22.6 C
New York
Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBeritaKegiatan Lebaran Di Rumah Seru Tanpa Mudik 2021

Kegiatan Lebaran Di Rumah Seru Tanpa Mudik 2021

Reportasee.com – Kegiatan lebaran di rumah menjadi pilihan banyak orang saat ini. Pasalnya saat lebaran tiba bertepatan dengan musim liburan yang cukup panjang.

Libur panjang yang tiba saat lebaran umumnya orang pergunakan untuk mudik. Dengan begitu mereka bisa bersilatrahmi pada sanak saudara di kampung. Tak hanya itu, tak jarang momen liburan mereka jadikan ajang melepas penat denan pergi ke kampung halaman.

Pasalnya di kampung suasana yang tersaji sangat asri dan penuh kehijauan. Sehingga tak mengeherankan biasanya ibu kota menjadi sunyi sepi lantaran banyak penduduknya pergi mudik.

Sayangnya sejak tahun lalu sampai 2021 sekarang larangan pergi mudik masih pemerintah terapkan. Tentu bukanlah tanpa sebab, pandemi Covid 19 yang masih mewabah menjadi alasan kuat. Tentunya kita mengingkan ekonomi kembali pulih seperti sedia kala.

Karena itulah pemerintah masih mengupayakan memutus mata rantai penyebaran penyakit. Salah satu upayanya adalah pelarangan mudik. Sebagai warga negara yang baik dan peduli kesehatan alangkah baiknya mentaati peraturan berlaku.

Meskipun tidak bisa berkumpul dengan sanak saudara dan merasakan keindahan alam kampung anda tak perlu merasa mati bosan di ibu kota. Pasalnya masih ada banyak kegiatan lebaran di rumah yang seru. Sehingga meskipun masih di perkotaan, kita masih bisa menghibur diri di rumah tanpa khawatir terpapar virus.

Pilihan Kegiatan Lebaran di Rumah

Rekomendasi kegiatan lebaran di rumah ada begitu banyak. Anda bisa menerapkannya sehari-hari sampai waktu liburan habis.

Video Call Sebagai Ajang Silaturahmi

Cara pertama sebagai kegiatan lebaran di rumah yaitu melakukan video call. Ajang lebaran biasanya kita saling bermaaf-maafan antar kerabat maupun sanak saudara. Akan tetapi pandemi menghalangi pertemuan sanak saudara satu sama lain.

Anda berada di kota sedangkan sanak saudara maupun kerabat berada di daerah lainnya. Akan tetapi anda tidak perlu merisaukan hal ini. Teknologi yang terus maju bisa anda manfaatkan untuk menyambung tali silaturahmi di antara keluarga.

Keberadaan wabah penyakit covid 19 jangan sampai menjadi penghalang anda menjalin tali silatruhami. Manfaatkan fitur video call yang ada di ponsel anda untuk berkomunikasi satu sama lain dengan kerabat ataupun sanak saudara.

Pastikanlah ponsel pintar anda, sanak saudara dan kerabat sudah mendukung fitur video call. Kemudian jaringan internet kuat juga harus anda siapkan. Barulah anda bisa saling berkomunikasi dengan bertatap muka.

Apalagi sekarang sudah ada fitur video call dengan banyak orang sekaligus. Sehingga momen silaturahmi meskipun di rumah saja masih bisa berlangsung.

Memasak Menu Khas Lebaran Sendiri

Aktivitas yang menjadi kegiatan lebaran di rumah selanjutnya adalah dengan memasak sendiri menu khas lebaran. Seperti yang kita tahu, di Indonesia seperti sudah ada tradisi untuk menghidangkan aneka kue kering dan menu makanan utama lainnya saat lebaran tiba.

Kali ini karena tengah dalam masa libur panjang dan tak mudik, tidak ada salahnya anda meyajikan makanan tersebut dengan tangan sendiri. Meskipun tidak akan ada sanak saudara datang kerumah, penikmat makanan ini bisa saja untuk keluarga serumah bukan?

Dengan begitu anda bisa membunuh rasa bosan karena di rumah saja sekaligus menjamin makanan yang tersaji sehat dan aman. Atau anda juga bisa membagikan menu buatan sendiri kepada kerabat atau saudara terdekat. Keberadaan kurir same day yang bisa mengantarkan makanan dalam satu hari saja merupakan sebuah solusi terjitu.

