Kawasan Pantai Cilacap Terkena Banjir Pasang Surut

0
181
Kawasan Pantai Cilacap Terkena Banjir Pasang Surut

Reportasee.com, – Banjir Rob atau air pasang disebabkan oleh pasang surut air laut terjadi di sejumlah daerah, termasuk di Kawunganten dan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Banjir pasang surut menenggelamkan lokasi yang posisinya rendah di atas permukaan laut, paling utama pada bagian selatan Cilacap dari Senin (5/25) sampai Selasa (26/5).

Lokasi yang dilanda air pasang adalah di Ujungmanik, Kecamtan Kawunganten. Sejumlah rumah, fasilitas umum dan sawah terendam banjir pasang surut.

Menurut salah seorang penduduk Desa Ujungmanik, Suradi, banyak yang terdampak banjir pasang surut. Seperti halnya dilokasi yang bertempat di sempadan sungai.

Kejadian diperparah lagi adanya tanggul yang jebol serta air laut memasuki pesawahan yang akan segera dipanen. Tanggul telah jebol dengan panjang kisaran 4 hingga 5 meter.

Lokasi tersebut tepat berada di Banjursari Desa Ujungmanik Rt 04 RW 02.

“(Kejadian banjir rob) sudah 2 hari,” tutur Suradi, Selasa (26/5) malam.

Kondisi sekarang yang terendam banjir pasang surut termasuk masjid, fasilitas pendidikan untuk anak usia dini, rumah dan juga pemukiman yang lainnya.

Suradi menjelaskan, untuk membuang air laut memasuki perkampungan dan sawah, sejumlah penduduk warga sekirtar bekerjasama untuk memperbaiki tanggul yang telah jebol.

“Dengan menggunakan alat-alat seadanya, penduduk segera memperbaiki tanggul yang sudah rusak,” tutur Suradi.

Bagian Wilayah selatan di kawasan Cilacap rendah serta dekat dengan laut, sehingga sering terkena banjir pasang surut.***

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here