragam kreatifitas. Kreatifitas ini nantinya bisa dipajang di tempat-tempat yang strategis dan mudah terlihat di area rumah Anda. Hal ini juga merupakan kegiatan selama Ramadan yang positif bagi anak-anak.

Misalnya Anda bisa mengajak anak-anak untuk melukis atau menggambar. Selain melukis, bisa juga dengan membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan daur ulang. Dengan menciptakan beragam kreatifitas, puasa yang Anda jalani pasti tidak akan terasa melelahkan.

Beres-beres Rumah

Siapa bilang kalau beres-beres rumah adalah pekerjaan yang membosankan dan melelahkan. Jika Anda melakukannya bersama keluarga, itu akan menjadi kegiatan Ramadan yang sangat seru untuk Anda coba.

Selain rumah akan terlihat bersih dan rapi, beberapa posisi perabotan rumah tangga juga bisa Anda ubah. Hal ini justru akan memberi suasana baru untuk rumah Anda. Anda juga bisa mengecat beberapa bagian rumah agar terlihat lebih berbeda. Jangan lupa untuk membuat pembagian tugas yang tepat agar kegiatan selama Ramadan kali ini lebih bermakna.

Demikian beberapa kegiatan selama Ramadan yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Selain dapat mengisi waktu berbuka, kegiatan tersebut juga sangat positif, baik untuk Anda dan seluruh anggota keluarga. Dengan melakukan beberapa kegiatan di atas, suasana rumah bisa jadi lebih fresh dan Anda pun siap menyambut hari kemenangan