Menghabiskan Waktu Libur Lebaran di Rumah

Masih ada banyak lainnya kegiatan lebaran di rumah yang bisa anda terapkan. Sehingga dapat menjadi penghalau rasa sedih lantaran tidak pergi mudik.

Membuat Rumah Bernuansa Bioskop

Tak jarang saat lebaran tiba banyak orang menghabiskan waktu mereka dengan menonton film. Sebab kerap kali ada banyak film baru meluncur yang masyarakat nantikan. Sayangnya sekali lagi pandemi membatasi ruang hiburan dan berdampak pada penutupan bioskop.

Kendati demikian, hal ini bukan berarti sebagai penghalang anda merasakan hiburan dalam bentuk film. Pasalnya teknologi yang berkembang di jaman sekarang memuat banyak aspek salah satunya adalah bidang hiburan. Sehingga orang-orang bisa menyaksikan film terbaru dan terbaik di rumah saja.

Ponsel pintar yang pastinya semua orang punya bisa menjadi media pemutaran film. Sehingga kagiatan lebaran di rumah yang bisa anda lakukan adalah memutar film sendiri. Buatlah rumah anda layaknya bioskop dengan mematikan lampu dan membesarkan volume film.

Sebaiknya pilih film yang belum pernah anda putar sebelumnya. Sehingga sensasi keseruan dan penasaran bisa anda saksikan bersama-sama.

Bermain Permainan Sederhana

Bagaimana jika ada sebuah keluarga yang tidak memiliki ponsel pintar? Pertanyaan ini pastinya hinggap di pikiran mereka yang tidak mempunyai perangkat elektronik.

Anda tidak perlu khawatir, tidak adanya smartphone bukanlah penghalang untuk kegiatan lebaran di rumah tetap seru dan anti bosan. Sebab masih ada pilihan hiburan yang tidak membutuhkan gawai untuk pelaksanaannya. Misalnya saja board game yang berlangsung secara offlline.

Contoh dari board game beragam. Misalnya saja monopili, twister ataupun jenga. Permainan tradisional ataupun kartu pastinya tak kalah seru untuk anda mainkan bersama keluarga di rumah. Dengan demikian, anda tidak akan merasa mati bosan dan memanfaatkan libur lebaran sangat baik.

Keseruan Lebaran Walau Tanpa Mudik

Tidak mudik bukan berarti tak bisa memberikan hiburan dan keseruan untuk anda. Nyatanya sangat banyak kegiatan lebaran di rumah lainnya yang bisa anda lakukan.

Bercocok Tanam Sederhana di Halaman Rumah

Pandemi bukan berarti anda hanya di dalam rumah saja tanpa melakukan aktivitas fisik. Sebab anda masih bisa melakukan kegiatan yang menguras keringat di sekitar rumah.

Apalagi jika di rumah anda terdapat halaman yang cukup luas. Keberadaan halaman luas bisa bermanfaat untuk kegiatan lebaran di rumah. Kegiatan tersebut bisa berupa gardening secara kecil-kecilan.

Tak selalu di kebun yang luas, sebidang tanah kecil juga bisa anda gunakan untuk menanam tanaman. Bisa saja tanaman hias dengan pot pot cantik atau lainnya. Aktivitas berkebun bisa membunuh rasa bosan dan menghabiskan libur lebaran dengan banyak manfaat.

Setelah kegiatan berkebun selesai, anda bisa melanjutkannya dengan piknik sederhana. Halaman rumah yang cantik dan asri akan memanjakan mata anda sekeluarga kala melihatnya. Dengan keadaan teras seperti itu sangat cocok untuk melakukan piknik keluarga.

Cukup tambahkan tikar sebagai alas dan menyajikan makanan ringan, sudah lebih dari cukup. Bahkan kegiatan lebaran di rumah satu ini bisa menjadi opsi lain daripada kegiatan yang itu-itu saja.

Keluarga kecil anda akan terasa lebih dekat satu sama lain tanpa khawatir terpapar virus berbahaya. Sehingga larangan mudik dan pandemi tak menjadi penghalang anda merasakan euphoria lebaran seperti biasanya.

Beberapa kegiatan lebaran di rumah tersebut bisa anda terapkan langsung saat hari raya tiba. Meskipun tidak berkumpul bersama keluarga, momen lebaran masih bisa anda rasakan dan bermakna islami penuh.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular