KESEHATAN,- Minum teh tawar memiliki manfaat yang sangat menguntungkan bagi tubuh. Meski rasanya pahit, orang menyukai teh tawar karena ingin mendapatkan khasiatnya.

Mungkin Anda dapat mencoba teh tawar ini, jika sudah terbiasa maka rasa pahit akan berubah menjadi nikmat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bagi tubuh ketika Anda meminum teh tanpa gula atau biasa kita sebut dengan teh pahit/tawar.

1. Membuat rileks dan meredakan emosi

Minum teh pada saat tertentu dapat membuat suasana menjadi lebih tenang dan rileks. Bahkan, menurut hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa minum teh hangat dapat memulihkan pikiran dari stress lebih cepat.

Hal tersebut dikarenakan hormon pada tubuh menjadi normal ketika kita mengonsumsi teh, apalagi teh tawar hangat.

Seperti yang kita tahu bahwa ketidaknormalan hormon dapat membuat stress dan ini bisa dinormalkan dengan meminum teh tawar.

Ada juga manfaat lain ketika kita minum teh tawar yakni seperti mengurangi resiko penyakit jantung dan memperbaiki ketidakseimbangan adrenalin.

2. Menormalkan kadar gula dalam darah

Manfaat teh selanjutnya adalah menormalkan kadar gula Anda. Teh yang memiliki khasiat ini tentunya pada jenis tertentu yakni pada teh oolong. Teh oolong yang dijadikan minuman dapat mengendalikan gula darah bahkan pada pengidap penyakit diabetes tipe 2.

Selain teh oolong ada juga jenis teh biasa yang dapat menormalkan kadar gula darah yakni teh hijau. Namun untuk khasiatnya, Anda harus menyeduh teh hijau tanpa gula.

Dengan begitu Anda dapat menormalkan gula darah serta melunturkan lemak ketika selesai berolahraga. Selain itu, teh hijau juga dapat mengurangi kadar trigliserida dan mampu melakukan detoksifikasi.

3. Menghindarkan tubuh dari flu dan demam

Tubuh yang akan mengalami flu atau demam biasanya ditandai dengan tenggorokan yang terasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman pada tenggorokan dapat diredakan dengan meminum secangkir teh hangat tanpa gula.

Hal ini dapat membuat kondisi tenggorokan Anda lebih nyaman dan demam atau flu tidak kembali menyerang.

Teh hijau juga mengandung L-theanine yakni zat yang mampu melawan infeksi pada sistem kekebalan tubuh. Sehingga, sistem imun tubuh menjadi lebih kuat dalam melawan virus yang menyebabkan flu dan demam.

4. Menyehatkan jantung

Negara maju seperti Jepang, telah menganjurkan minum teh hijau tawar. Hal ini terbukti secara signifikan menurunkan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Jadi, Anda pun dapat memanfaatkan minuman teh tanpa gula untuk menyehatkan jantung. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here