Kebudayaan Propinsi Jawa Barat

0
55
Kebudayaan Propinsi Jawa Barat.
Foto : Pagelaran Wayang Golek

JABAR,- Kebudayaan Propinsi Jawa Barat. Luas wilayah Jawa Barat mencapai sebesar 3.710.061,32 hektar dan berada di daerah tropis. Jawa Barat mempunyai penduduk mayoritas beragama Islam. Nilai-nilai tradisional, adat istiadat dan budaya yang diwariskan oleh nenek moyang terdahulu dijunjung tinggi.

Masyarakat Jawa Barat mempunyai falsafah atau prinsip hidup yang menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Falsafah atau prinsi itu individu sebagai bagian sistem masyarakat.

Nilai-nilai luhur dari warisan leluhur sangatlah banyak. Salah satunya falsafah dan motto hidup masyarakat Jawa Barat yang populer adalah dalam menjalani kehidupan harus silih asih, silih asah dan silih asuh. Yang berarti kehidupan dalam bermasyarakat harus saling mengasihi, saling mengasuh dan saling memberikan ilmu pengetahuan kepada sesama anggota masyarakat.

Mata pencaharian masyarakat Jawa Barat berbagai macam. Ada yang menjadi petani, buruh bangunan, buruh serabutan, buruh pabrik, PNS, karyawan swasta, nelayan, peternak, pedagang dan lain sebagainya. Namun mayoritas penduduk Jawa Barat yang bertempat tinggal di pelosok pedesaan yang terpencil bermata pencaharian sebagai petani atau peternak.

Profesi petani yang ditekuninya berbagai macam. Seperti petani padi, petani bunga, petani buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain itu, ada yang bercocok tanam dengan berkebun seperti berkebun pepaya, kina, tebu, cengkeh dan teh.

Banyaknya orang yang berprofesi sebagai petani dan peternak di Jawa Barat karena sumber daya alam yang sangat mendukung. Dengan lahan yang masih sangat luas dipenuhi oleh rerimbunan pohon buah-buahan dan sayuran.

Mayoritas masyarakat Jawa Barat adalah etnis sunda beragama Islam yang terkenal dengan budayanya yang ramah, supel, lemah lembut, sopan dan senang membantu orang lain. Jiwa kekeluargaan dan rasa gotong royong masih tinggi. Namun seiring proses asimilasi, kebudayaan Jawa Barat tersebut perlahan-lahan sedikit luntur.

Kebudayaan Propinsi Jawa Barat

Kehadiran kebudayaan asli Jawa Barat yang semakin hari semakin terkikis tidak terlepas dari pengaruh berbagai faktor. Kebudayaan penduduk  propinsi Jawa Barat dipengaruhi oleh empat faktor, yakni :

  • Agama Budha/Hindu

Agama Budha dan Hindu merupakan agama yang pertama hadir di propinsi Jawa Barat dengan berdirinya Kerajaan Hindu atau Budha. Hal ini turut serta mempengaruhi kebudayaan masyarakat Jawa Barat. Contoh kebudayaan Jawa Barat akibat pengaruh agama Hindu atau Budha dapat dilihat dari proses ritual yang dibarengi membakar kemenyan.

  • Agama Islam

Masuknya agama Islam ke Jawa Barat dibantu oleh para wali sanga dan para pedagang. Agama Islam pun hadir di wilayah Jawa Barat turut serta mempengaruhi kebudayaan masyarakat Jawa Barat. Contoh kebudayaan Jawa Barat yang dipengaruhi oleh Agama Islam adalah adanya bacaan doa-doa tertentu dalam setiap aktifitas sehari-hari.

  • Kebudayaan Jawa

Misalkan penggunaan baju pernikahan yang memiliki bentuk wayang orang dan tanpa baju.

  • Kebudayaan Barat

Contohnya model prasmanan yang ala Belanda, pemberian kado dan lain-lain.

Kebudayaan propinsi Jawa Barat tersebut yang dipengaruhi oleh kebudayaan barat, agama Islam, Etnis Jawa dan agama Hindu atau Budha ada yang mempunyai kualitas bagus dan ada yang kurang bagus.

Kecuali agama Islam yang mempengaruhi kebudayaan Jawa Barat secara baik dalam segala aspek keseharian. Anda dapat memilahnya sendiri. Namun itu semua merupakan warisan budaya leluhur yang merupakan bagian dari kebudayaan Bangsa Indonesia.

Kebudayaan masyarakat Jawa Barat lainnya dapat dilihat dari aspek pakaian adat, tari-tarian, bahasa, senjata tradisional, lagu daerah, kesenian, rumah adat, dan lain sebagainya. Pakaian adat Jawa Barat adalah kebaya.

Sedangkan kesenian khas Jawa Barat antara lain : wayang golek, degung, jaipong, calung, rampak gendang, sisingaan, pencak silat, reog, kacapi suling, kuda renggong, kuda lumping, cianjuran, bajidoran dan kesenian lain sebagainya.

Tampak jelas, kebudayaan propinsi Jawa Barat sangat banyak. Tak bisa disebutkan satu persatu pada artikel ini. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here